nhk

Modifikasi Motor Klasik; Model Retro dari Motor-Motor Jadul Jepang. Tebak Aslinya Motor Apa?

pulsar-pratama

ManiakMotor – Hakulyakin! Ridermania pasti gak ada yang bisa menebak, apa asli motor bergaya retro ini jika sedang melintas. Memang, konsep modifikasi zaman bahela ini lagi digandrungi di Tanah Air. Ya, seperti tampilan motor campuran moddel jadul Jepang ini.

Supaya gak penasaran, asli motor ini Bajaj Pulsar 200. Rumah modifikasi Berkay Motor (BM) dengan punggawa Rudy Gunawan berhasil merombak abis bro. Rudy sendiri tak ingin karyanya Cuma disebut bergaya klasik ato retro doang. Ia menamakannya Retro Factory Concept.

Jadi, motor ini hasil perpaduan beberapa model klasik dari Jepang, seperti Yamaha, Honda, Suzuki, dan Kawasaki. “Ini konsep saya boleh riset dikit, saya liat beberapa model motor klasik pabrikan Jepang, kebetulan ada motor Pulsar yang minta di bangun. Yaudah saya padukan saja konsep klasik empat motor Jepang tersebut jadi satu ke itu motor Pulsar,”Ujar Rudy menjelaskan konsep dari motornya.

Dari kendaraan aslinya, tinggal mesin yang masih orisinal. Kerangka dilebur untuk dibentuk lagi. Seperti kerangka belakang dibikin lebih rendah agar dapat model Japstyle.

Lirik bodinya bro. Mulai dari tangki, sepatbor dan segitiga penutup aki terbuat dari bahan fiberglass 1,5mm. Tangki di custom model replika Yamaha L2G, tapi agak sedikit gembul jika dilihat dari atas. Bodi sendiri dicat hijau toska dengan teknik airbrush.

Trus, Honda, Suzuki, dan Kawasakinya mane? Intip tuh kaki depan sudah mengaplikasi Honda CBR400. Tentu satu paket dengnan segitiganya. Kecuali kali belakang, seperti lengan ayun dan monosok masih bawaan asli. Kedua pelek dipasangi punya Nija 250 Mono.

Untuk penghenti laju, khusus bagian depan dibuat cakram ganda yang sudah dipasang adaptor dengan bantuan jada tukang bubut. Lalu, konsep retro juga kental pada tampilan lampu depan yang mentau dengan spidometer yang dicomot dari Honda Monkey. Terakhir kunci kontak motor yang tadinya di atas bersama komstrir di pindah ke bawah segitiga agar lebih terlihat kesan klasiknya.Prat

 

BACA JUGA

Modifikasi Klasik; Basic GL 100 Tahun 1982 Bermesin Tiger, Bodinya Detil

Motor Listrik Juga Bisa Dimodifikasi Jadi Café Racer

Modifikasi Bajaj Pulsar: Sport Turing Yang Gagah

Modifikasi Yamaha Mio Konsep Nano-nano Monkey, Pura-Pura Drag Benaran

Modifikasi Ninja Rangka Standart Drag Bike 2016: Tercepat di Sulawesi? Nih Rahasianya!