nhk

Modifikasi Jupiter Z ‘Diusahakan’ Menjadi M1, Sampai Miring-Miring Otaknya

ManiakMotor – Membangun bebek Jupiter Z jadi Yamaha M1 motor MotoGP, seperti mimpi dan ‘membawa sinting’. Apalagi hasilnya seperti di foto ini, hanya telunjuk ditempel melintang di jidat alias otak miring yang bisa. Miring dan jenius kan tipis.

Bebek seperti Jupiter Z tau sendiri, tulangnya underbone. Kalau sport mungkin lebih gampang bodinya digiring jadi M1 yang memang sport. Namanya juga modifikasi, apa pun bisa, asal ada duit kejar tampang doang bisa.

Sokbreker depan misalnya, tetap teleskopik pendek ala bebek namun gemuk. Hanya orang sinting yang bisa memasangnya di komstir Jupiter Z, tanpa memermak segitiga dan komstir.  “Itu kan hanya tipuan. Sokbrekernya pakai kondom, agar jadi up-side down kekar, tanpa merusak sokbreker asli, komstir dan hanya mengakali segitiga. Sembarangan saja bilang sinting!” seru  Topo Goedel Atmodjo, builder dari Tauco Custom.

Wah, dia to. Maaf, maaf, sekali lagi maaf, bro Topo. Sokbteker depan pakai kondom tapi seperti suspensi limbah moge, karya dari modifikator di Depok, Jabar ini.

Lantas, diberi kaki-kaki kekar. “Pelek Yamaha Scorpio yang tapaknya 2,5 inci dengan ban Dunlop 120/70 /17. Mantap kan, Yamaha Jupiter M1,” susul Ade Daenk dari Makassar, Sulawesi Selatan. Gile, jauh amat datang ke Topo, makanya diajak gile bersama.

Sebenarnya urutan modifikasinya bukan begitu. Tapi ini kan tulisan, suka-suka penulis mau cerita dari buntut, samping, muka sampai gak ada yang diceritakan, bisa dibikin cerita. Itulah keahlian penulis.

Misalnya, bukan hal mudah menkonsep bebek jadi moge apalagi meniru pacuan Valentino Rossi dengan kelir zaman dulu. Kalau sekarang kan sudah Monster. Pemodifikasi harus memainkan otaknya sampai miring-miring agar jadi Jupiter M1.

Lengan ayun yang mirip M1 itu, faktanya dibuat sendiri alias custom by Topo. Mana muat pelek belakang 3,5 inci dan ban Dunlop 160/60-17 bila bertahan arm standar. Ya sudah, tidak perlu diceritakan proses bikinnya. Kalau tertarik hubungi saja si Topo yang bikin lengan ayun sinting-sintingan itu.

Bertahan dengan rangka standar alias masih berciri bebek, hanya otak yang telah bergeser alias miring yang mampu mewujudkan. Ide gila maksudnya, bro. Rangka hanya bagian jok yang kena papas. Selebihnya utuh. Kalau mau dijual, tinggal bongkar dan kembali ke tampang Jupiter Z.

Mau dipertegas jadi M1 agak susah juga tanpa tangki bahan bakar besar di belakang komstir. Yang pasti bodi dikontruksi yang hampir total dirancang dari pelat galvanis 0,8 mm. Pelat fairing dan tudung lampu disesuaikan dengan asli Jupiter Z yang dirangkai manis. Peran bodi mendongkrak Jupiter M1, tak perlu otak Topo sampai bengkok-bengkok. Kan dia ahlinya bodi galvanis. TGA

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353