nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio 2008, Sasis Dan Bodi Aprilia


ManiakMotor – Modifikasi gede-gedean bro, tekniknya tinggi karena mengubahnya  banyak. Menggabungkan sasis Eropa dan mesin Scorpio. Tematisnya supermoto, jelas membutuhkan sasis dan kaki-kaki yang kuat. 

Maklum, setelah dimodifikasi, pemilik biasanya gatal ingin coba  loncat seperti supermoto. Dia ingin uji kelenturan sasis di jalanan aspal dan tanah. Terus doski coba hantam polisi yang sedang  tidur pulas. Itu polisi walau dilindas-lindas tidak akan melawan, bro. Cuma lama-lama motor sampeyan dan sampeyen sendiri yang kedodoran. Gundukan aspal dilawan…

Soal sasis dan kaki bukan urusan portal ini. Tapi itu urusan Lerry Rahmat Rizki, modifikator dari Caos Custom Bike (CCS). Yang jelas sih beli, dan seribu persen bukan dari hasil korupsi. “Korupsi dosanya besar bro, takut. Sasisnya pakai Aprilia SXV 750,” bilang Lerry dari kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Bro, masih ada itu patung Pancoran??? Lha, malah urusan patung.

Wuisss, sasis SXV memang keren, gabungan rangka kotak almu dan pipa model tubular. Sasis khusus supermoto. Masalahnya terletak pada pemasangan mesin Scorpio. Dimensi mesin Scorpio secara keseluruhan lebih besar dari ruang msin pada rangka SXV. Koq bisa yah, kan Scorpio hanya 225 cc? Nah, itu dia…

Maksudnya, itu dia justru yang ribet. Tapi uruasn ribet-ribet itu pekerjaan modifikasi. Kalau tidak mau ribet, yang jangan mau jadi builder.

Langsung itu sasis SXV digorok, tapi bukan pakai golok. Pakai gerinda dan las bikin dudukan mesin. Mesinnya harus pas, karena berurusan dengan rantai untuk menggerakkan roda belakang.

Eits, masih ribet, tapi silakan baca terus, sampai ribetnya kelar, bukan begitu bro? Dudukan mesin Scorpio harus pakai dua bahan. Pakai besi biasa yang berhubungan dengan tubular dan ini dilas ditempat Haji Umar, di samping bengke CCS. Tapi untuk braket yang satu lagi, jelas pakai bahan alumunium. Dia menyatu dengan rangka kotak SXV. Yang ini dilas ditempat khusus alumunium juga. 

Setelah selesai dengan tukang las, pemasangannya cukup mudah dan tidak ribet lagi. Sesuaikan saja dengan engine mounting yang tersedia pada mesin Scorpio. Braket mesin ini berjumlah empat.

Selesai dengan urusan sasis, selesai pula urusan yang bikin ribet itu. Kalau cuma lengan ayun dan suspensinya yang juga punya Aprilia SXV, eces bro. Itu barang sudah menempel di sasis, penulis juga bisa memasangnya. Ya, memang nggak ada yang dipasang, koq. Adib

MODIFIKASI LAINNYA:

Modifikasi Honda Tiger, Tiga Bahan Sekaligus

Modifikasi Suzuki GSX400 (Jakarta): Cafe Racer Mewah, Bro..!

Modifikasi New Ninja 250, Hanya Main Tampilan

Modifikasi Yamaha Mio, Jagoan Drag Bike 300 cc, Tomo Speed..!

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 (Jakarta), Modif-nya Sedikit..?

Modifikasi Kawasaki New Ninja 250 (Jakarta), Adiknya ZX-1000R WSBK


 Data Modifikasi

Ban depan                   : Metzeler 120-17

Ban belakang              : Metzeler 160-17

Pelek                           : Excel takasago 3.50 dan 4.50

Bodi set                       : Aprilia SXV

Cakram set                  : Kawasaki D-Tracker 250

Handel kopling            : Pivot Zeta

Lampu sein                 : DRC

Knalpot                       : Leo Vince

Gas spontan                : Domino

Rantai                         : RK 520 H

Setang                        : Renthal Fatbar Twinhall

Sepatbor belakang       : Custom by CCB

Saklar                         : KTM

Cat                             : CCB

Tubeless                      : CCB

Caos Custom Bike   : Jl. Pancoran Barat No. 6C, Jakarta Selatan.021-70089400 / 08170089400

BAGIKAN