nhk

Modifikasi Minerva 250 RE 2015: Vintage Semi-Trail, Knalpot Samping Pro Speed

 

ManiakMotor  Modifikasi seperti ini sudah prof. Dikerjakan oleh builder, bukan tukang pasang aksesori loh. Lihat saja tuh rangka dan penampilan keseluruhan fotonya. Terjadi proses penghancuran motor kemudian diperbaiki lagi menjadi lebih gagah yang disebut modifAslinya tuh motor sport. Namun DNA diubah jadi vintage semi-trail macam scrambler dengan ciri jok model roti tawar, tapi jangan dimakan dengan setang kemudi terbuka sejajar suspensi depan. Ciri lainnya adalah knalpot di samping atas yang memang seperti trail. Wah pakai knalpot Pro Speed yang bikin tenaga dan penampilan melonjak tuh.

Bahannya adalah Minerva Megelli 250 RE. “Konstruksi sasis Minerva sendiri tak jauh dengan bentuk sekarang yang modelnya teralis. Kalau sejarah rangka seperti ini disebut tubular. Jadi lebih mudah mengakalinya. Namun posisi rangka banyak bergeser dan malah ada yang dibikin ulang sesuai konsepnya,” jelas Ariawan Wijaya atau disapa Ari dari Baru Motor Sports (BMS) di Palmerah, Jakarta Selatan.

Wah ketemu lagi dengan dia. Memang sih dia geeetuuu dari dulu, tanpa ampun potong-potong sasis dan mengubah bentuk asli motor. Maksudnya si Ari yang portal ini sejak berdiri karya-karyanya menghiasi kanal MODIF. Dia salah satu pemodifikasi diseganilah. Hasil tanganya selalu biking triping pale lu, becanda bro.

Gimana kamu nggak tepuk jidat bila hasilnya seperti yang dibaca ini. Ada sih rangka yang tersisa di antara dudukan mesin dan lengan ayun. Ada lagi yang lain yang ditinggalkan dari Megelli 250 RE, yakni komstir dan tentu saja mesinnya. Karena yang ditinggalkan itu menjadi sumbu motor tetap center dan fungsional.

Taaapi kalau rangka back bone sampai yang hiasan aslinya di bawah tangki telah diganti dengan pipa seamless. Diameter pipa pengganti nggak jauh dari asli ¾ inci yang dimainkan lebih renggang-renggang. Sasis memang membentuk macam bikinan pabrik. Ah ternyata pakai teknik potong CNC dan lengkungannya pakai roll canggih, bukan roll pakai power manusia berikut martil alias diketok.

Rangka tersebut juga rapi dan detil pada pengelasan mix wilding. “Bagian tengah sasis dibikin lebih rendah. Sedang bagian buntut dibikin nungging lewat mengganti semua pipa rangka belakang atau sub frame,” tambah Ari yang menerangkan dari lantai 4 workshop BMS miliknya.

Tangki dari pelat galvanis setebal 1,1 mm selain fungsinya, ya tangki bahan bakar, juga bodi, hehe. Karena yang kelihatan menonjol warnya hanya pada tangki ini. Tangki dicat kuning berpadu silver. Warna ini sangat harmoni dengan penampilan scrambler yang naked dengan braket dan rangka hitam berikut joknya. 

Yang bikin modern nih motor tentu saja pada suspensi up-side down Fast Ace. Sokbreker canggih untuk meredam guncangan itu tabungnya lihat saja warnanya di foto sampeyan nggak buta warna kan. Sekalian  pelek dan bannya yang data dan ukurannya ada di bawah tuh. Prat

BACA JUGA

Modifikasi Honda CBR 150R 2015: Versi Mahasiswa. Kayaknya Kemahalan Tuh

Modifikasi Kawasaki Ninja 150R: Komokarap Ngarap Thailook Racing Drag

Modifikasi Yamaha Scorpio 2015: Konsep Board Tracker, Pakai Rangka Offroad

Modifikasi Electric Scooter Drive Train: Isinya Pakai Setrum Bukan Bensin

Modifikasi Yamaha YZF-R25: Tidak Sekadar Livery Movistar M1 Rossi

Data Modifikasi:

Motor: Minerva Megelli 250 RE

Konsep: Scrambler

Pemilik: Hendri

Rmauh Modifikasi: Baru Motor Sports (BMS)

 Jl. PalMerah Barat No.25, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Builder: Ariawan Wijaya

Bodi: Plat Galvanis 1,1 mm

Cat: Yellow Shinne

Setang kemudi: Headlebar stock

Headlight: HD

Lampu sein: custom by BMS

Pelek depan: 3.5 x 17

Pelek belakang: 5.0×17

Ban depan: Shinko 120/80-17

Ban belakang: Shinko 150/80-17

Knalpot: Pro Speed MF

Tangki: Custom by BMS

Rangka: Custom by BMS

Jok: Custom by MBTECH

Spakbor: Custom by BMS

Tromol: Custom CNC

Gas cap: Custom

BAGIKAN