nhk

Modifikasi Kawasaki Ninja 250, Model Tamborini From Tjakarcha

 

ManiakMotor – Sekejap saja sulapan Kawasaki Ninja 250 dari sportbike jadi street fighter. Cukup fairing dilepas dan diganti rangka tubruk melar, eh, tubular. Modalnya pipa-pipa diameter 2 mm yang dianyam dengan las karbit. Tampilannya seperti juga ‘dikarbit’, tapi bukan karbitan.

Tampil ala Yurop.  Yurop itu bacaannya dari Europe yang di Indonesia disebut Eropa. Gaul-gaul sikit  sebut Yurop, benua tempat lahirnya moge-moge legenda seperti  MV Agusta, Cagiva, KTM, Aprillia, Benelli, Ducati  dan Kanzen. Wah, yang terakhir itu nggak kali.

Ninja ini pakai  rangka teralis yang lagi zaman di kuda besi Yurop, malah lebih dekat dengan rangka MV Agusta Tamborini Course T1. Namun, tak sampai permak rangka asli Ninja. Itu teralis hanya diambil dari pagar tetangga. Hahahaha… Nggak mungkin dong bisa beli Ninja, modifikasinya pakai pagar tetangga.

Kalau pun iya, pasti itu ulah pemodifikasinya alias builder. Siapa tahu dia mau cari untung? “Wenak saja. Mana ada pagar pakai pipa seamless. Pipa ini tidak ada sambungan dan urat-urat. Jangan sembarang jack,”  sambar Topo Goedel Atmojo builder Tauco Custom di markasnya Kebagusan Raya, Jakarta Selatan. Itu hanya kira-kira yang mendekati iya, bro!

Kelebihan lain pipa ini bila dirol atau dibikin meliuk tidak bakal mengkerut. Paling ‘masem’ doang kena api las-lasan. Makanya, tidak perlu repot mengubah rangka asli. Karena teralisnya yang dibentuk, teralis itu yang menyesuaikan kontur rangka, tangki, mesin sampai komstir.

Juga  modelnya knock down alias bisa dibongkar-pasang. Braket pipa teralis memanfaatkan dudukan fairing. Tinggal dibaut di situ. “Cerita dalam penulisan sih sih mudah, tapi bikin otak  merandang menyulapnya. Bongkar pasang melulu,” timpal Topo. Enak aza, menulisnya juga pakai otak bro, juga bongkar pasang huruf, kata, kalimat dan paragraf sama dengan modif.

Iya, ya. Intinya jarang Topo cerita mal atau pola rangka sebagai sketsa awal. Maklum, seringnya dia pakai otak kira-kira, kerja langsung jadi. Kali ini dia pakai kawat sebagai pola awal. Rangka tambahan ini tinggal ikut kontur kawat.  

Penangkap angin (air scoop) kiri-kanan dari pelat galvanis 0.8 mm sengaja ditulis, karena bagian dari satu konsep rangka. Posisinya menyatu dengan teralis. Kalau yang ini pelatnya yang menyesuaikan seperti ketok, sobek, tekuk, potong, las dan sebagainya soal atraksi pertukangan modifikasi.

Hasilnya, tampilan Ninja ini tetap sporty. Malah  berkesan memamerkan otot pipa. Ya, wajarlah, ada 8 meter pipa seamless yang dipakai dalam rangka ini.  adit

MODIFIKASI LAIN:

Modifikasi Ninja 250RR, Kocok Perut From Denny Cagur

Pelantun Aishiteru Memodif CBR250

Modifikasi Yamaha TZR250, Retro Jepang Pak…

Skydrive Pelek Gambot Ban Jumbo

Modifikasi Thunder 250 (Jakarta), Ban Jumbo Bobber, Bro..!

Modifikasi Mio Soul, Api Terus

Modif Kawak D-Tracker, Cuma Variasi

Modif Vespa PX 150 (Banjarnegara), Tips Pakai Roda 14 Inci  

 

Data Modifikasi                               

Motor                               : Kawasaki Ninja 250 R 2010

Pemilik                              : Imron Rosadi

Lampu depan                     : Custom By Topo

Airscoop mesin bawah         : Ketok-ketok by Topo

Pelek                                : Chemco ring 17

Ban depan                         : Bridgestone Battlax 110/70-17

Ban belakang                     : Bridgestone Battlax 180/60-17

Knalpot                             : Yoshimura USA

Foot step                          : Yoshimura

Setang                              : AHRS

Raiser                                : AHRS

Headlamp                           : Honda Blade

Bengkel modif                     : Tauco Custom

                                        Jl. Kebagusan No. 99, Jagakarsa, Jakarta Selatan

BAGIKAN