nhk

Modifikasi Suzuki FU 155 cc, Spesialis Bracket Time, Solusi Pandemi, Langganan Podium..!!

ManiakMotor – Saat pandemi semua sulit, balapan pun dibatasi. Ya dibatasi modal lantaran ekonomi lagi seret. Makanya carilah kelas yang butuh modal yang kira-kira tidak menguras biaya perawatan. Apalagi yang hanya buat hobi, tapi ingin dapat piala dengan modal pas-pasan, maka solusinya Kelas Bracket Time.

Solusi pandemi

Kelas tersebut dengan perawatan murah seperti Suzuki FU 150 milik tim Y2Y Racingshop. Motor ini telah bolak-balik naik podium di kelas Bracket Time. Dalam beberapa event trek lurus bikin bangga pemiliknya, “Suzuki FU ini cuma ikut kelas braceke di antaranya Bracket Time 8 detik, 8,5 detik dan 9 detik,” jawab Yuda Missel dari Y2Y Racing .

Tentu saja regulasi yang digunakan sangat sederhana seperti umumnya kelas Bracket untuk FU 55 cc. Itu dana hanya termakan oleh biaya porting in dan out pada head atau kepala silinder FU.

Menggunakan piston Moto1 diameter 66 mm, “Kiblatnya memang pada spek FU porting 155 cc. Speksifikasi ini pas untuk motor-motor kelas bracket. Dana yang dikeluarkan tidak sperti membangun motor kompotisi di kelas open,” tambah Yuda.

Pengapian diramu lewat manipulasi limiternya yang tepat dan dimainkan secara konvensional. Yang ini, pick-up coil  diutak-atik biar limit rpm lebih panjang. Itu tanpa mengorbankan bobot magnet yang dibaca pick-up.  

Pengapian yang lebih maju itu, cocoknya memercik kompresi yang dipadatkan. Perbandingan kompresi itu didapat setelah memangkas kepala silinder 2 mm. Tentu saja dipangkas dengan pisau bubut, bukan gergaji, apalagi golok.

Lanjut ah, kompresi dan pengapian tanpa diumpan bahan bakar, jelas akan tandus. Suplai bahan bakar pada 4-tak ditentukan desain kem atau noken-as alias poros bubungan. Dua kem FU dan diracik yang kembali dibenarka n sudut-sudut (lobe) kem. Tujuannya maksimal mengangkat klep lama-lama memberi kesempatan pada bahan bakar masuk dan secepatnya tertutup.

Saat ini memang kelas bracket sedang booming karena dinilai sesuai keadaan. Setiap gelaran drag bike kelas tersebut selalu diikuti banyak peserta. Lumayan dengan sering naik podium  Y2Y Racing Shop dapat sponsor kecil-kecilan, “Ada hasil positif yang diraih dan saat ini kami juga sedang menjalin kerja sama dengan salah satu produsen knalpot ternama,” pungkas Yuda. RZK

BACA JUGA

Modifikasi Ninja 150 TU: Power Dulu Baru Rasio!

Modifikasi Honda PCX; Kelas Berat Dikerjakan Cepat Ala Sangkuriang

Modifikasi RX –Z Drag Bike, 7 Detikan 2T TU 140 cc, Tekuk Ninja Di 155 cc, PWK Air Strike 38..!

Spesifikasi FU Bracket Time 155 cc
Motor: Suzuki FU
Kelas: Bracket Time 8,8.5 dan 9 Detik
Pemilik: Yuda Missel
Piston: Moto1
Diameter Piston: 64 Mm
Karbu: PWK 35
Noken-as: Custom In-In
Stroke: Standar
CDI: Predator
Knalpot: Fanterra
Rasio: Custom
Ban depan: Kingland 50/90-17
Ban belakang: IRC 60/80-17
Mekanik: Acong AjM
alamat :Y2Y RACINGSHOP, Jln Raya Tegal Girang,
Blok Barat RT 05/02, Kec. Bngodua Kab. Indramayu, Jabar
Telpon: +62 878-2095-1866

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353