nhk

Modifikasi Mio Soul: Dibonsai Pakai Tangki Bahan Bakar Palsu

Mio Soul Bonsai

 

ManiakMotor – Rangka tengah yang menopang sasis bawah pada komstir dikurangi 10 cm. Sedang belakang  5 cm. Total yang dibonsai 15 cm yang direkayasa dengan suspensi, maka bodi dan rangka nyaris menyentuh tanah, walau diameter roda tetap alias 14 inci.

Mio Soul Modifikasi
Ini si neng bukan foto model, tapi sebagai perbandingan

Itulah Yamaha Mio Soul yang dibikin bonsai. Bukan jadi bonsai tanaman, hehe. Tapi motornya memang berkurang tinggi dan panjangnya. “Membuat Mio bonsai ini, harus teliti pemotongan rangkanya. Penyambungan pengelasan juga presisi, agar motor tetap berfungsi,” sebut Robbie Ganie dari PT Enwan di Cikupa, Tangerang, Banten.

Rangka di bawah komstir dipangkas. Itu tangki di bawah jok hanya pura-pura

Iyalah. Kalau nggak presisi motor bisa lari ‘anjing’, roda depan dan belakang tidak akan simetris. Yang ini tetap ala matic yang bisa digeber-geber. Tapi maaf, ini matic hanya untuk pajangan buat PT Enwan yang menjual Racing Boy, UMA Racing, Proliner dan Nobi.

Lihat saja penampilannya. Mantap kan. Dikerjakan dengan niat, bukan dengan asal-asalan. Pasti juga didukung dengan dana, paling utama menyediakan motor yang rela dibonsai. Juga material pendukung. Ah kalau itu, ada semua. Namanya juga motor pajangan produk.

Pijakan kaki juga jadi lengan ayun

Perhatikan sokbreker depan, pakai teleskopik panjang yang model up side down yang tabungnya 33 mm. Untuk memasang suspensi ini, jelas saja butuh modifikasi dan itu baru namanya modifikasi motor. “Pakai suspensi RCB (Racing Boy) depan dan belakang. Untuk depan permak total komstirnya, lantaran setang sudah ala sport, buka ala matic,” tambah Robby dengan bangganya.

Ada lagi yang aneh dalam modifikasi ini. Biasanya matick nggak punya lengan ayun di sisi kanannya. Ini menggunakan yang direkayasa dari pijakan kaki racing. Ada dua pijakan kaki yang dikorbankan. Alasannya, saking pendeknya lengan ayun yang menyatu dengan girboks matic sudah tak sanggup menahan ayunannya. Juga itu tangki bahan bakar di buntut hanya pura-pura. MM

DATA LAIN

Mesin: STD

Knalpot: C70

Pelek depan: RCB 1.85 x 14

Pelek belakang: RCB 2.15 x 14

Ban depan-belakang: 70/80-14

Master rem: RCB

Kaliper rem: RCB

Segitiga setang: KLX

Cakram rem: RCB

Cover aki: CB100

Spakbor depan belakang: Honda Monkey

BAGIKAN