nhk

Modifikasi Suzuki Smash From Racing Boy Alias RCB, Minimalis

Modif Suzuki Smash 2017

 

ManiakMotor – Judulnya memang minimalis. Tadinya motor jadi sepeda, hehe. Tetap motor, sebab ada mesinnya. Itu mesin berbasis Suzuki Smash 110 cc tahun 2003. Mesin yang bersih seperti baru itu, rapi bangat di tata pada underbone atau rangka bawah yang memang rangka Suzuki Smash yang minim perangkat bodi.

Tampang belakang

Ah ternyata motor ini memang dibikin untuk show aksesori Racing Boy (RCB). Dikerjakan di ruang R&D PT Enwan Multi Partindo yang jadi distributor RCB.

“Cuma rangka dan mesin. Buat saya paling menarik pada motor ini karena jadi sepeda, hehe,” sebut Robie Ganie yang mengepalai ruang R&D yang berlokasi di Citra Raya, Cikupa, Tangeran, Banten tersebut.

Tampaang depan

Ini juga sekaligus untuk melihat motor bebek tanpa bodi seharusnya hanya segitu. Jadi segitu-gitunya, karena rangka dibikin ringkas yang pas. Sudah nggak ada ‘duri-duri’ yang maksudnya pelat-pelat cantolan kabel dan bodi. Pokoknya botaklah, eh bersih yang minimalis tadi.

Pelek yang menarik. Tapi ternyata nggak dijual di sini

Rangka diperingkas dengan jok yang hanya untuk pengedara doang. Seperti jok sepeda yang dikontruksi dengan kaki tiga. Aslinya memang jok sepeda dari Wim Cycle yang dicomot sekaligus sepakbornya.  Itu yang di belakang jok, bukan untuk barang, namun sebagai tangki bahan bakar besin dari stainles steel yang panjangnya 23 cm dan diameternya 14 cm.

Yang paling menarik dari semuanya adalah pelek alias velg Racing Boy yang ukurannya 1.40 x 17. Peleknya mirip sepeda. Pelek depan bersama suspensi yang sebenarnya hanya aluminium berbentuk sokbreker teleskopik. Sedang dua sokbreker belakang milik NMax.

Yang menarik kedua adalah knalpot Proliner stainless. Knalpot Proliner juga diproduksi PT Enwan. Yang menarik terakhir bentuk keseluruhannya. “Mirip sepeda listrik. Tapi asli ini motor yang semuanya berfungsi. Dari starter elektrik, rem, lampu-lampu dan sebagainya,” pungkas Robbie.

Ya sudalah. Namanya juga motor untuk show. MM

BAGIKAN