nhk

Modifikasi Mio Drag Bike; Ilmu Porting Out 110% Diameter Klep Untuk Matik 200!

ManiakMotor – Diameter porting out 110 persen  dari diameter klep masuk, soal angkannya lihat pada data modifikasii. Efeknya Mio 200 ini punya ‘nafas’ nggak habis-habis, ya macam memperbesar dan memperkuat pompa paru-paru. Kata kunci sederhana, tapi terbukti langganan jawara.

Terkini, Mio 200 yang pernah dikebut Rully PM (Kebumen) ini kampiun di AHRS Indonesia Drag Bike Championship (AIDC) di Bali baru  lalu. Udah lama ini modifikasi? Iya, tapi namanya ilmu korek tidak pernah basi. Silakan dikembangkan fantastisnya dengan catatan waktunya pernah tembus 7,5 detik. Wah, kalo itu sih best time jagoan di kelas matik 200 saat itui. Betapa tidak, di AIDC berkumpul jagoan-jagoan matic se-Indonesia.

“Ini sekaligus membayar janji, bahwa suatu saat matik 200 milik saya bakal dapat 7,5 detik. Tinggal tunggu waktu dan terbukti bisa,” lantang Budi Santoso alias Bogel Tatto, mekanik HA feat HK Mc Racing (Tegal) juru racik Mio ini.  Budi memang layak dapat bintang, dia sudah bekerja keras peras otak mengorek Mio-nya.

Secara teori dan praktek memang porting exhaust 110% diameter klep out. Yang dihitung yang menuju knalpot loh. Sedang porting in 83% diameter klep in. “Tinggal permasalahan pada knalpot Mio. Rata-rata knalpot nggak ada yang los bila dibandingkan dengan Jupiter atau FU. Padahal Mio sendiri karakter motor yang torsi banget ala matik,” kata Bogel yang bongsor.

Kendati Mio 200 ini sudah menggunakan knalpot yang sebenarnya suidah sering digunakan di Matic 200. Itu pipa pelepas gas buang yang memang karya torsi. Bentuk pipanya dan lehernya memang dari sananya untuk itu. Soal mereknya lagi-lagi silakan lihat data di bawah.

Mensiasati itu, khusus di lintasan Serangan, Bali (5/7) lalu, perbandingan kompresi diturunkan menjadi  14:1. Ini juga siasat agar nggak terlalu liar saat start dan putaran atasnya jalan. Ya itu, ada hubungan dengan porting model mangkok alias parabola dan knalpot. “Bentuk porting memang  efisien dalam menghasilkan tekanan pembakaran,” tambah Bogel. 

Namanya juga masih saluran pelepasan dan pasti berhubungan dengan pemasukan.  Berhubung di cerita ini hanya mengulas pengeluaran, soal bagian itu saja focus penulisannya yang lain ada di DATA MODIFIKASI.  Maklum lagi musim menghadapi lebaran yang ada keluar terus, pemasukan kurang, haha.  Ad

BACA JUGA

Modifikasi Vega Drag Bike: Vega Karya Hawadis Bebek 4T TU 130 cc, Magnet TK Racing..!

Modifikasi Kawasaki Ninja 150 TU Drag Bike; Racikan Dwi Batank Pas Dengan Cara Bawanya..!

Modifikasi Yamaha 125Z Drag Bike: Power Mantap Pengapian SE Di Bebek 2T 125 TU..!

DATA MODIFIKASI

Motor:Yamaha Mio
Kelas:Matic TU 200 cc
Pembalap:Rully PM (Kebumen) Bayu Ucil (Purwodadi)
Best Time:7,5 detik
Perbandingan Kompresi:14\1
Volume Head (buret):19,5 cc
Piston:MC Racing (66 mm x 48,8)
Timing Pengapian:Menyesuaikan
CDI:5vv
Koil:YZ
LSA:105
Durasi Kem:285°
Diameter Klep:33/28
Per Klep:Jepang
Karburator:PE 28 (reamer 32)
Selongsong Gas:RS
Manifold:Modif
Busi:NGK
Kruk as:Thailand
Pompa oli:Standart
Rasio:14/41
Knalpot:
Sok belakang:Gazi
Ban depan:Dunlop 50/90
Ban belakang:IRC 60/80
Pelek depan-belakang:TDR
Bengkel:Coba Pantura/HA Feat HK Mc Racing
Mekanik:Budi Bogel Tatto
No Hp:087730425671

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353