nhk

Modifikasi S&S Super Stock 1.600 cc (Jakarta), Cory Ness Style..!

 

ManiakMotor – Menciptakan sasis, tangki, pelek, kenalpot, bahkan mesin adalah builder sejati yang baik hati. Seperti itu membangun S&S Super Stock 1.600 cc macam di foto ini. Modif kuda besi berotot kawat by Cory Ness. Semua bagian suku cadangnya disesuaikan dengan arah modifikasi yang terkonsep dari nol, nol, ol..ol ada echo brosist, sist, ssssist, t, t.  

Cory adalah anak dari builder yang disembah di jagat modifikasi Harlay Davidson yang bernama Arlen Ness.  Cory merupakan om dari Zach Ness. Sebuah keluarga yang turun temurun berprofesi pemodifikasi top Amrik. Mereka mengerjakan dengan  unit terbatas. “Ini motor limited edition dalam rangka 50 tahun S&S,” cerita Ignatius Hendra, pemilik Bikers Station, di daerah Veteran, Bintaro, Jakarta Selatan. Orangnya tinggi, putih dan gondorng alias Bingky. Tos dulu bro…

S&S kepanjangan dari Super Stock. Peracik mesin sekaligus produk aftermarket untuk Harley Davidson (HD) skala besar. S&S telah berubah wujud jadi pabrik motor dengan merek sendiri yang jadi ciri Group Arlen Ness. Walau basis mesinnya HD, mereka ogah disebut HD. Ya, ciptaan sendiri seperti S&S 1.600 cc V-Twin yang hanya 60 unit di dunia dan  satu di Indonesia milik Bingky.

Cory membangun S&S dalam 6 bulan. Maklum, kebanyakan barangnya dibikin hand made. Nggak tahu deh, Cory juga sibuk pegang palu, gerinda, las dan gergaji di workshopnya Dublin, Sacramento, California, Amerika Serikat. Ia dituntut menghasilkan karya yang ruaaarbiazaa. Bukan cuma di mata Bingky yang piawai juga bikin modifikasi HD, tapi di mata seluruh dunia.

Termasuk pada reporter maniakmotor.com yang saban hari naik Vespa butut. Juga menulisnya bebek dan sport kapasitas eces. Paling tinggi mengulas Ninja dan CBR250. Lihat desain pelek tarantula pada S&S saja, mungkin baru  kali ini, maka mulutnya membulat dan tak sadar bilang waaaauuuu… apalagi dengan lingkar pelek 23 Inci. Memang pelek palang kinclong ala keluaran Ness Group itu, mirip kaki laba-laba. Di Gorontalo laba-laba disebut dangga-dangga. Di daerah brosist mungkin namanya spider man, ya???

Nyambung lah dengan rangka rigid alias tanpa sokbreker belakang dan depan hanya tertumpu pada springer. Ayunan peredam kejut murni mengandalkan bantuan sasis khusus ini. Rangka satu konsep yang kata orang harmonis. Rangka kalau dilihat seperti mengurung mesin gambot yang berotot. Raaaaaangka juga, menjadi kesatuan dengan tangki.

Sudut-sudut pelek, mesin, ikut memengaruhi tangki dan tangki juga ikut memengaruhi atau saling mempengaruhi, tapi bukan provokator, lho? Begitu juga sepatbor belakang. Itulah yang disebut estetika tingkat dewa. Bicara gaya, silakan sebut boardtrack, bobber atau chopper. Asli, itu semua ngaco. Yang benar Cory Ness Style. Karena builder di sana, karya mereka adalah peten sendiri.

Bingky lanjut bercerita, dapat motor ini karena berteman dengan Cory. Tetap bayar juga kan? “Iya dong. Tahun 2011 lalu, harga motor ini lebih dari 100 ribu Dollar AS. Ga perlu di ceritain sampai masuk ke sini,” tambah Bingky sembari bilang dirinya itu bukan builder, melainkan dreamer (sang pemimpi). Mimpinya tuntas dengan tanda tangan Cory Ness pada lampu depan. Ditambah tulisan yang berbunyi, “Built to Bingky Bikers Station”.

Tahu kan 100 ribu dolar Amrik, itu sama dengan Rp 900 juta  lebih. Wa…! Adib

MODIFIKASI LAIN

Modifikasi Honda CB125SS (Jakarta), Konstruksinya Detil..!

Modifikasi Honda Tiger, Pakai Sasis CRF250R, Mudah Katanya..!

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R (Jakarta), Lho Jadi Turing..!

Modifikasi Jupiter Z Pele Drag Bike, Mesin Cetak Ulang, Penantang DOHC FU

Modifikasi Honda Tiger, Harmonisasi Rangka…!



Data Modifikasi

Ban depan                                          : Avon AV 71 130/60-23

Ban belakang                                     : Avon AV 71 130/60-23

Bikers Station                                    : Jl. RC Veteran Route 66, No. 13

                                                                  (Gg H. Ropiah), Tanah Kusir, Bintaro

Telepon                                               : 021-7379378

BAGIKAN