nhk

Modifikasi Ninja 150 Drag Bike; Karbu Standar Reamer Digas Joki Pemula, Sport 2T 155 Rangka Standar!

 

ManiakMotor – Mesin dikebut joki pemula dan seeded speknya harus berbeda. Ya, iyalah. Jelas yang digunakan pemula harus lebih mudah dibawa. Porting-portingnya jangan kelewat ekstrem. Inilah  fokus Tri Handoko alias Koko dari Harlan Jaya Motor  (HJMR) Salatiga, Jawa Tengah, bikin Kawasaki Ninja Rangka Standart, ya buat pemula. 

Kan ada pemisahan joki pemula dan seeded di kelas Ninja Rangka Standart di Pertamina Enduro Drag Bike (PEDB). Joki Ninja ini pun belum punya nama di drag bike. Sebutlah Ricky SL dan Akip Kipli yang memang masih pemula. Keduanya baru mencetak best time 7,6 detik di event Tegal beberapa waktu lalu. 

“Arah korekannya disesuaikan karakter joki novice. Mereka harus lebih santai dan gampang memainkan rpm. Misalnya rasio gigi 4, 5, dan 6 masih satandar, supaya tak repot menahan irama mesin di putaran tinggi. Juga porting nggak terlalu besar membuat tenaga di rpm bawah masih mudah diatur oleh pemula,” buka Handoko yang akrab disapa Koko yang asli Salatiga itu. 

Rasio gigi 1, 2 dan 3 diracik sesuai tenaga motor. Maksudnya, walau si joki pemula salah-salah putar gas, reduksi akan tetap berlangsung mulus. Motor tidak loncat-loncat dan tetap nyambung sampai gigi empat yang standar tadi. Komposisinya gigi 1 (16/30), gigi 2 (19/28), gigi 3 (20/24) dan seterusnya ketemu standar lagi. 

Pas dengan tinggi lubang buang. Kendati kalau dibaca di angkanya lumayan ekstrem dengan 29 mm, namun lebarnya hanya 38 mm. Katanya sesuai uji coba dan turun di Tegal beberapa waktu lalu, power motor masih nyaman dibawa jokinya.

Peasukan bahan bakar diatur reed valve alias membran milik Kawasaki KX85. Wah, kalo yang ini memang ilmu para jawara, bahan lebih kuat dan efisien menyalurkan kabut bahan bakar dari karbu, juga awet. Tahan panas dan performa terasa naik, lantaran aslinya untuk special engine.

Paling penting lagi harga lebih murah di kisaran Rp. 350 ribu. “Dengan karburator standar yang direamer sampai 30 mm, menurut saya masih oke. Saya bisa membawanya dengan tenang saat start,” nilai Ricky SL, salah satu jokinya.

“Rgulasinya Ninja Rangka Standar memang hanya memperbolehkan karbu standart reamer. Angka remaer ketemu di situ. Aturan reamernya bebas asal tidak ditambal lem. Jeroan karbu tetap pertahankan aslinya, cuma ditrik dengan merojok bagian air jet aja biar nafas lebih panjang,” cerocos Koko berapi-api. 

Semangat gitu bro! Ardel   

BACA JUGA

Modifikasi Ninja 150 Drag Bike; Start Gigi Dua Jawara Jawa, Sport 2-Tak 155 cc TU!

Modifikasi Yamaha New Vixion Lightning 2014, Bolt-on Bodi Yamaha R25, Rp 7 Jutaan

Modifikasi Ninja 150 Drag Bike; Kubah Model Parabola, Juara Nganjuk Sport 2T TU 155!

Modifikasi Yamaha Scorpio 2014; Café Racer Yang Memang Cafe

 

Data Modifikasi :

Motor: Kawasaki Ninja 150 R 

Kelas: Sport 2 Tak 155 cc  Rangka Standart

Pembalap: Ricky SL dan Akip Kipli

Tim: HJMR.Inc Dewangga 22 Boom-Boom Pow (Salatiga)

Kepala Silinder

Squish: 11 °

Lebar squish: 6,5 mm

Celah piston: 0, 5 mm

Bentuk Kubah: Parabola

Volume Kubah: 12 mm (pakai busi)

Dipapas: 1,8 mm

Silinder

Tinggi lubang buang: 29 mm

Lebar lubang buang: 38 mm 

Tinggi lubang transfer: naik 0,5  mm

Membran: Kawasaki KX 85

Piston (diameter x stroke): Standart

Tebal paking: Standart

Per kopling: CMS

Kopling: Standart

Karburator: Standart (reamer 30,5) Pilot jet 65 mainjet 148

Kenalpot+silencer: Creampie stainless

CDI: 1454

Kolil: YZ 4SS

Magnet: Standart

Timing pengapian: 14° sebelum TMA

Busi: Denso Iridium Power

Bahan Bakar+oli: 1: 25

Gigi Rasio

1: 16/30

2: 19/28

3: 20/24

4: standart

5: standart

6: standart

Final gir: 13/39

Mekanik: Tri Handoko (Koko) 

Bengkel: HJMR

Alamat Bengkel: Jln. Irawan No 2 Karang Alit, Salatiga (Jawa Tengah)

Hp: 085740482444

Pin BB: 2218512B

 

 

 

BAGIKAN