nhk

Modifikasi Motor : Tiger ‘Eleanor’ Super Turing 270 cc (DOHC), Head FU 38 Dk, Mantap!

honda-eleanor-modif

ManiakMotor – Tiger ini diberi nama Eleanor oleh si pemilik. Nama special, mungkin sang pemilik tidak tahu arti sesungguhnya. Tapi, dari rangkaian cerita motor Honda ini dimodifikasi, sangat tepat pemilihan nama itu. Singkatnya, arti Eleanor dari kamus Inggris-Amerika berarti terang. Jadi, Honda Tiger 1997 tentu sudah tidak bisa mengejar skutik, apalagi Honda Sonic atau Suzuki Satria FU 150.

Berkat sentuhan RAT Motorsport asal Sidoarjo, Tiger yang sudah tak bersemangat itu terlihat terang dan bercahaya. Bagaimana tidak. Power standar yang 17 dk dari mesin kapasitas 200 cc, kapasitasnya bertambah jadi 270 cc setelah dipasangi head FU (DOHC). Begitu cerita Swega, punggawa rumah modifikasi RATM yang langganan tampil di portal ini.  

“Yes, basic SOHC diubah jadi DOHC. Engine swap dengan Satria FU. Itu lantaran FU efisiensi mekanikal-nya lebih tinggi, tanpa pelatuk, kem langsung nonjok klep, lebih presisi pula. Juga udah terbukti FU lebih gampang dibikin power gede,”tutur Swega soal Tiger milik Mr. I – sapaan akrab konsumennya yang enggan diungkap identitasnya. Hehe…

Pastinya, ini ilmu bermanfaat untuk ubah basic mesin Tiger SOHC yang sejak tahun 1997 minim ubahan. “Pasti kesalip motor 150 cc teknologi terkini. Basic power Tiger hanya 17dk yang 200 cc.  Nyangkut bodi gambot, ama Sonic aja juga kelibas,”yakin mekanik berbadan subur itu. wah, kalo soal badan subur, bukan karena ‘swap bodi’. Wkwkw  Lalu, bagaimana konsep racikannya?

“Utamanya pada desain porting cepat 4 klep ala RAT. Bentuk luar porting dibikin bulat menurut konbsep Graham Bell berdiameter 29mm, dengan area smooth dan minim lekukan untuk memudahkan mixture udara bahan bakar melewati katup diameter 25/22 ke dalam silinder,”jelasnya.

Lalu, noken as FU standar yang di weld ulang untuk membentuk lift 8mm , dengan durasi 265 ex dan 255 intake, digunakan spesial untuk turing nafas panjang. “Supaya kitiran rpm ringan cam ini dimodifikasi dengan bearing 6900zz. Efisiensi mekanikal diperbaiki dengan piston 70mm single ring forged, serta stroke up 70mm menjadikan konfigurasi mesin setimbang 270cc power merata di setiap rpm,”urai Swega yang andalkan suplai bahan bakar dengan karbu UMA 34mm dibenamkan. Itu jaminan konsumsi bahan bakar yang tidak bikin kedodoran. Juga koil TK dipercaya untuk melentikkan api di ruang bakar. 

Hasilnya? Power meletup hingga 38dk, puntiran gas di 170 kpj diukur dengan GPS. wow! Itu katanya, masih belum sepenuhnya dibejek habis karena serem. Nah lo! Ardel

 RAT Motorsport Indonesia

Jl. Raya bypass juanda no 17

Sidoarjo – jawa timur

085645577007

Pin : 5292A36B

 BACA JUGA

Modifikasi Yamaha RX-King (Jakarta), Café Racer Penggemar Berat The Doctor, King of King

Modifikasi : Satria Pakai Turbo dan Model Trail dari Suzuki, Silakan Contek!

Kehasut Omongan Orang, Ninja Dimodifikasi untuk Kontes. Eh..Juara 5 Kali

Modifikasi Klasik; Basic GL 100 Tahun 1982 Bermesin Tiger, Bodinya Detil

Modifikasi Yamaha YZF-R25 Konsep Racing Look, Main Bodi Dan Kaki-Kaki!