nhk

Modifikasi Yamaha Mio Drag Bike 300 cc Yong: Best Time 6,9 Detik FFA, Mau Dijual..!

 

ManiakMotor – Sebut Yamaha Mio best time 6.9 detik sudah pasti ikut kelas neraka. Yakni Super Matic dan FFA. Macam Yamaha Mio milik JFK  Rextor SYS Yong yang  mampu menembus angka 6.9 detik, rata-ratanya 7 detik koma kecil. Dari nama timnya memang disegani di matik. Tapi ini motor mau dijual.

Apalagi bila sebut mekaniknya yang bernama Yong Mustopa yang memang ngetop di kelas apa saja, khususnya matik.  Nah sebelum dijual harus kenal dulu speksifikasinya. “Kapasitasnya 300 cc, pakai  piston LHK dan kruk-as Thailand,” jelas Yong yang menawarkan Mio ini Rp 55 juta dari bermarkas di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Speknya over stroke. Maksudnya lebih banyak langkah toraknya ketimbang diameter pistonnya.  Piston LHK itu  berdiameter 66 mm dan stroke 85 mm pak. Waw torsinya luar biasa galak tuh. “Memang rada liar. Tapi bisa diatur sesuai skill memainkan tenaganya dari start,” jelas Imam Ceper yang langganan menggebernya.

Total kapasitasnya 299 cc. Sebagian besar volume silinder itu diperoleh  dari rekayasa kruk-as untuk menggiring langkah torak sampai 85 mm. Itu sama saja lebih dari 33 mm dari stroke standar Mio.  Sedang piston lebih besar 13 mm dari aslinya. Kalau dihitung kasar tenaganya tiga kali dari standar.

Modifikasi kelas berat memang. Kalau bahannya bikin sendiri, akan butuh pertukangan yang ruwet. Tapi kan menjadi ‘mudah’ bila materialnya tersedia. Ya tersediannya dari Thiland sana, bro.

Terutama kruk-as dan setang piston yang lahirnya dari otak-atik drag bike di Thailand. Makanya mereka yang punya kruk-as dan setang seperti yang terpasang pada matik ini. Kruk as itu telah dijual secara after-market di sana.  Si Yong pun tinggal memasangnya.

Cara long stroke itu dipilih karena lebih aman, ketimbang over bore atau square. Bila diameter piston yang diutamakan untuk mengejar 300 cc, dijamin CVT akan duluan rontok. Kan diameter lebih besar akan memancing rpm yang sangat tinggi.  Kalau stroke, torsi yang naik  dan cepat mengumpan tenaga pada CVT. Onderdil lain juga aman dengan cara ini.

Janganlah heran, blok silinder saja diganjal  nyaris 40 mm. Luar biasa. Itu bukan sekadar pengganjal, semacam menyambung liner,  karena naiknya stroke yang aje gile. Porting-portingnya juga menganga. Ya dekat-dekat dengan penggunaan diameter klep masuk 34 mm dan buang 30 mm. “Karburatornya diameternya 33. Ini pun masih direamer,” tambah Yong.

Karena mau dijual tak perlu diulas semuanya deh, hehe. Ka ada data lain alias DATA MODIFIKASI di bawah tulisan sebagai referensi bila tertarik membelinya. Alamat Jl. Serdang Raya No 16/17 Kemayoran, Jakarta Pusat. Sekali lagi harganya Rp 55 jeti. Murah tuh. Rzk

BACA JUGA

Modifikasi Honda Beat 130 cc Matik/Matic Race: Mirip Korek Harian, Murah..!

Modifikasi Yamaha Touch Drag Bike: Silinder 125Z Di Sport TU 2T 140 cc, Chodox Butuh Power

Modifikasi Yamaha R15: Langganan Juara FUN Race Sentul 150 cc

Modifikasi Mio Bill Speed: Di Liaran Jagoan 54 Full Standar, Menang Terus 15 Partai!

Modifikasi Yamaha XS400 2015, Boxer Jadul Nggak Amburadul

 

DATA MODIFIKASI    
Motor: Yamaha mio  
Pembalap: Imam Ceper  
Mekanik: Yong Musthofa  
Team : JFK FAITO REXTOR SYS YONG 
Karbu: SP 33   
Rata-rata Main-Pilot jet: 42/140   
Kompresi: 16:1   
Sesher/piston: LHK Gorged 66mm  
Total langkah piston: 85 mm   
Kru-as: 5VV   
Diamter klep: Masuk 34 mm dan buang 30 mm
Roller: 14 gram (rata)  
Per CVT: Modif   
Kampas : Modif Yong  
Rumah Roller : 5 VV   
CDi : Cepco 5 my  
Koil : Yz    
Knalpot : Mr. Cha   
Magnet : 5 my   
Rasio: 18-38   
Lift Kem: In 11,8 dan out 11,5 
Shok depan: Standar modif  
Shok belakang: Gazi (limited edition) 
Ban : IRc eat my dust  
Alamat : Jl.Serdang Raya no. 16/17 Kemayoran, Jakarta pusat ,

BAGIKAN