nhk

Modifikasi Suzuki Thunder 250, Klasik Sekali Tambah Manis..!

ManiakMotor – Lho kok, Thunder jadi CB! Tangki membubung bagian depan kan Honda bangat. Belum lagi,  tampilan penutup aki dan filter udara yang segitiga. “Tangkinya memang berbasis Honda CG. Acuannya juga ke motor-motor Honda tempo dulu,” kata Andi Akbar dari workshopnya  The Katros di Jakarta.

Tapi ini lebih manis dengan gaya klasiknya yang dibangun di era modern. Untuk jadi manis harus berpahit-pahit dahulu, bahkan sakit. Betapa tidak, beberapa bagian rangka Suzuki Thunder 250 keluaran 2000 dipapas. Terutama dudukan jok, agar motor lebih pendek dan terlihat simpel. Barulah didapat manisnya seperti tampilan sekarang. Manis kan… ya sama manisnya dengan gula.

Konsep awal katanya café racer, tapi tidak murni. Berubah jadi ‘warteg’ racer. Hehehe becanda. “Pemiliknya ingin asyik dengan motor ini dibawa-bawa harian. Maka lebih bagus disebut urban café racer,” ungkap Andi yang akrab disapa Ateng yang punya bengkel modif di Jl. RE. Martadinata, No 219, Ciputat itu.

Tangki Honda CG tidak mentah-mentah diambil lalu dipasang pada Thunder. Harus dimasak dulu dengan cara direbus atau digoreng. Itu becanda juga. Yang benar dirobek dan dilas ulang atau  dicustom. Tentu disesuaikan pada dudukan sasis Thunder. Belum lagi, dimensinya yang harus lebih besar dan dibikin sinkron dengan keseluruhan bentuk yang dimau.

Seting roda atau kaki-kaki sebetulnya lebih dulu sebelum sasis dan tangki kena sulap. Tapi ini kan menulis, bukan modif. Jadi ya baca saja sampai habis, nanti juga nyambung kok. Misalnya sokbreker depan yang kelihatan nyetrik, itu asli bro. Tetapi dengn dipoles ulang jadi paduan dengan bentuk keseluruhan. Apalagi dengan roda 18 inci yang menambah padatnya motor dan  terhindar dari kesan ceper. Kan ceper identik dengan custom chopper.

Kelir motor dibuat adem. Warna  macam ini identik dengan motor-motor klasik yang dikeluarkan Honda. Airbrushnya cukup sederhana. Agar motor tidak terlalu kelihatan mencolok. Begitu juga dengan detailing, bermain pada krum pada bagian mesin kanan dan kiri. DB

BACA JUGA

Modifikasi Suzuki Satria 120R; Rangka Hyosung Tampang Grasstrack, Buat Harian..!

Modifikasi Yamaha Scorpio; Modal Hanya Dari Kawat 8 mm, Mantap..!

Modifikasi Honda Karisma Drag Bike; Nekat Ikut Bebek TU 200 CC, Kruk-As Standar..!

Data Modifikasi

Ban depan                : Dunlop 4.25-18

Ban belakang           : Swallow 4.00-18

Pelek                          : Champ

Spidometer                : Protaper

Sepatbor                    : Custom

Setang                       : Custom

The Katros                 : 083897888333

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353