nhk

Modifikasi Suzuki Inazuma 250: Menghabisi Rangka Dengan Konsep Muscled

ManiakMotor – Konsep Muscled Bad Ass. Kesan motornya kontet dengan pantat yang bahenol dan setang kemudi yang tegak. Karya utamanya pada rangka belakang yang tidak banyak memengaruhi distirbusi bobot, tetap aman dipakai hari-hari. Rangka ini yang disebut sub frame. Bagian itu yang berani direhab habis pada Suzuki Inazuma 250 agar bisa kejar setoran, eh konsep.

Pipa-pipa aslinya dapat digerinda dan dilas ulang dengan variasi pipa penyambungan diameter 1,5 inci ampai 3 inci. “Apalagi pemiliknya tak ingin motor ini nungging. Jadi harus diukur kembali dari rumah lengan ayun, suspensi dan rangka sub frame. Ketiga bagian ini kuncinya dari wilayah modifikasi buritan,” kata Rudy Gunawan dari Berkat Motor (BM) di Cileduk Raya, Kreo Tangerang.

Inazuma ini sendiri karakternya turing dan milik Setiadi Hendro dari kota hujan Bogor, Jabar. Katanya sih dia ingin sesuatu yang menghabis-habiskan dana, eh sorry, namanya juga modifikasi, memang butuh duit. Selain untuk bayar modifikasi sub frame, juga beli  kaki-kakinya, pakai moge semua. Pula bodi yang dipermak total yang hasilnya memang rapi jali.

Untuk itu, butuh modifikasi. Contoh pemasangan kaki belakang Suzuki GSX 750 pada Inazuma. Jelas pada sub frame tadi harus diatur dan dibikin dudukan baru monosoknya. Termasuk harus satu rangkaian dengan rumah lengan ayun. Yang disesuaikan tak hanya rumahnya, juga lengan ayunnya sendiri.

“Sebenarnya itu semua sudah urusan tukang bubut. Tapi tukang bubut sendiri harus digiring yang punya konsep, agar konsumen tak kecewa,” tambah Rudy yang berhasil menumpahkan konsepnya, karena  bahannya oke. Maksudnya, ya bahannya itu adalah Inazuma yang basisnya lumayan besar, jadi tak kedodoran oleh kaki-kaki dan bodi dari moge. Mesinnya dua silinder SOHC yang bikin kesan padat.

Rudy tinggal memainkan knalpot yang segi banyak. Dalam modifikasi seperti di foto ini, peran knalpot tidak melulu untuk performa mesin, juga penampilan. Itu juga dari hasil olahan pemikiran, bahwa knalpot model begitu pas dengan lengan ayun pisang milik GSX 750. Begitu elmu kira-kiranya.

Demikin juga depan. Kalau soal pasang suspensi up side  down semua pemodifikasi kelas berat, sudah makanan sehari-hari. Tentu saja mengganti segitiga asli Inazuma beserta isi komstir. Ya sudah, selesai urusan dengan tukang bubut.

Menurut Rudy urusan kaki-kaki memang pekerjaan berat, tapi jadi ringan karena sudah biasa. Ala bisa karena biasa. Tapi pada Inazuma yang bikin sulit justru  memasang tangki bahan bakar Kawasaki ZX- 6R. Maklum, tangki sport jalanan ketemu model turing. Karenanya, pemasangan perlu coak sasis dan juga custom dudukan injektor bensin pada tangki.

Bodi motor dari cover head lamp hingga ke buntut berbahankan fiberglass dengan ketebalan 3 mm. Termasuk yang pura-pura rangka delta box itu dari fiberglass.  Pada bodi nggak ada neko-neko  ornamen dan striping. Cat hitamnya pun doff agar sangar dan gahar. Prat

 

 

BACA JUGA

Modifikasi Kawasaki Ninja 150R Thailook Style: Tunggangan Keren Harian

Modifikasi Satria FU Venom Ratu Hoki: FU Selembaran Sikat 2T Di Liaran, Ada Yang Mau Lawan?

Modifikasi Ninja 150 2T Frame Standar; 7,4 Detik Ruang Bakar Parabola

Modifikasi Honda C70: Tetap Street Cub, Tuwir Asyik

Modifikasi Mio Drag Bike; Porting Out 110% Diameter Klep, 7,5 Detik Matik 200!

Data Modifikasi :

Pemilik : Setio Henro

Motor : Suzuki Inazuma 250 (2013)

Konsep : Muscled Bad Ass

Bengkel : Berkat Motor PIN-2966D8B0

Rangka : Depan Standar, belakang custom

Swing arm : GSX 750

Velg : Belakang 6 inc. Depan, 3,5 inc

Ban : Belakang Battlax 190-60. Depan Brighdstone 120-60

Sokbreker belakang : Monosok GSX 750

Sokbreker depan: UpSideDown CBR 1000

Setang : Variasi Byson

Tangki : Kawasaki ZX-6R

Knalpot : Custom

Spakbor depan : Custom

Spakbor belakang : Custom

Bodi : Figerglass 3mm

Lampu depan : Replika KTM Duke

Lampu belakang : Standar

Spedometer : Koso (Digital)

 

 

BAGIKAN