nhk

Modifikasi Suzuki Satria F150 2012; Ganti Kelamin, Lebih Super Street Fighter

 

ManiakMotor – Ini baru modifikasi. Modifikasi bebek jadi sport tulen. Modifikasi Suzuki Satria F150 dibikin jadi rangka tubular.  Bodi dan rangka asli F150 banyak yang luluh lantah dulu dihajar gergaji, gerinda dan api las.  Lalu? Ya dibangun ulang seperti wujudnya sekarang yang street fighter.

Tulang pada Komstir F150 sekarang sudah ada dua jurusan, dua-duanya untuk main frame. Satunya untuk back bone sebagai dudukan tangki. Satunya lagi tulang asli underbone F150 yang menuju mesin. 

“Saya mewujudkan impian pemilik. Impian modifikasi yang gila, seperti saya,” jelas Topo Goedel Atmodjo, builder yang merasa kondang, tapi memang benar dia punya pengalaman lebih dari sepuluh tahun dalam pertukangan modifikasi di Indonesia. Makanya sekarang sebutannya Eyang, bukan Mas atau ‘Ki’ seperti yang dulu-dulu. Maklum yang punya julukan Eyang saat ini masih naik daun. Tapi kalau Eyang Topo, itu hanya eyang-eyangan saat dia lagi lagi keliyengan.

Bermula dari  Taufik Hidayat yang orang Betawi pekerja tambang batubara di Kalimnatan, si pemilik motor yang ingin motor baru. Tapi katanya nggak ada yang cocok. Makanya ia ke Eyang Topo. Namanya Eyang, disodorkan konsep, ia berpikir cara eyang modifkasi. Lirik sana dan sini, ya sudah, kendaraan sehari-hari F150 yang dikorbankan. Lagian, Taufik sdah keracunan di markas Kebagusan Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan, bro. Eyang, gitu loh.

Topo ini selalu konsisten dalam konsep. Walau sudah jelas-jelas, ini bebek jadi sport, berarti lebih banyak cerita perubahan rangka. Tapi si Eyang masih ngotot berawal dari pondasi atau kaki-kaki. Mungkin dia lupa, rangka justru jadi pondasi utama semua kendaraaan. Ya kalau di hewan dan manusia adalah tulang. Dia malah banyak cerita dari kaki-kaki dulu yang sebenarnya sudah ada di Data Modifikasi, tuh di bawah tulisan ini.  

Nggak mau ah, cerita rangka, terserah yang nulis. Lha yang dia sendiri kok, ya si Eyang itu. Back bone atau tulang belakang menggunakan pipa diameter 0,5 inci. Pipa dudukan tangki ini hanya satu batang. Dirangkai dari komstir menuju sub frame. Makanya, jangan tertipu anyaman rangka tubular. “Tubular kan hanya rangka hiasan. Sewaktu-waktu dicopot, nggak  ngaruh pada konstruksi, tapi ngaruh pada penampilan,” kata Eyang Topo yang mengaku biasa ‘menipu’ tampilan motor, tapi bukan menipu konsumen.    

Rangka belakang atau sub frame habis dilibas dan diganti pipa hollo. Tentu saja melakukan  menyesuaikan dengan posisi jok dan tangki. Konstruksinya diukur sesui postur pemilik. Posisi setang setir, jok dan pijakan kaki adalah kesatuan pengukuran yang dimaksud, agar motor tetap stabil layaknya kendaraan sehari-hari, walau modifikasinya ekstrem dari bebek ke sport yang bodinya hand made dari pelat galvanis 0.8 mm.  TGA

MODIFIKASI LAIN:

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R (Jakarta); Jadi Cruiser, Pertama Di Indonesia…!

Modifikasi Harley Davidson FXR 1991 (Jakarta), Harley Davisdson And The Marlboro Man

Modifikasi KTM Duke 200 2013 (Jakarta), The Real Naked Bike Supermoto Freestyle..!

Modifikasi Honda PCX150 2013, Jurus Pelek Jari-Jari

Modifikasi Kawasaki New Ninja 250 2013 (Jakarta), Stiker Dan Aksesoris Seharga Motornya


DATA MODIFIKASI ;  SUZUKI SATRIA F 150 TAHUN 2012
Sokbreker depan:Yamaha Byson   
Swing arm : Kwangen custom products  
Velg depan/belakang: Variasi Yamha Scopio z 
Ban depan: Corsa 120/70/17  
Ban belakang :Corsa 150/70/17  
Kenalpot :Kwangen Custom Products 
Head lamp :Yamaha Byson  
Stop lamp : Honda Supra Revo  
Foot pag :  Yoshimura  
Spidometer : Koso digital rx 1 n  
Stang setir : Yamaha Byson   
Bodi full set : Pelat galvanis 0,8 mm tauco custom 
Modifikator :TAUCO CUSTOM     
Jl kebagusan raya no 99 jagakarsa Jakarta selatan 
Telp ; 0812 8853 4865  / pin bb ;294e9df8  


BAGIKAN