nhk

Modifikasi Ninja 250 RR Mono Manual Tech, Cangkok ECU Rextor RS1

 

 

ManiakMotor – Baru iseng, Kawasaki 250 Mono milik Manual Tech Yogyakarta sudah podium 4 saat balap IRS Sentul beberapa waktu lalu. 

Di tangan pembalap Gupita Kresna, si Mono sempat cetak waktu 1:48 koma sekian. Tipis dengan sang juara. “Padahal spesifikasinya masih kohar. Suspensi saja standar habis. Pak Dhe (Ibnu Sambodo), memang sengaja melihat potensinya dahulu,” ujar Ofa Mustofa Kamal, mekanik asal Bandung yang ditugasi merawat motor berjuluk Juminten itu.

Betul, sepesifikasinya masih sangat jauh dari spek balap. Kompresi hanya memainkan ketebalan paking. Throttle body standar. ECU standar. Paling kentara adalah colekan pada  kem yang lift-nya juga kurang dari 9 mm. Apalagi klep.. semua standar .. ndar..  termasuk persneling. Paling kentara cuma knalpot racing.

 Toh, garapan Ofa enggak mengecewakan, motor ini dengan mudah tembus 34,5 dk pada 10.700 RPM. “Grafik power terpotong limiter. Pada grafik dyno jelas kalau grafiknya sedang naik,” lanjut pria berjenggot itu.

 Pekerjaan rumah tinggal mencari ECU yang cocok dengan Kawak Mono. Jawaban paling tepat RS1 sembari menunggu RR1 yang khusus racing, bikinan Rextor.

“Pakai RS1 dalam kondisi standar, bisa naik 2 dk. Dari 26 jadi 28 dk,” kata Yuli Kwok, director Mototech Yogyakarta. Woww… jika dilihat persentase sekitar 7.6%. Jika ditambah knalpot racing, gampang tuh tembus 30 dk alias kenaikan total 15.4%.

Kembali lagi ke Ninja Mono Manual Tech. Kalau sekarang sudah tembus di angka 34,5 dk berarti potensi mesinnya masih bisa dioptimalkan menjadi 37,1-39,8 dk. Begitu baru-baru ini saat diujicoba dengan Rextor RS1 dan akan dicoba lagi di seri terkahir IRS dalam waktu dekat di Sentul. Kyai Pradah

BACA JUGA

Modifikasi Satria FU Dragbike (Malang): Kompresi Rendah, 5 Speed Bebek TU 200 cc!

Modifikasi Ninja 150 (Nganjuk): Lubang Buang 196 Derajat, CDI RC, 7,4 Detik!

Modifikasi Honda Supra X125: Tampang DAn Parts Standar 16 Dk, Juara Cornering

Modifikasi Honda Supra X 125 Dragbike (Nganjuk): Dapat 8,413 detik Bebek TU 130 Cc

BAGIKAN