nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio 2014; Café Racer Yang Memang Cafe

 

ManiakMotor – Tahun motornya sih 2005, tapi selesai modifikasi jadi cafe racer 2014. Fakta Scorpio memang jadi bahan yang oke, termasuk dipermak jadi klasik. Berhubung dibuat era modern, cafe racernya jelas berbeda dengan era-era motor yang zaman itu dipakai dari cafe ke cafe sambil kebut-kebutan, ya dari pabriknya sudah cafe racer. Kalau yang ini sulapan.

Karenanya, Yamaha Scorpio biasa-biasa saja, setelah dimodifikasi oleh BMS (Baru Motor Sport), jadinya luar biasa. Ya iyalah. Apalagi BMS, rumah modifikasi jagoan meracik ulang rangka sesuai sasaran konsep. Sekarang maunya pemilik dibuat cafe racer dengan roda-roda gambot.

Lihat saja motornya, tiada ampun. Bodi asli pastilah disimpan semua. Namun rangka  dipenggal-penggal. Lalu rangkanya dirangkai ulang dengan pipa seamless ¾ inci, tentu saja dengan pengelasan tingkat tinggi. Memang hanya mengelas, tapi bila tak mahir, las-lasannya nggak bakal mengalir alias teratur dan rapi.

Pipa ini menjadi rangka yang bulat-bulat menonjol atau kelihatan dengan sistematis. Maklum, rangka tersebut berubah peran jadi bagian penampilan, lantaran bodinya minimalis. Kan cuma ada tangki dan spakbor. Asal tahu saja, rangka yang tersisa hanya dudukan mesin.

Bila Yamaha Scorpio limited edition yang baru lalu diluncurkan Yamaha Indonesia serba gelap bagian bawahnya, ini gelap semua. Bukan berarti auh ah gelap, tapi tertata dari rangka, mesin sampai peleknya yang hitam. Sehingga  beberapa bagian yang konclong-kiclong seperti knalpot, per sokbreker dan as sokbreker jadinya menonjol di antara yang hitam. Termasuk cat tangki putih-biru.

Sebelum dicat tentu saja ada proses yang ruwet bagi yang tidak biasa. Yang sudah biasa seperti BMS, ya eceslah. Mereka sudah punya konsep kok.

Misalnya, As sokbreker Byson yang dipotong  4cm. Tujuannya, posisi depan mendukung konsep café racernya, jadi tiarap dengan setang clip on,” ucap Wanto, mekanik dari BMS yang markasnya di Jl. Palmerah Barat, No 25, Jakarta Barat.

Supaya suspensi depan besar dan kekar ada akal-akalan di sana. Apalagi terjadi penyesuaikan dengan ban ‘raksasa’. Segitiga pemegang as sokbreker ini diganti lebih tebal atau 30 mm. Juga lebih lebar 20 mm ke kiri dan ke kanan.

Sama juga dengan lengan ayun. Arm menggunakan pipa seameless gabungan diameter ¾ inci dan 1 inci. Prosesnya dipotong juga lalu dilas dengan las listrik. Agar tak banyak perubahan, as dan bos arm masih asli Scorpio. Lengan ayun ini, ayunannya diredam dua sokbreker atau sokbreker stereo. Ghalib

BACA JUGA

Modifikasi Ninja 250cc 2014; Tubuh Besar Kaki Kecil, Aneh Kan…!

Modifikasi Yamaha 125Z Drag Bike; Power Naik 1,8 HP, 7,2 Detik Bebek 125 cc TU 2T

Modifikasi Kawasaki KLX 150 Grasstrack (Bangka Belitung); Jagoan Garuk Tanah FFA

Modifikasi Honda PCX 2014, Woow Serba Besar Cooyy

 

DATA MODIFIKASI

Motor ; Yamaha Scorpio 2005

Pemilik : Agung Binus

Tangki : Custom                                                                       

Rangka Belakang : Custom

Jok : Custom

Arm : Cutom

Stang : Custom

Shock Depan : Yamaha Byson

Shock Belakang : Custom Variasi

Segitiga : Custom

Pelek Depan : 3.5×16 custom

Pele Belakang : 4.5×16 custom

Ban depan : Shinko 500-16

Ban Belakang : Shinko 500-16

Modifikator : BMS (Baru Motor Sport) 

Alamat : Jl. Palmerah Barat, No 25, Jakarta Barat. (0819-1511-3717)

 

BAGIKAN