nhk

Modifikasi Yamaha TZR250, Retro Jepang Pak…

 

ManiakMotor – Rumah modifikasi  09 Racing asal Jepang mencegah Yamaha TZR250 jadi besi tua. Segera dibikin cafe-racer atau modifikasi motor tempo 60-an ketika  Giacomo Agostini merajai balap dunia. Kira-kira seperti era Valentino Rossi sekarang.

Para pengguna motor seperti ini melakukan balapan antar cafe. Macam balap liar. Ketemu cafe istirahat sebentar minum, merokok dan kebut-kebutan lagi, maka disebut cafe-racer. Di Indonesia warteg-racer.

Mesin 2-tak V-Twin TZR250 menjadi permainan artistik si pemodif, terutama lewat kenalpot. Pipa pelepas gas buang biasanya diurai kiri-kanan, ini ‘digulung-gulung’ mirip keong. Di sini disebut  kenalpot kolong, bro. Katanya sih itu temuan orang Tidar di Surabaya. Hahaha… nggak nyambung. Benar, awal-awal kenalpot kolong di RX-King diakui Tidar penemunya. Lalu diklaim orang Citra Raya temuannya juga. Wakakak, ngakak… Dasar PDG kenalpot… 

Tetapi, agar kenalpot kolong di TZR250 nendang,  sisi kanan roda harus kosong. Maksudnya, kenalpot bisa jelas tampilannya. Maka digunakan lengan ayun model tunggal atau mono arm. Yang ini menggunakan milik Honda RVF400R. Jelas lengan ayun tersebut buatan Jepang. Sulit builder Indonesia mengaku lengan ayun itu sebagai temuannya. Termasuk si Topo dari Tauco Custom yang ahli pelat galvanis di Indonesia. Becanda, Po…  

Aslinya motor ini memiliki fairing lengkap, dan disesuikan umumnya tampilan racer hanya ada tudung lampu. Lampunya juga bulat yang klasik.  Di bawah tangki memamerkan otot deltabox ala Yamaha yang terkenal penemu rangka kotak. Itu seperti itu yang diceritakan  MCN online, loh.

Yamaha TZR250 diproduksi antara 1986-1996. TZR adalah versi jalanannya yang berbeda dengan TZ250 yang digunakan di GP250. TZR250 lanjutan dari RD250 yang populer dengan mesin V-Twin dua langkahnya. 

MODIFIKASI LAIN:
Modif Kawak D-Tracker, Cuma Variasi
Yamaha Vixion, Chopper Jarang Di Darat
Modifikasi CB125, Maunya Muda Terus
Modofikasi Ninja 250, Pelek Hayabusa Limited
Modifikasi Honda Dream 305 1972, Nyali CR
Modifikasi Honda CBR250, Always Number One
Modifikasi Yamaha Virago, Image Street
Yamaha YZF-R15 Yang Mirip R6
BMW Tunda Penjualan Motor Matik C650 GT

BAGIKAN