nhk

Modifikasi Mio Bill Speed: Di Liaran Jagoan 54 Full Standar, Menang Terus 15 Partai!

 

ManiakMotor – Dimaksud 54-an di liaran adalah diameter piston 54 mm. Itu murni tak bisa pakai trik over stroke. Bahkan knalpot harus sebagian standar. Juga katanya diameter klep tak bisa diganti. Tapi di data modifikasi keceplosan pakai klep Swedia  termasuk pernya, eh pernya doang deh. Ya namanya juga liaran, suka-sukalah kalau nggak ketahuan.

Begitulah Yamaha Mio milik Bill Speed. Bengkel di kawasan Cinere, Jakarta Selatan ini, tak hanya rajin liaran, juga aktif di drag bike. Makanya portal ini tertarik mengulas Mio yang bila dicari dengan rumus  kapasitasnya jadi 132 cc tersebut.

Bukan berarti mendukung liaran, nggak bro. Itu balap haram, cukup menulis saja, hehe. Maksudnya diambil elmunya siapa tahu bisa diterapkan di harian. “Ya drag resmi aktif, liar mah iseng,” kata Bambang yang mengaku sebagai mekanik.

Ini motor sudah melakoni 15 partai di liaran dan tidak terkalahkan pada setiap partainya. Jokinya yang ngetop bermain malam di seputaran Jakarta. Namanya Afon Kecil. Tapi yang lebih penting pistonnya pakai diameter 54,5 mm sesuai aturan yang liar-liar. Tuh yang liar saja ada aturan, bro.  Merek piston tersebut BM1. Katanya sih dome pada puncak pistonnya  mudah dibentuk untuk kompresi liaran.

Sayang disebutkan perbandingan kompresi 10,5:1. Namun saat ditanyakan kapasitas kubah untuk mengukur kompresi sebenarnya mekaniknya keberatan kasih tahu. Katanya itu rahasia liaran, siapa pun ndak boleh tahu. Kecuali mekanik dan Tuhan yang tahu. Kan rahasia dapur agar partai ke partai lain selalu di depan.

Kalau dipikir-pikir perbandingan kompresi segitu masuk akal juga sih. Maklum bukan untuk 201 meter, tapi 500 meter yang butuh rpm tinggi menghela top speednya. “Ini motor 50 meter awal seperti tak ada tenaga. Lebih dari jarak itu sudah mulai dapat dan puncaknya pada 300 meter ke atas,” tambah Bambang.

Durasi kemnya sudah sudah 70. Maksudnya profil kem 270 derajat. Spek ini katanya sangat pas untuk liaran. Tepat dengan kompresi actual memainkan rocker arm untuk membuka dan menutup klep Swedia tadi. Alhasil ini Mio bisa 18 detik di jarak 500 meter. Selangkapnya intip DATA MODIFIKASI. Rzk

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha XS400 2015, Boxer Jadul Nggak Amburadul

Modifikasi Honda CS1 Pekalongan: Corak Airbrush Bertahan 7 Tahun

Modifikasi Jupiter Z Drag Bike; Kruk As Vega 8.1 Detik Di Bebek 130 cc 4T TU

Modifikasi Mio Drag Bike: New Comer Matic 200 Di Jatim, Korek Akal Dewek!

DATA MODIFIKASI  
Bengkel: Bill Speed 
Joki: Afon Lecil 
Mekanik: Bambang 
Karbu: Standar Mio (reamer) 
Pilot/menjet: 45/120 
Cdi: Yamaha Mio 5TL (Asli Mio) 
Klep: Standar  (modifikasi) 
Per klep: Swedia 
Koil: Standar 
Kru-as: standar (bawaan pabrik,no struk ,no bandul) 
Piston: Bm1 diameter 54,5 mm 
Rasio: 13-42 (rasio asli bawaan pabrik) 
Lift in kem: 7 mm 
Lift out: 7 mm 
Roller: 8 gram rata 
Per cvt: standar 
Kampas ganda: Sps 
Velg depan: Akron 
Velg belakang : Akron 
Ban depan: FDR 
Ban belakang: IRC Eat My Dust 
Shok depan: Standar modif 
Shok belakang: Custom 
Knalpot: standar bobok/standar modifikasi 
Bahan bakar: bensol. 
Alamat: Jl. Markisa Raya No.19, Cinere, Depok, Jabar 
No telp: 08561803020 (Bambang,dan 021 91705722 (Ferdy) 
   

BAGIKAN