nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio 2014, Supermoto Ala Jepang ‘Buatan’ Indonesia

 

ManiakMotor – Konsepnya menuangkan gaya campuran supermoto dan Japstyle. Menggunakan kaki-kaki  asli special engine (SE) yang empuk pada semua karakter jalanan rusak. Karena sudah supermoto, ya pakai ban aspal berukuran lebar-lebar yang tetap ngegrip walau pun motornya menikung tajam.

Sedang Japstyle lahir dari bentuk tangki, side cover dan spakboar yang simpel, unik dan menarik ala modif Jepang sono. Ya, seperti Yamaha Scorpio 2009 dimodifikasi untuk dipajang dan dipakai pada 2014. Wajar-wajar saja kan disebut modifikasi Scorpio 2014. Terserah juga disebut supermoto Jepang buatan Indonesia, hehe.

Dari foto, konsep dan tujuan modifikasi, rangka asli Scorpio sudah hasil kawin silang dengan Yamaha SE YZF250. Rangka Scorpio yang saya gunakan tinggal komstir dan down tube agar tetap legal street,” tegas Lery, owner Caos Custom yang markasnya di Pancoran Barat 8, Jakarta Sekatan, markas rumah modifikasinya.

Karya-karya Lery  terkenal di komunitasnya yang layak jalan. Maksudnya, modifikasi bukan sekadar tampang, tapi seni konstruksi yang fungsional. Makanya ia tetap menggunakan down tube.

Tau kan down tube? Itu rangka yang membopong mesin tempat terteranya nomor rangka. Nomor rangka adalah indentis asli si motor yang terdaftar di negara atau sama dengan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).

Dow tube juga difungsikan, karena tetap menggunakan mesin Scorpio. Namanya juga Modifikasi Scorpio, coy and boy. Pula perhatikan, walau modifikasi berat, tetap menggunakan semua lampu, lantaran dipakai untuk supermoto benaran. Bahkan sesekali menjelajah dari Jakarta ke Sumatera. Artinya, modifikasi lebih mengutamakan hasil nyata.

Potong dan sambung rangka-rangkanya termasuk rapi. Buktinya, Lery berani menggunakan bodi yang minimalis untuk memperlihatkan karya rangkanya. “Yang harus rapi dan kuat pada konstruksi komstir, lantaran sebagai tumpuan kaki depan. Sedang belakang pada pengelasan merangkai dudukan lengan ayun YZF, termasuk desain dudukan monosok,” jelas Lery yang tetap mempertahankan rake standar Scorpio yang dianggap agresif..

Pembuatan tangki pun masih mempertahankan ilmu ketok-ketok, masih menggunakan plat yang pastinya galvanish 0,8 mm dan disambung menggunakan las Argon. Padahal jika dilihat dari tingkat kerumitan, las argon terbilang cukup rumit. Tapi hasilnya memang lebih bagus dan kuat,” tambah Lery. Ghalib

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha Scorpio 2014; Gaya Tamburini dari Italia

Modifikasi Kawasaki Ninja 250; Sport Elegan Gaya Tasik!

Modifikasi Honda Tiger 2000, Street Fighter Eropa Dari Ciamis

Modifikasi Honda Karisma 125 Drag Bike; Kombinasi Kem-Rasio 8,097 Detik, Bebek 4-Tak 130 cc Tune-Up!

Modifikasi Yamaha Vega dan Honda Vario; Jurusnya Sama Street Racing

 

DATA MODIFIKASI

Engine

Yamaha Scorpio

Upside Down

Yamaha YZF 250

Swing Arm

Yamaha YZF 250

Tromol

Edge dock

Velg depan

TK ukuran 3.50 – 17

Velg Belakang

TK ukuran 4.25 – 17

Ban Depan

Avon Distanzia 120/70-17

Ban Belakang

Avon Distanzia 150/60-17

Kaliper Belakang

Yamaha Jupiter MX

Cakram Set

PSM

Body Set

Custom Plat Galvanis

Slang Rem

Hell

Sein

DRC

Stop Lamp

TK

Gas Spontan

Domino

Knalpot

R9

Rantai

Regina

Lampu Depan

Replika Harley Davidson

Shock belakang

YZF 250

Kaliper dan master rem depan

YZF 250

Sasis

YZF 250

Handgrip

DRC

Gear Belakang

Custom

Spatbor Depan

Custom Plat Galvanis

Stang

Protapper

Kain Jok

MB Tech

CAT

Shock Orange by Caos Custom

Karburator

Keihin PE 28

Tubless

BY Caos Custombike

Saklar

Roz

Alamat Caos Custom : Jl. Pancoran Barat 8 No 8C, Jakarta Selatan, 12780 No Telp : 08170089400 – 021-70089400

BAGIKAN