nhk

Modifikasi Motor (Jogja); Ini Suzuki FU 150 ‘Van-Van’, Klasik Tapi Canggih

 

ManiakMotor – Sepintas memang motor kontet, ya memang. Sejak ngetop era 70-an  Suzuki Van-Van  sudah begitu. Tapi ini istimewa, mesinnya Suzuki FU 150 lewat pertukangan kosntruksi dan variasi modifikasi.  Itulah karya  Taufik Sujarwanto yang menyebutnya  Suzuki FU ‘Van-Van’ 150.

Desain rangka dan bodi dari Suzuki Van-Van RV-125 cc. Cirinya yang menonjol seperti ban lebar dengan diameternya yang kecil, lampu membulat, setang baplang dan jok lebar menjadi target utama. Tapi bila diperhatikan detail mesin malah sudah dicangkok Suzuki FU 150. Artinya, mesin bawaan asli berkapasitas 125 cc sudah dilengserkan, telah dimakan usia.  

“Ide awal adalah sensasi naik motor klasik, tapi deengan tenaga yang lebih mumpuni dan penampilan modern.  Kalau pun mau dipakai turing jauh, no problem,” tutur Taufik sambil sebut salah satu usahanya yakni Bakpia Raminten di Jln. K.H Ahmad Dahlan, No. 8, Jogja.

Memilih mesin FU bukan tanpa sebab, pertimbangannya mesin yang tegak. Mesin FU punya  engine mounting alias dudukan mesin yang mudah disatukan dengan sasis. Namanya juga modifikasi.   “Mesin standart, pada STNK disebut FU modif.  Untuk dimensi seperti jarak sumbu roda dibuat sama dengan Van-Van aslinya. Kebetulan kita punya koleksi motor saingan Honda Monkey itu,” lanjut Tuafik yang memang gagah itu.

Tahapan semi ‘restorasi’, tentu termasuk cerita dudukan mesin tadi. Biar kesan klasik muncul, harus ada beberapa piranti Vavan yang asli seperti sepatbor, lampu, jok, sein, dan spion.  Menarik disimak pada lekukan knalpot  menjulang adalah satu set saluran buang custom, kecuali bagian leher yang ditekuk ke atas.

“Warnanya semarak pakai cat Spies Hacker dari cat bodi, rangka sampai sirip mesin,” kata Taufik yang siap melelang FU Van-Van yang mengaku bisa  dihubungi  di 081904033242. Lebih lengkap pelotot saja detail demi detail pada foto ini. Klasik tapi canggih bro! Ardel

BACA JUGA

Kontes Modifikasi IMI Jogja 2014; RX King Air Suspension Dan Suzuki FU Van-Van, Kreatif!

Modifikasi Honda Tiger 2014, Bobber Besar-Besar

Modifikasi Ninja KRR 150 Drag Bike; Lubang Buang 28,7 mm, Sing Ada Lawan!!

Modifikasi Jupiter-Z Drag Bike Surabaya; Kompresi Rendah Dapat 3 Podium 115 TU cc!

Modifikasi Jupiter Z 130 cc Drag Bike; 25 Dk From Sidoarjo, Pakai Knalpot WRX!

 

 

 

BAGIKAN