nhk

Modifikasi RX King DMC CLRT: Ilmu Korek Daya Tahan, ‘Jambret’ Dangerous!

ManiakMotor – Dulu sebelum ada Vixion, RX King buah bibir sebagai motor jambret. Para pejambret nggak percaya diri bila nggak menggunakan RX King. Sekarang dia tetap jadi buah bibir.

Anto juara di Cimahi

Di event Trijaya Sumber Production Road Race (seri 1) di sirkuit Brigif 15 Kujang II, Cimahi (10/2) lalu. Si ‘Jambret’ dikebut M. Nurgianto ‘menjabret’ kangtaw Rp 10 juta. “Kompresi pada buret 12,5 cc pada head. Kompresi aman untuk daya tahan dan ada hubungan dengan tinggi lubang buang,” buka Widodo alias Dodo, juru korek RX King milik tim DMC CLRT AHRS TKRJ QTT Racing Start.

Begini mesinnya

Tinggi eksos – begitu disebut dengan mudah – yang sebenarnya disebut exhauts port 26 mm. Itu diukur dari buibr silinder pada dinding paling atas lubang buang. Tinggi ini sangat memangaruhi kompresi, karena dari angka ini rumus kompresinya boleh dihitung untuk 2T. Yang penting aman untuk jarang jauh dengan lap yang banyak. Lebar lubangnya 40 mm sehingga ring seher tetap aman pada dudukannya.

Dodo yang punya pengalaman korek 2T drag bike itu bilang kalo karakter powernya kuat dengan torsi. “Tapi napasnya tetap panjang. Mengambil di tengah korekan drag bike,” sebut Dodo yang dulu gondrong.

Knalpot dan sokbreker

Anto – sapaan akrab M. Nurgianto – rider senior DKI punya jam tarung tinggi. Doski  tahu cara memainkan tipe tenaga begitu, ”Kuncian utamanya daya tahan. Motornya stabil terus biarpun main 15 lap juga,” beber Dodo yang disupport penuh oleh Eco bos CLRT asal Riau yang pernah berjaya dengan korekan KTM SE250SX di drag bike dengan time yang sampai saat ini belum terpecehkan dengan 6.671 detik.

Daya tahan juga direkayasa pada pengapian dengan 6 derajat sebelum TMA. Katanya sih menggunakan pengapiannya Ninja custom. Ramuan itu dianggap mandra guna untuk otot mesin.

 Untuk kopling malah pakai yang standart yang diklaim presisi. “Penyetelannya juga  gampang dan nggak mudah ambles. Kopling ambles penyakit kronis King,” ujar Dodo yang aplikasi membran RXZ. “Knalpot rancangan sendiri. Ini ada hubungan dengan kopling, nggak perlu dislip di putaran bawah,” kiat Dodo pada knalpot seharga 700 ribu itu.

Sstt..hanya mengingatkan RX ‘Jambret’ ini memang patut diwaspadai. Maklum RX King jadi kelas bergengsi saat ini! Ardel

BAGIKAN