nhk

Modifikasi Yamaha Mio ‘Ketan’ Selembaran Aly’S Jakarta, Nggak Ada Lawan, Katanya..!

ManiakMotor – Namanya juga peraturan liaran, walau ngakunya main di SERA di Sentul jarak 500 meter. Paking kepala silinder hanya selembar, tapi kapasitas boleh suka-suka seperti Yamaha Mio yang mengklaim sulit dilawan di SERA.

Mantap tampilannya

“Dimaksud selembaran standar adalah motor yang memiliki paking mesin satu lembar. Part pendukung lainnya macam karbu, knalpot dan CDi standar juga. Onderdil ini tidak diperbolehkan diganti dengan merk racing hanya boleh dimodifikasi,” jelas Tara pemilik Mio yang dikerjakan ALY’S Motor di Cipayung, Jakarta Timur.

Knalpot masih ada bawaan std

Baca baik-baik ya isi silindernya. Piston saja – merek pistonnya lihat di DATA MODIFIKASI – berdiameter 70 mm. Standar bawaan motor ini diameternya hanya 50  mm. Sekarang sudah lebih besar 20 mm.

Sama juga dengan stroke yang bukan penyakit, eh… langkah piston juga 70 mm. Pakai rumus cepat hitungnya kapasitasnya sekitar 260 cc. “Tapi kan karbu standar bersama CDi-nya. Paking juga selembar,” jelas Agus mekanik ALY’S Motor.

Untuk mencari lawan arti selembar ini juga harus sebanding, hehe. Maksudnya punya kapasitas yang sama. Pokoknya di SERA sudah saling ukur soal catatan waktu saja.

Sayang bahan stroke belum diceritakan, lantaran katanya masih akan berganti. Belum ada data seyang piston dan rekayasa kruk-as menjadi stroke-up. Yang pasti Mio ini sedang diincar dilawan, bukan mereka yang cari lawan loh.

Untuk segi kem juga luar durasinya in membuka sampai 270 derajat dan ex 271.5 drajat  “Durasi ini sesuai dengan kebutuhan trek 500 meter,” tambah Agus sembari menjelaskan kompresi nggak tinggi-tinggi amat lantaran untuk jarak 500 meter tadi.

Usut punya, Mio Ketan baru bermain dua kali di balap setengah kilo tersebut. Jokinya Aun Asmara yang memang disegani di SERA. Kabarnya ALY’S Motor juga disegangi di balap malam loh.

Data Modifikasi

Nama pembalap : Aun Asmara
Nama bengkel : ALY’S Motor
Pemilik : Tara Krisna
Merk motor : Yamaha Mio
Spek : Selembar Standar
Piston : LHK Forged 70 mm
Stroke : 70 mm
Klep : 30-34
Stang seher : Modif
Kompresi : 14.5:1
CDI : Standar
Koil : Standar
Puli : KTC
Roller : 7-8 gr (KTC)
Per CVT : KTC
Segitiga : SPS
Shok depan : standar modif
Shok belakang : Kawahara
Knalpot : Standar Modif / Bobok
Karbu : Standar modif
Velg depan/belakang : TK Racing
Frame : Custom
Mekanik : Agus
Alamat : cipayung
No hp : 0822-4230-2007