nhk

Modifikasi Yamaha R15: Langganan Juara FUN Race Sentul 150 cc

 

ManiakMotor – Pasang dan seting. Paketnya komponen mesin dari UMA Racing. Terutama pada  bagian kepala silinder yang jadi kuncian motor melejit. Bukan berarti toko berjalan. Ini semacam ujian terhadap onderdil jualan. Karena pemilik Yamaha R15 adalah distributor UMA Racing di Indonesia.

Itu R15 sulit dikalahkan setiap penampilannya di FUN Race Sentul Besar. Ini event hobi  yang sedang naik daun dan melebar ‘setengah’ kompetisi. Aturan event ini suka-suka, eh rada longgar. Itu  memungkinkan untuk pamer komponen. Speed shop dan yang punya merek boleh bereksperimen tanpa menghilangkan wujud asli motor.

Macam R15 ini, lampu belakang saja tak dicopot. Bahkan kunci kontak masih terpasang. Tapi jangan ditanya larinya? Buktinya diperhitungkan.   “Silinder, piston, ring sampai kepala silinder dan isinya adalah UMA Racing,” sebut Rio yang jadi menajer tim UMA Racing di FUN Race yang diangguki Koh Yoyong.

Koh Yoyong ini mekanik dari GDS yang kerja bareng dengan UMA Racing. Lanjut ke modifikasinya eh memasang komponennya. Silindernya asli cetakan UMA Racing. Itu dinding linernya berbahan keramik. Licin bro. Jangankan piston, oli saja terpeleset di situ. Hasilnya adalah gesekan yang minim membuat piston lencer turun naik pada dinding silinder.

Pistonnya tentu saja dari UMA. Kan UMA terkenal lewat pistonnya di Indonesia. Macam-macam jenis piston diproduksi. Yang digunakan di R15 ini piston yang ditempa (forged) yang diameternya 62 mm. Waw… sudah lebih dari 150 cc seseuai aturan dong? Begitulah FUN Race. Malah musuh ada yang lebih dari itu.

Karena silinder dan piston diproduksi satu pintu dengan kepala silinder. Kepala silinder ini disebut Super Head. Itu barang tinggal pasang, cocok satu sama lain. Dia sudah satu paket dengan kem  kompetisi yang dijual bebas oleh UMA Racing. Termasuk empat klepnya yang berdiameter 23 mm masuk dan buang 20 mm. Sekalian per klepnya pakai UMA.

Pokoknya mekaniknya tinggal atur-atur timing pengapian. Tentu juga setting karbu yang lagi-lagi produk UMA Racing. Karbu ini juga telah ngetop sebelumnya di balap motor Indonesia. “Saya sebagai mekanik tinggal menyesuaikan dengan suhu Sentul dan karakter permbalapnya. Sebab setiap komponen satu sama lainnya sudah saling menunjang,” tambah Koh Yoyong.  

Eh maaf. Aslinya motor ini injeksi tapi diubah jadi karbu. Alasannya belum dapat ECU yang sesuai. Lagi pula UMA sedang mempersiapkan ECU khusus buatan mereka. Makanya pakai karbu UMA diameter venturinya 30 mm.  Tahu sendiri karbu UMA yang sudah jauh lebih tenar ketimbang R15 ini di Indonesia.

Komponen karbu itulah yang disetting dan sesuaikan dengan pipa gas buang Pro-Liner. Knalpotnya sendiri memang sih khusus balap. Kelebihan knalpot ini punya tingkatan kerucut yang presisi. Kerucutnya macam desain terompet katena menggunakan mesin. Makanya time di Sentul Besar bisa 1 menit 55 detik, itu pun dengan pembalap yang nggak terlalu ngetop yang namanya Ramat Julianto. MM     

BACA JUGA

Modifikasi Jupiter MX: Jagoan Fun Race Sentul, FU Disikat, Onderdil Full UMA Racing

Modifikasi Mio Bill Speed: Di Liaran Jagoan 54 Full Standar, Menang Terus 15 Partai!

Modifikasi Yamaha XS400 2015, Boxer Jadul Nggak Amburadul

Modifikasi Honda CS1 Pekalongan: Corak Airbrush Bertahan 7 Tahun

Modifikasi Jupiter Z Drag Bike; Kruk As Vega 8.1 Detik Di Bebek 130 cc 4T TU

Modifikasi Mio Drag Bike: New Comer Matic 200 Di Jatim, Korek Akal Dewek!

 

DATA MODIFIKASI  
Rasio : UMA  
Kopling: UMA Racing
Koil: UMA Racing
CDI: UMA Digital
Gigi Kem: UMA 
Gas Spontan: UMA 
Sokbreker belakang: Racing Boy
Hand Grip: Racing Boy
Cakram depan: Racing Boy
Pijakan kaki: Racing Boy
Ban Depan: FDR 100/17
Ban Belakang: FDR 120/17

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353