nhk

Modifikasi Yamaha RX-King Liaran: Julukannya Blue Dragon Spek Bebas, Knalpot TYB Pemburu Dollar!

 

ManiakMotor – Bukannya mendukung bali alias alias balap liar, tapi elmu mekanik ada di sana. Macam balap malam jarak 500 meter spek bebasan, ya bebas semua komponen dikorek-korek dengan jurus modifikasi. Kalau cerita 2T, pisau tunner bermain pada porting-portingnya. Bebas pula gonta-ganti komponen racing kelas berat. Tinggal tergantung mekanik untuk meramu pas dengan volumetric mesin, agar efisien.

Yamaha RX-King liaran yang berjuluk Blue Dragon Pemburu Dollar ini, telah korek bebas. Disebut pemburu dollar, karena menang mulu. Catnya juga biru tua yang ada gambar naga.

Langsung cerita pokoknya, kepala silinder pakai special engine YZ  versi lama. Model head-nya belimbing. “Dari dulu  kepala silinder ini diimpikan pengguna RX-King, entah itu dipakai racing benaran dan sekadar bikin gagah. Buat balap mudah membentuk power yang diinginkan,” kata Maclie, pemilik RX-King ini.

Headnya pun masih dikilik sejadinya atau sebebasnya. Tuh head dipapas 3 mm  yang kemudian kubahnya dibentuk parabola. Bebas kan. “Juga squish diatur kembali agar bernafas panjang sesuai jarak 500 meter,” timpal Dwi Ancol, mekanik RX-King dari bengkel Misterius Ancol yang beralamat di Jl. Budi Mulia, No.22, RT15/RW12, Pademangan Barat, Jakarta Utara.

Soal angka squish silakan lihat DATA MODIFIKASI. Yang jelas derajat kemiringan squish tepat untuk dikebut jarak jauh. Dia mampu mengantar uap udara dan bahan bakar ke titik nyala busi. Head juga tak mudah melewati panas ideal karena siirip silinder model belimbing mudah melepas panasnya.

Sayang, Dwi rada keberatan mengumbar model porting-portingnya. Katanya itu rahasia bengkel termasuk angka lubang transfer dan bilas. Tetap pantat silinder dan piston katanya sudah tirus semua untuk mempercepat dan melincinkan arus masuk. Pada wilayah kompresi primer di ruang kruk-as ketepatannya dikendalikan membran canggih V-Force yang juga tipenya ada di DATA MODIF.

Dwi hanya bercerita akal-akalan zaman dulu soal karbu di bali. Bahan karbunya dari RX-Z. Tapi botol skepnya diperbesar di tukang bubut yang otomatis diameter venturi ikut membesar. Maklum mesin sudah modif bebas, harus dilayani lewat karbu yang deras juga.

Hebatnya untuk mengimbangi pemasukan, knalpot dari jauh macam standar. Tapi sodara-sodara jangan tertipu. Itu knalpot yang sudah dirancang ulang konstruksi dan volumenya. Ini knalpot rancangan TYB K-Ijo. Malah untuk menyetel knalpot ini, pasukan TYB meluncur ke Jakarta dari Jawa Timur. Tahu kan TYB K-Ijo? Itu loh yang tahun lalu berjuluk Kolor Ijo di drag bike. Tim disegani di trek lurus resmi.

Bertarung 500 meter sudah tak mungkin dengan mesin seperti cerita di atas masih menggunakan rasio standar. Perbandingan setiap gigi telah disesuaikan dan ini hitungannya; gigi 1 (13-33), gigi 2 (16-29), gigi 3 (19-25), gigi 4 (22-24) dan gigi 5 (23-23). Sedangkan final gir adalah 17-30, waw berat bangat. Rzk

BACA JUGA

Tips Motor: Atur-atur Power RX-King Lewat Squish Area!

Blok Silinder Set Yamaha RX-King; Produk TK-Racing 150 cc, Cocok Liaran

Modifikasi RX-King (Jakarta): Liaran Knalpot-Kenalpot Standaran, Sulit Dapat Lawan..!

Bikin Membran Standar RX-King Jadi Racing

 

DATA MODIFIKASI

Joki liaran: Ginda

Spek: Bebasan

Pemilik: Maclie

Karbu: RX-Z Modif

Pilot /menjet: 160/55

Squish Kepala Silinder : 14o

Lebar squish: 8 mm

Bentuk Kubah: Parabola

Volume Kubah: 13,9 cc

Durasi lubang buang: 210o

Membrane : V-Force3

Piston: standar over size 200

Stroke: standar

Koil: YZ 125

Busi: NGK iridium

Bahan bakar:bensol

Oli samping: Castrol

Knalpot: TYB custom

No telpon: 081280403834 (Dwi Ancol) mekanik

BAGIKAN