nhk

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 RR Mono: Ikut OMR Ninja Di Sentul, Modal Rp 15 Jeti

 

ManiakMotor – Modalnya hanya ganti ECU, knalpot dan suspensi Kawasaki Ninja 250 RR Mono ini bisa langsung bersaing di Ninja Race IRS Sentul. Nah, yang juara pertama di Ninja Race 2014 pernah diulas di portal ini. Soal isinya bisa jadi sama, lantaran Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang mengatur regulasi one make race tersebut, juga pemeriksaan tekniknya yang ketat.

Di Ninja Race  antara Ninja dua silinder dan satu silinder dilepas bersama. Yang satu silinder diuntungkan bobot yang ringan dan lincah. “Karena aturannya ringan dan pengawasannya serius, WRX ikut. Di OMR ini nggak banyak makan dana. Mesin harus standar pabrik, bahkan bodi juga bawaan pabrik. Saya bikin motor balap ini modalnya hanya Rp 15 juta. tentu itu di luar motor,” jelas Indrawan Jaya, pemilik tim WRX dan RX8 yang sudah mulai ikut di seri 2 IRS yang saat bersamaan Ninja Race jadi supporting race.

Dana tersebut tersita antara lain untuk membeli ECU Aracer sekitar Rp 5 juta. ECU ini memliki air fuel ratio yang lebih presisi membaca gas buangnya. Grafiknya juga mudah dikendalikan dari lap top. Contoh bila butuh tenaga 20 dk pada 6.000 rpm, tinggal geser garfiknya pada laptop. Hasil yang didapat dengan kenyataan di lintasan, hampir sama dengan yang ada di lap top.

Lalu beli monosok Daytona yang harganya Rp 5 juta. Sokbreker ini yang bikin empuk akselerasi di Sentul. Katanya pilihan rebound banyak dan rapat. Demikian juga pegasnya. Tinggal atur pada klik yang tersedia pada sokbreker yang dilengkapi tabung gasnya. “Yang paling mahal ban Pirelli.  Harganya Rp 5 juta satu setnya. Ban ini kira-kira bisa dipakau dua event IRS,” tambah Indrawan.

Knalpot RX8 nggak dihitung, lantaran pemilik tim sekaligus pemilik produk RX8. Konstruksi dan desainnya menyumbang 25 persen karakter tenaga. Modelnya mirip-mirip knalpot prototipe seperti yang dipakai di Moto3. Di lehernya dilengkapi dua AFR untuk standar pabrik dan satunya terintegrasi ke ECU Aracer. Harganya juga tipis-tipis dengan ECU, bila dihargai.      

Dari akumulasi tiga komponen peforma itu, saat diuji di meja dyno hanya naik ke-31 dk dari standar pabrik 29. Artinya spesifikasi dasar Ninja RR Mono 250 ini memang sudah mumpuni. Bayangkan, catatan wakti di Ninja Race untuk tercepatnya 1 menit 50 detik. Sedang motor yang ditulisa ini masih 1 menit 51 detik digeber pembalap pemula. Perbandingannya dengan aturan kejurnas 250 yang rada bebes. Di kejurnas Ninja dan CBR yang telah dikorek banyak berlari 1 menit 47 detik, rata-ratanya. MM

BACA JUGA

Modifikasi Honda CB125 1980 (Bandung): Board Tracker Dari Coretan Tangan

Modifikasi Honda Supra X 125 (Jakarta) Jago IndoPrix, Juara Darag Bike!

Modifikasi Honda Vario (Bandung): Back To Vintage Cafe Racer

Modifikasi Motor; Honda Vario Techno 125 Bandung; Robot Loh

  

   

BAGIKAN