nhk

Modifikasi Suzuki Thunder 250, Ditiru GSX150R, Jadinya Moto3

Modifikasi Suzuki Thunder

ManiakMotor– Ada 85 persen frame pada motor ini sengaja dimodikasi.  Sudut rake ditarik maju agar hasilnya tampil seperti Moto3, beda juga dengan Suzuki GSX-150R yang barusan diperkanalkan Suzuki. Jangan-jangan GSX150R punya referensi dari sini.

Karena motor ini ‘diperkaos’ dari Suzuki Thunder 250 yang tadinya turing jadi sport sejati. Modifikasi yang sebenarnya lari dari pakem. Bertolak belakang dengan rem pakem. Pengertiannya beda, kalau pakem soal rem, benar-benar behenti, tapi ini bisa lari dari Thunder yang diproduksi 2004 itu.

Pakem memandangnya juga lari dari pakem. Bobby, si pemilik Suzuki yang sudah discontinue ini, mengaku persis  Suzuki GSX 600. Tetapi portal ini bilang macam Moto3. “Saya tidak percaya, maksud dan tujuan saya memodifikasi agar sama dengan GSX600, bukan Moto3. Sembarangan saja,” kata Pak Bobby SH, seorang pengacara benaran. Waduh, iya pak, GSX600 deh. Kalau berdebat terus, bisa diseret ke pengadilan modifikasi ini portal. Nanti di meja modif, martil sungguhan yang yang akan digebuk, eh, diketuk.

Pasti ada sebab Pak Bobby begitu ngotot soal pakem GSX. Katanya, Thunder dan GSX masih satu pakem alias sama-sama Suzuki. Lha, kenapa harus dimutilasi sekitar 85 persen? “Rangka standar Thunder 250 ini jauh dengan sport. Frame bawaannya terpaksa  diganti pipa hollo 2×2 pada sub frame. Lalu, main frame dirombak sudut rake-nya. Catat, walau meniru GSX600, tidak ada limbah moge yang dipakai. Murni karya modifikasi,” timpal Topo Goedel Atmojo, modifikator yang dulu mangkal di jalan Kebagusan Raya No.99, Jagakarsa, Jakarta selatan, tapi sekarang lagi cari-cari lokasi di Depok.

Nah, gara-gara tuh orang, bikin si pemilik berdebat dengan portal ini soal pakem. Sebabnya, bengkel Tauco Custom itu,sudah menjanjikan tidak akan meleset dari pakem GSX600. Tentu dia sembari potong sana, gergaji sini dan gerinda semua bagian  rangka yang tidak biasa. Sulit  dibayangkan, kalau Pak Bobby akhirnya mengakui, modifikasi ini mirip Moto3? Itu dianggap kegagalan karya yang diincar.

Apalagi, ini Pak Bobby penggila modif. Kolektor di garasinya sudah ada empat motor yang ‘dirusak’ dan diperbaiki ulang itu. Khusus yang ke-5 ini, pakem karyanya hand made. Sampai kenalpot yang mirip GSX600 itu dibikin dari tangan. Maksudnya, tetap pakai bahan pelat dan dikerjakan tangan. Bukan tangan yang jadi kenalpot. Hanya itu saja yang pakemnya mirip dengan GSX600. O ya, cat yang putih biru ala Suzuki, persis GSX juga.

Selebihnya, ya, kekarnya dan postur keseluruhannya kayak Moto3. Bedanya, buntut motor itu tidak seperti ekor tawon. Bedanya lagi, motor milik Bobby ini, soal Suzuki yang telah meninggalkan arena balap prototipe sejak 1992  di kelas menengah. Lalu, kelas beratnya alias di MotoGP, hilang sejak 3 tahun lalu.

Maaf, lupa pakai Pak di depan Bobby, itu saking cepatnya mengetik, Pak. Lho, dijelaskan pakai Pak, artinya sengaja dong. Iya, sengaja, kalah sih dalam berdebat soal Moto3 dan GSX600. Karena nyatanya pakemnya lebih dominan GSX600. Tahu rasa, sok ngerti modifikasi sih…

Lho, tadi yang berdebat itu siapa? Yang memodifikas si Topo, yang menulisnya juga dia. Sayang tulisan ini terjadinya 2012 dan dimunculkan kembali sebagai pembanding GSX150R. Topo

 
 

DATA MODIFIKASI :

Pelek depan / belakang      : Variasi Power 17 inci

Ban depan                            : Swallow 110/70/17

Ban belakang                       :Swallow 140/70/17

Cakram belakang                : Suzuki Satria F150

Foot pag                               : Yoshimura

Knalpot                                  : Kwangen Exhaust Specialist

Head lamp                           : Suzuki Hayabusa

Spidometer                            : Koso digital rx 1

Monosok                                : Suzuki Satria F150

Modifikator                            : TAUCO CUSTOM , jl ; kebagusan raya no 99, jagakarsa,Jakarta selatan

Telp ; 0813 8020 1456 / 0856 83 80209

 

BAGIKAN