nhk

Modifikasi Yamaha RX-King (Jakarta), Café Racer Penggemar Berat The Doctor, King of King

rx-king-the-doctor-ok
maniakmotor.com

ManiakMotor – Tidak peduli motornya apa, yang penting penggemar berat The Doctor. Basis Yamaha RX-King 2002 yang dibikin café racer (CR). Jadinya King of King, motornya raja jalanan di eranya dan yang jadi acuan adalah raja MotoGP, eh nama motornya juga raja alias King.

Adi Suryawan pemiliknya asal Jakarta, menganggap Valentino Rossi bak pahlawan buat dirinya. Sebab Rossi sama tiarap lewat aksinya menghibur jutaan orang di lintasan. Beda dengan Adi yang pura-pura balap, walaupun masing-masing menggunakan setang clipon. Pokoknya si Adi sudah macam Rossi bila sudah naik RX-King ini.

Yang terhibur dengan penampilan seperti ini, pemiliknya sendiri. Lha motor dan duit dewek, kok. Lain cerita buat pemodif, ongkos modifnya buat bengkelnya. “Ralisasinya pakai material dari lembaran pelat galvanis 1 mm. Semuanya dari depan sampai belakang,” bilang Ariawan Wijaya, modifikator dari Baru Motor Sport (BMS), di Kawasan Palmerah, Jakarta Barat.

Pelat sebagai bahan ubahnya lembaran papan tripleks. Butuh martil, gerinda, kawat, las, dan antek-anteknya membentuk bodi jadi CR. Untung saja RX-King pakai rangka double cradle yang pas dengan aliran CR. Tulang belulang ini turun temurun dari Yamaha XS650.

Makanya sub frame dan rangka utama di bawah tangki bahan bakar, aman. Sebab RX-King sudah mendukung dengan tangka yang rata. Sewaktu-waktu dikembalikan standar langsung jadi cruiser khas RX-King. Asal barang-barang aslinya belum ditarik gerobak loa’an“Ah, motor ini tetap seperti ini sepanjang Rossi ada di MotoGP,” janji Adirossifumi, ya begitu para penggemar The Doctor disebut.

 Model bodi CR beraawal dari kawat. Kawat-kawat tegang yang bisa dibentuk untuk jadi panduan pelat galvanis didesain. Kawat dirangkai dulu pada rangka hingga membentuk pola tangki, bodi dan buntut yang khas CR yang diinginkan.  Maaf brosist, reporter lupa bertanya ukuran kawatnya.Yang jelas beda dengan otot kawat dan tulang besi. Merangkai kawat ini menggunakan las listrik agar kuat sebagai pola.

Ya sudah, pelat tinggal dilipat-lipat mengikuti kawat. Caranya, pelat hanya mempan digebuk palu yang banyak macamnya. Ada bulat, lonjong, oval, kotak, tegantung kebutuhan. “Untuk bagian-bagian  garis pada tengah tangki, pelatnya digunting dengan bantuan kertas karton sebagai mal. Lalu kembali dilas asitilin di tempatnya,” tambah Ari yang juga memandu tukang-tukangnya bekerja.

Ceritanya sama dengan custom fairing depan dan swing arm. Tuntutannya dari roda-roda yang ukurannya bisa dilihat di DATA MODIFIKASI di bawah. Sedang corak Rossi lewat teknik cat spray gun dalam seni air brush. Motif kartun Rossi yang dua dimensi nyambung dengan cat dasar putih kombinasi biru. Hasilnya warna menyala ketika bendera Gli Azzuri berkibar.

Cerita RX-King Rossi tak akan habisnya kalau ceritanya nggak dihabisi. Perhatikan aksesorinya lumayan mewah.  Cakram depan-belakang, sokbreker dan sebagainya deh, mantap semua. Harmonis dengan cat dan krom pada aluminium dan metal.

Belum cerita knalpot kolong racing kalajengiking. Asal setingan karbu benar, pipa pelepas gas buang ngaruh pada  tenaga. Namanya juga 2-tak, kenalpot bagian dari turbelensi gas buang untuk memompa kompresi. Ditambah kepala silindernya model belimbing yang pernah digunakan special engine YZ125 di era 80-an. Pas untuk menarik roda yang gambot-gambot untuk ukuran RX-Kin. Ya, habis tulisannya deh.

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha New Vixion 2013 (Krawang), Kaki-Kaki Yamaha 250 cc..!

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 (Jakarta): Berotot Six-Pack

Modifikasi Kawasaki Z250 2013 (Jakarta); Pro-Arm Ducati 848..!

Modifikasi Yamaha Jupiter Z Jawara MP1 2013, Kompresi Liar..!i

Modifikasi Bajaj Pulsar 2008; ‘Dichop’ Antik…!

Data Modifikasi
Ban depan : Dunlop 120/70-17
Ban belakang : Battlax 150/60-17
Pelek : TK Racing 17×2.15 – 17×4.25
Teromol depan : Ninja RR
Swing Arm : Custom
Sok belakang : YSS
Master rem : KTC
Handle : KTC
Selang rem : Hell
Footstep : X-Race
Mesin : Kings Motor (KMS)
Air Brush : Tommy Air Brush
Membran : V-Force
BMS : Jl. Palmerah Barat No.25, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Telp : 021-92925551, 081915113717, pin bb 32555bb3, 2740f023

BAGIKAN