nhk

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R (Jakarta); Jadi Cruiser, Pertama Di Indonesia…!

 

ManiakMotor – Sub frame digunting dan diganti model datar yang sejajar pipa sasis di bawah tangki.Sub frame yang tadinya berliku-liku, sekarang lurus sekaligus dudukan sokbreker ganda, bukan monosok seperti aslinya Ninja.  Riding style berubah dari sport bike yang takut angin (tiarap), sekarang cruiser yang menantang udara, tapi lebih nyaman. Dipadukan dengan dandanan klasik macam flat track atau café racer masa kini. Kayaknya sih flat track tuh.

Ninja 250 R 2008 harus diterondolin dulu. Ya iya lah, mana bisa dimodif bila bodi-bodi yang full fiber terpasang, bro. Fokusnya ya itu tadi, custom rangka tengah ke belakang dengan pipa seamless yang diameternya 1 inci dan tebalnya 1,5 mm. “Mudah sekali potong sasis asli, kemudian sambung kembali dengan pipa tadi,” kata pemodifnya Ariawan Wijaya, dari Baru Motor Sport (BMS) di Palmerah, Jakbar.

Mudah buat dia, bikin keriting otak bila dipikirkan cara modifnya oleh kita, you dan gue. Kita-kita sih, cukup lihat hasilnya dan ngiler. Namanya juga custom, dipermak untuk diperbaiki penampilannya sesuai selera pemilik. Itu bedanya dengan beli. Yang ini, beli pipa seamles dulu yang kemudian dipukul-pukul dengan palu, dipanaskan, diroll dan disambung-sambung pakai las listrik dari ahlinya. Kelihatannya sih gampang. Kalau bukan ahli,  urat las akan menumpuk di mana-mana.

Rekonstruksi sasisnya pakai kalkulasi, dipikir dulu sebelum main tebas dan las. Karena konsepnya cruiser. Dari dudukan jok, sokbreker, tangki sampai keindahan pipa bulat diperhitungkan. Untuk baut pemegang dua sokbreker atas misalnya, tepat dilas pada rangka V belakang. Tuh lihat foto, bekas sambungan api las tidak ada bekasnya, rapi jali

Sokbreker streo belakang harus memilih swing arm Kawasaki ZZR 1000. Ini motor sport juga, tapi disebutnya motor gede (moge). BMS sudah khatam memasang lengan ayun seperti ini. Biasanya sih dipapas ujung lengannya. Ukurannya disesuaikan dengan poros pada rangka asli. Bila terlalu banyak papas, cukup buat bushing di bengkel bubut.

Dari pada dengar cerita di atas, lebih mudah ke bengkel bubut saja. Ukuran pemasangan lengan  Ninja lengkap catatannya pada mereka. Tentu di bengkel bubut langganannya BMS, pak. Lebih nggak repot lagi antar saja motornya ke BMS. Cukup bayar lebih sedikit dari harga normal, taruh pagi, sore kelar. Hasilnya, ban 190/55-17 belakang lumayan gambot bisa masuk.

Tangki, cover aki, sepatbor dan batok lampu depan lain cerita. Itu bahannya dari pelat galvanis 0,8 mm. BMS  punya ilmu ketok magic yang diturunkan pada karyawannya. Maksudnya bukan Ari yang mengerjakan. Lha, itu orang hanya pemilik konsep dan pemilik BMS. Tangannya saja halus mulus begitu, nggak pernah pegang las, kalee. Ia bekerja lebih cerdik, hehe.

Macam motor ini jadi cruiser, nggak pakai referensi segala, murni pemikirannya. Modifikasi Ninja seperti ini baru nongol di maniakmotor.com. Nggak tahu deh yang lain. Silakan cari di mana-mana bila dapat, pasti Ninja ini juga yang ditulis media lain. Ya, begitu seharusnya modifikator dan begitu pula seharusnya pemilik, nggak takut menyeberang model. “Konsepnya mengalir dari rangka custom tadi, dari situ awalnya,” tambah Ari yang mengaku sekarang ini sedang belajar modif motor klasik. Kan sebelumnya berkutat dengan sport bike.

Sok upside down tidak disebut apa maunya. Tapi sok Ducati 749 ini, faktanya untuk memadatkan wilayah depan. Antara tangki bahan bakar dan sokbreker ini saling mengisi. Jarak tangki dan sok tidak terlalu jauh. Apalagi, ciri utama cruiser harusnya memiliki down tube yang dipelepori dari Amrik sejak 1930, tapi ini tanpa itu. Pipa penopang komstir dari bawah sekaligus pegangan mesin itu, di Ninja memang nggak ada.  Jadi sok gemuk tapi belum obesitas ini berfungsi meredam guncangan dari bawah, pengganti peran down tube.

Ninja Cruiser akan jadi tuntas bila posisi footstep digeser agak ke depan atau bukan pada posisi yang sekarang. Supaya lebih enak duduknya sesuai konsep cruiser buat motor perjalanan jauh yang aman, nyaman dan santai.  Adib

MODIFIKASI LAIN

Modifikasi Harley Davidson FXR 1991 (Jakarta), Harley Davisdson And The Marlboro Man

Modifikasi KTM Duke 200 2013 (Jakarta), The Real Naked Bike Supermoto Freestyle..!

Modifikasi Honda PCX150 2013, Jurus Pelek Jari-Jari

Modifikasi Kawasaki New Ninja 250 2013 (Jakarta), Stiker Dan Aksesoris Seharga Motornya

Modifikasi Montrack, Supermoto Dari Rongsokkan

 

Data Modifikasi      
Ban depan: Michelin 120/70-17   
Ban depan: Michelin 190/50-17   
Pelek: 17×2.50 dan 17×3.50 inch   
Caliper: Brembo     
Master rem: Brembo     
Upside down: Ohlins Ducati 749    
Setang: Rizoma     
Segitiga atas: X-Race     
Spion: CNC     
Bodi dan Tangki: Pelat galvanis 0,8 mm BMS   
Swing arm: Kawasaki ZZR 1000    
Spidometer: Koso     
Sok belakang: YSS     
Knalpot: Supertrap Custom BMS   
BMS: Jl. Palmerah Barat No. 25, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
   Telp 021-92925551 / Pin bb 32555bb3  
       

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353