nhk

Modifikasi New Mega Pro 2013; Garuk Tanah Tahan Banting

 

ManiakMotor – Konstruksi sasis digarap serius, karena tujuannya untuk tujuan serius.  Hasil modifikasinya akan dipakai masuk hutan, syukur-syukur bisa keluar, iya keluar dari rimba adventure. Pastilah model modifikasi ala garuk tanah petulangan. Itu beda dengan special engine (SE), yang ini trail. Kalau SE untuk kompetisi di motocross dan superscross. Jika trail untuk hajar batu, pohon, kayu, dan semuanya deh. Lalu hajar diri sendiri, jatuh dan keluar duit untuk modif Honda New Mega Pro 2013 ini.

Wah sama juga ya? Beda dong. Modifikasi selalu ada pertimbangan, bukan ikut pakem SE untuk race. SE mana ada lampu.  Salah kalau you berpikir begitu, kamu itu masih muda, saya sudah banyak makan asam garam di dunia modif,” jelas modifikatornya, Topo Goedhel Atmodjo dari Tauco Custom di Kebagusan, Jakarta Selatan yang lebih banyak makan asam ketimbang garam. Wah sejak kapan dia kenal garuk tanah ya…

Alasan Topo sasis didahulukan karena kekuatan untuk pemakaian adventure. Motornya asli berfungsi untuk jarak jauh dan waktumya bisa sehari, dua hari dan tergantung tantangan. Juga tergantung ketemu mahluk halus yang berkonde atau tidak, hehehe. “Sudah teruji kok di hutan Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Kalau gak percaya, boleh telepon saya. Itu nomor dan pin bb saya di bawah,” lanjut Topo dengan dada membusung.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Seru memang wawancara Mas Topo, tampang tua semangatnya muda. Keahlian menekuk pelat ditanggalkan sementara. Fokusnya menyulap pipa holo menjadi sub frame. Asli pipa itu lurus, nih catat, panjangnya 2 meter, besarnya 2×2 cm, dan tebalnya 2 mm. Center bone ditertibkan dulu, sebelum disambung pipa dengan las listrik.

Makanya jangan perhatikan kaki-kaki seperti sokbreker depan yang upside down, lengan ayun, monosok, dan roda dengan pelek dilingkari ban tahu yang semuanya dari special engine.

“Perangkat itu mudah dibeli dan dipasang. Cuma persoalannya sasis asli motor ini sanggup nggak mengimbangi kaki-kaki tersebut. Untuk itu harus dirancang,” kata Topo yang telah mempertimbangkan jalur rat atau jalan yang hanya pas roda motor. Salah bikin sasis, bukan sehari dua di hutan tapi bisa seminggu karena sasis patah.

Sedang center bone bulat sejadi-jadinya. Untuk menempel dengan kuat, ujung pipa dibuat mengikuit kontur rangka Mega Pro. Lanjut pada sasis center bone yang setiap ujungnya mengikuti kontur sasis, tujuannya pipa dan rangka saling pegang. Tetap pakai teknik memanaskan pipa.

Frame belakang bagian bawah ditusuk swing arm KTM 250. Seperti dibilang sebelumnya, pemasangan lengan ayun ini sudah umum. Tapi rangka bagian ini diperkuat di sana-sini. Lihat saja banyak tai las. Maklum di situ jadi poros as lengan ayun dan di situ pula tumpuan mesin. Bagian ini juga jadi center pergerakkan, bila sasis melakukan kerja akibat guncangan kaki-kaki dan mesin.

Rangka bagian bawah itu gabungan Mega Pro dan Bosowa. “Bikin  dudukan baru untuk mesin. Makanya kamu kalau bertanya itu sekaligus,” sambung Topo yang masih setia dengan pelat galvanis 0.8 mm untuk sayap yang satu kesatuan dengan tangki bahan bakar.

Untuk trail, sayap  penangkap angin dan tangki pipih harus sama rata dengan jok kecil. Itu smua untuk ergonomik. Sayap itu gunanya untuk tatakan paha bagian dalam saat belok. Untuk menempatkan paha di bagian itu, crosser, eh pengendara harus maju di atas tangki. Makanya jok trail ujung depannya sampai di atas tangki. Itu maksudnya, entalah Topo ngerti tidak maksud desain itu, wkwkwkw. Adib

BACA JUGA

Kontes Modifikasi Senayan 2013; Persaingan Sport Bike Ketat

Modifikasi Honda Verza 2013, Versi Trail Militer Dari AHM

Modifikasi Kawasaki Nnja 150 RR 2013; Racing Look..!

Modifikasi Yamaha Scorpio 2013 (Jakarta); Modalnya Hanya Dari Kawat 8 mm

Modifikasi Kawasaki Ninja 150 Drag Bike; Pengapian SE, 7.095 Detik Sport 2-Tak TU 155

 

Data Modifikasi      
Ban depan : Kenda 70/100-19   
Ban belakang : Dunlop 90/100-16   
Setang + Raiser : Renthal Fatbar   
Bodi belakang : Yamaha YZ 85 cc   
Silincer knalpot : Honda CRF 85 cc   
Sok Upside down depan : Yamaha YZ 85 cc   
Sok belakang : KTM    
Lampu depan : Polysport   
Hand guard : Polysport   
Tangki  : Pelat Galvanis 0,8 mm Tauco Custom 
Swing Arm : KTM    
Tauco Custom : Jl. Kebagusan Raya No. 99, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Telepon  : 081288534865, pin bb 24c30691 

BAGIKAN