nhk

Modifikasi Kawasaki Ninja (Jakarta), Pakai Swing Arm Ducati 848, Penggemar The Doctor

 


ManiakMotor – Pemasangan lengan ayun tunggal Ducati 848 (moge) pada Kawasaki Ninja 2008 ini, jelas lewat proses modifikasi. Ya iya to, agar alumunium single sided swing arm itu bisa mengayunkan roda belakang Ninja. Itu butuh penyesuaian pertukangan modifikasi. Langkah-langkah modifnya merombak lengan ayun ganda Ninja jadi tunggal. Kalau nggak, mana mungkin lah yauw lengan tunggal bisa nongkrong di situ. Itu bukan bolt on yang tinggal panggil mekanik pinggiran urusan selesai, sampeyan sendiri juga bisa memasang sistem bolt on yang beda dengan blo’on.

Penjodohan kaki-kaki ini tidak merusak rumah dan poros lengan ayun Ninja. Milik Ducati yang menyesuaiken, karena dia yang melamar. Maksudnya, lengan tunggal ini yang medatangi rangka Ninja untuk dikawini. Moga-moga bisa beranak Ninja juga. Ya’elah, kok nggak ngundang-ngundang, lu nikah bro. Sudah..! Intinya,  sewaktu-waktu lengan tunggal dilepas dan yang aslinya tinggal dipasang. Itu kalau sudah talak sejuta alias cerai berai.

Ini pun hanya mengganti laher bambu kiri-kanan pada rumah as lengan Ducati. Diameter laher luar tetap sama, hanya, “Lingkar dalamnya yang disamakan dengan as lengan ayun Ninja. Banyak laher model begitu di Indonesia, tinggal cari sesuai kualitas. Hasilnya, tetap pakai as lengan ayun Ninja, dong,” kata Leo Sunario, pemodifikasi dari Xtreme Motor Sport (XMS) di Jakarta.

Justru yang ruwet mengkonstruksi ulang posisi monosok. Dudukan sokbreker tunggal ini pada lengan ayun yang tunggal, tidak persis di tengah. Tetapi agak serong ke kiri, namun tidak selingkuh alias main serong. Dudukan atas pada rangka Ninja harus digeser ke kiri. Tetapi oleh pemodifikasinya malah diganti utuh dengan sepotong besi yang panjangnya 15 cm. Diameter besi ini sama dengan sasis asli. Posisinya melintang atau seperti jembatan, ya sama dengan yang lama cuma lubang dudukannya beda.

Soal ini Xtreme Motor Sport jelas mengerti tata cara pengelasannya. Namanya juga ekstreme, harus ekstreme juga pengetahuan tentang konstruksi dudukan yang aman, nyaman, tentram mengayun. Ya, mirip-mirip dengan maniakmotor yang harus maniak melihat trik modifikasi. Hasilnya, bagian kaki-kaki belakang mutlak tampilan Ducati 848. Tapi secara menyeluruh tidak meninggalkan Ninja yang sport bike yang bergensi untuk ukuran Indonesia.   

Dengan hanya ganti kaki belakang ini, modif merambah ke mana-mana. Bodi, knalpot, setang, pokoknya macam-macam. Termasuk suspensi depan yang up-side down  milik Suzuki GSX 600. Kalau yang ini sih sudah ritual sehari-hari  XMS, tinggal dia sms tuh tukang bubutnya sudah mengerti. Bahwa, yang dibubut as komstir GSX untuk disamakan dengan rumah setir Ninja. Sejurus kemudian tukang bubutnya sms balik, barang sudah selesai, tinggal bayar.

Di luar dugaan… apanya? “Itu bodi karbon mas, tapi mirip warna-warna besi. Bukan hitam seperti biasa. Menyesuaikannya mudah, karena banyak variasi yang berwarna seperti itu,” bilang Leo yang juga ngefans dengan Valentino Rossi kepada maniakmotor.com. Akhir cerita, doski sembari mengajak reporter mampir ke tokonya, lain waktu.

Walah, pantas fotonya hujan-hujanan. Rupanya, berteduh bareng di halte. Adib.

 MODIFIKASI LAIN:

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jakarta), Harusnya ‘Gene’ Scorpio 2013

Modifikasi Yamaha Vixion (Jakarta), Pakai Fairing R15, Teruskan..!

Modifikasi S&S Super Stock 1.600 cc (Jakarta), Cory Ness Style..!

Modifikasi Honda CB125SS (Jakarta), Konstruksinya Detil..!

Modifikasi Honda Tiger, Pakai Sasis CRF250R, Mudah Katanya..!

 

Data Modifikasi          
Ban depan   : Dunlop Sportmax 120/60-17  
Ban belakang   : Dunlop Sportmax 180/60-17  
Pelek depan   : Enkei 3.5 inchi    
Pelek belakang   : Enkei 5.5 inchi    
Sok depan   : Suzuki GSX 600    
Sok belakang   : Sachs      
Stabilizer   : Ohlins      
Kaliper   : Brembo      
Footstep   : X-Race      
Knalpot   : Jardine      
Tabung rem   : Rizoma      
Selang rem   : Hell      
Setang   : Rizoma      
Xtreme Motor Sport   : Taman Harapan Indah, Blok FF No. A10
      (Sebrang BCA), Jakarta Barat  
Telp   : 081806201088 / Pin bb 28646321

BAGIKAN