nhk

Modifikasi Motor; Yamaha RX King (Jogja), Pakai Air Suspension Layak Jalan!

 

ManiakMotor – Terobosan aplikasi air suspension atau suspensi udara pada Yamaha RX-King 2012 memang membetot perhatian. Makanya di kontes modifikasi IMI Jogja Auto Fest di Jogja Expo Centre beberapa waktu lalu, RX-King ini  dinobatkan King Of Contest alias raja kontest. Pemodifikasinya Plenthis Paint. Pertukangannya masuk kategori ekstrim yang tetap layak jalan dan berfungsi.

Kelihatannya sih belum simpel lantaran ruang penempatannya terbatas. Tapi, apapun ide ini layak diapresiasi melengkapi kisah RX-King yang memang legenda. Apalagi pakai air suspension yang memiliki sistem kerja kompresor penyuplai udara pada tabung sokbreker. Dari tabung dibagi ke kaki-kaki lewat selenoid yang dihubungkan dengan selang udara.

“Tekan tombol di setang kanan-kiri, suspensi depan-belakang  bisa diatur naik turun sesuai  kondisi jalan. Hidrolik yang seperti standar tiga itu akan mengikuti tekanan. Sedang depan pada tabung sejajar dengan sokbreker depan dari KTM,” buka Sumantri alias Mantri pentolan Plenthis Paint yang beralamat di Jln. Godean, Km. 9, Senuko, Jogja.

Prinsip kerja air suspension pada King ini pun serupa, dimulai dari dua kompressor ½ pk di samping kanan-kiri ujung jok belakang. Arus kompresor menggunakan aki, untuk mengisi tabung ‘besar’ di bawah mesin. 

Udara bertekanan itulah kemudian disalurkan ke suspensi bagian depan-belakang. Tak hanya suspensi depan, tekanan udara juga dimanfaatkan untuk standart samping. Hanya dengan pencet tombol standar samping bisa naik-turun otomatis. Mantap kali! 

Pendukung inovasi, Mantri memainkan jurus krom pada beberapa bagian seperti silinder mesin. Eiit ngomong-ngomong pakai kepala silinder model belimbing tuh. Itu head zaman dulu yang ngetop milik YZ125. Maklum, saat itu mesin belum  pakai radiator. Ya, pas di RX-King dan dari dulu juga dicari untuk King yang dikorek mesinnya.

Krom bisa ditemui pada footstep, tabung udara, knalpot, dan karburator, cling! Uniknya, untuk oli samping dicustom dengan memanfaatkan kisi-kisi radiator yang dibagi menjadi dua menempati ruang bagian depan mesin. “Sebagai penguat gagasan ,tangki dan sepatbor depan di grafis dengan tema techno, warna dasar hijua dari cat Sikkens dan clear Specie Hacker,” urainya.

Bukan sekadar modifikasi, tapi menurut Mantri, butuh otak agar ‘King Air Suspension’ benar-benar layak jalan yang nyaman dan simpel. Makanya, untuk membuktikan  langsung diajak turing ke kawasan Timur Jawa bersama komunitas RX King Jogja. “Sensasi yang paling asyik saat di jalanan high speed langsung pencet tombol suspensi diatur sesuai kenyamanan,” kekeh Mantri menutup obrolan.

Wow! Ardel  

Alamat Modifikator :

Plenthis Paint

Jln. Godean Km 9, Jogja

Hp 081578886777

BACA JUGA

Modifikasi Honda Tiger 2014; Bikin Rangka Super Dirt Bike

Modifikasi Jupiter Z (Solo); Juara MotoPrix Jawa, Kompresi Nyambung Dengan Giboks!

Modifikasi Drag Bike Yamaha Mio; Kompresi 14:1 Untuk Matik 200!

Modifikasi Motor (Jogja); Ini Suzuki FU 150 ‘Van-Van’, Klasik Tapi Canggih

Kontes Modifikasi IMI Jogja 2014; RX King Air Suspension Dan Suzuki FU Van-Van, Kreatif!

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353