nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio 2013 (Jakarta); Modalnya Hanya Dari Kawat 8 mm

 

ManiakMotor – Segitiga ruang di bawah jok memang kosong. Itu konsep memamerkan ilmu potong memotong sasis (chop) dan merangkainya. Ukuran diameter pipa macam-macam macam, kebanyakan macam tuh, lajimnya sasis. Digabung sesuai dimensi dan kapasitas mesin 225 cc Yamaha Scorpio 2004 yang modifikasinya 2013, hehe. Pipa ini dikombinasikan dengan onderdil luar yang hand made. Lhat fotonya saja terasa di surga modifikasi, apalagi pemilik dan pemodifnya. Mantap, mantep…

DARI RODA

Boleh disebut chopper style yang terkenal dari Amerika. Tapi beda, ini bukan sekadar chop yang artinya potong tadi. Ini custom sejadi-jadinya, khususnya sekujur rangka sampai swing arm, serta setang dari pipa. Sedang pelat dibuat untuk tangki, sepatbor dan kenalpot. Macam bikin motor dan hanya memanfaatkan mesin Scorpio.

Pemodif bisa disebut builder, pemodifikasi, bukan pemasang aksesori. Memang sih, untuk referensi  ia pantau dari  google. “Tapi lain dimensinya, konsepnya dari motor yang lebih besar. Mesinnya dua silinder, tidak tahu deh motor apaan. Model pipanya konsisten bulat,” kata Wardoyo dari Gandul 2Wheels Custom (G2C), di Gandul, Jakarta Selatan.

Pekerjaan apa pun, selalu sulit mengawalinya. Macam menulis pengantar, harus bisa menggoda pembaca. Di dunia pertukangan modifikasi harus menentukan panjang, tinggi, ground clearance, sampai sudut rake. Setara insinyur Yamaha mendesain motor skala pabrik. Tapi, saat dinaiki mungkin beda, hehehe. Modifikasi seperti Scorpio ini lebih utama rasa di mata, maksudnya endah dilihat. Yuk melotot… jangan berkedip ya.

Tekniknya sederhana kalau diketik, cukup memulai dari lingkar roda yang depan 19 inci dan belakang 16 inci. Tentu itu sudah lengkap dengan paket jari-jari dan teromol. Berlanjut membentuk pola sasis yang tekniknya bukan digital, masih manual dengan kawat 8 mm sebagai mal. Kawat inilah yang dibentuk sebagai sasis dasar untuk menuntun at pemotongan, rol, dan pengelasan pipa sasis. Jika situ berada di bengkelnya G2C pasti dengar macam-macam bunyi tak beraturan.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

PIPA 10 METER

Di Amerika sana,  nggak ada istilah model motor chopper. Chopper itu adalah, tukang potong. Di sana  nama pemodifnya yang jadi gelar. Kalau Scorpio ini pemiliknya orang Amrik, akan disebut Wardoyo Style. “Ah bisa saja kamu. Kawat itu dibentuk sama rapi dengan rangka yang jadi ini,” tambah Wardoyo yang tidak pakai bahasa Amrik ngobrol-nbrol dengan reporter, tapi bahasa Indonesia aksen Sragen di Jawa Tengah. Piye to…

Butuh pipa seamless yang panjangnya sepanjang jalan kenangan, eh salah, 10 meter. Diameter pipanya kombinasi 1,5 inci untuk rangka back bone sampai tengah dan sisanya 1,2 inci untuk yang lain-lain. Iyalah bro, kalau disebut satu-satu nggak selesai nih tulisan.

Intinya dengan kawat tadi, rangkaian pipa aman dan terkendali. Ini motor tidak ‘lali’, eh lari anjing tanda rangkanya tidak simetris. Pipa ditekuk dengan Hydraulic Pipe Bender,  alat khusus menekuk pipa.

Lain cerita komstir, harus minta bantuan tukang bubut. Tetap pakai pipa yang dicari sendiri, yang dimensi dan lebarnya sesuai bearing komstir asli. Pipa dipotong mengikuit panjang as komstir Scorpio. Baru dibubut  dan dicocokan dengan rumah komstir aslinya.

Menjaga harmonisasi antarbagian yang bulat-bulat, tangki jadi model peanut, artinya kacang. Itu nyambung dengan kondom as sokbreker Yamaha Byson yang seolah up-side down.  Selain kondom ini, tangki, sepatbor, kenalpot dan penutup mesin kiri kanan, itu  handmade dari pelat galvanis 0,7 mm. Mulus dengan rebusan beras, eh cat air brash dan krum yang mengilap.

Coba deh footstep  diganti yang lebih cocok, bukan  karet grip. Ya sudah itu saja, daaaa. Adib.

BACA JUGA

Modifikasi Kawasaki Ninja 150 Drag Bike; Pengapian SE, 7.095 Detik Sport 2-Tak TU 155

Modifikasi Honda Verza 2013, Versi Trail Militer Dari AHM

Modifikasi Honda Tiger Revo 2012 (Jakarta); Street Fighter

Modifikasi Yamaha New Vixion 2013; Hiii Brooo, Pakai Fairing Ongkos Rp 3 Jeti..!

Modifikasi Suzuki Satria F150 2012; Ganti Kelamin, Lebih Super Street Fighter

 

Data Modifikasi            
Ban depan   : Avon Speedmaster 3.50-19    
Ban belakang   : Shinko MT 90/80-16    
Pelek     : 2.5×19 – 3.5×16      
Sok depan   : Yamaha Byson      
Sok belakang   : DBS Aftermarket      
Chasis     : G2C        
Knalpot     : G2C        
Setang     : G2C        
Lampu depan   : Aftermarket      
Lampu sein   : Aftermarket      
Jok     : Custom        
Tangki     : G2C        
Raiser     : Aftermarket      
G2C     : Jl. Gandul Krukut Ambara, Cinere, Depok
        081294972551, 021-46427753, pin bb 304e7545
               

BAGIKAN