nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio 2015: Konsep Board Tracker, Pakai Rangka Offroad

 

Maniak Motor – Konsep board tracker keren untuk petualangan, termasuk untuk berburu. Cerita berburu zaman sekarang adalah menembak. Macam hobi  Yudi Abel pemilik Yamaha Scorpio yang dipermak seperti foto untuk mendukung hobinya. Klasik tapi menarik.

Yang memodif bukan Yudi, dia cukup pegang dana saja. Lalu dananya dikasih pada rumah modifikasi Tauco Custom pimpinan Topo Gadhoel. Alamatnya Kebagusan Raya No.99 Jagakarsa, Jakarta Selatan. “Modalnya hanya mesin Scorpio. Rangkanya bikin sendiri. Itu baru namanya modifikasi,” kata Topo yang mulai lagi tepuk-tepuk dadanya.

Rangka memang full custom lho!! Seperti biasa pakai pipa seamless antara 1 inci sampai 1.5 inci. Kelebihan pipa seamless sudah pasti opsional tulang motor saat aslinya dibuang. Pipa yang kerap dipakai untuk rangka roll bar mobil balap ini, lebih fleksibel. Dipakai buat model seperti board tracker yang nggak ada sokbreker teleskopik depan, diharapkan pipa rangkanya boleh meredamnya. Wah… hanya joknya yang ada pernya tuh.

Eiit jangan salah. Ayunan depan menggunkan teknik springer per daun, tentu copotan dari mobil. Belakang ada sokbreker monosok loh. Dijamin motor bertampang perang dunia kedua itu, bisa masuk hutan memburu celeng. “Ah saya senang modelnya saja. Nanti hanya pajangan kok sembari dihiasi senapang di sisi kiri-kannya,” kata Yudi.

Kendati pakai perdam kejut gaya lama, jangan khawatir rangkanya patah. Pipa seamless terkenal alot, nggak ada sambungan pula. Yang penting system pengelasannya pakai mic. Las ini bisa mengelem besi dengan cara titik. Satu titik satu ton kekuatannya. Orang awam menyebutnya las argon atau las dingin yang tak membuat pipa kepanasan lalu melintir.

“Sasis sendiri kontruksinya dua pipa dari komstir bawah ke mesin. Istilah tekniknya rangka double crade yang dipakai motorp-motor tua. Mirip old school dengan rangka utama melengkung,” cerita Topo dengan ciri khasnya tak mati gaya.

Bikin motor dengan konsep board tracker geeenee proses finishing 5 bulan. Kalau itu mah tergantung pemodif dan dananya. Kalau dana ada dan pemodif bekerja serius sih, nggak sampe selama itu kaleee. Katanya yang bikin lama soal proposional rangka harmonisasinya. Sebab rangka bagian dari penampilan.

Down tube dan armnya custom bahan matrial pipa seamless ¾ inci. Knalpot custom stainless steel.  Bodinya pelat galvanis 0,7 mm yang jadi ciri si Topo bikin bodi sejak dia belajar modifikasi di maniakmotor.com, hehe. Cat Blinken dengan lapisan pernis Siken. Soal warna dan sebagainya lihat saja fotonya, sampeyan nggak buta warna kan. Warna ini dipilih untuk kesan klasik. Lampu depan pun oplosan dan belakang Honda CB Series.

Hmm… yang bikin unik  dihiasi tas marchendise asli jogja, jok juga double sheet, tapi pake jok costum macem buat sepeda jadul. Hampir inget motor ini karya terbaru dari Tauco Costum loh, dan menjadi tumbal momentum ultah TCMC tepat di tanggal 1 Agustus 2015 di usia 21 tahun, wah cukup tua juga ya? GD

BACA JUGA

DATA MODIFIKASI

Pemilik: Yudi Abel

Motor: Yamaha Scorpio 225 cc

Konsep: Board Tracker

Gear-Rante : Custom merk Fardel

Karburator: RX-King 26 mm

Velg depan dan belakang: Spring Ring 18

Ban Depan dan belakang : Swallow Ring 18

Sokbreker belakang: Monoshock Jupiter MX

Sokbreker depan: Custom

Setang: Custom

Bodi full set: Tauco Custom Motorcycle

Knalpot: Tauco Custom Motorcycle

Lampu depan: Tauco Custom Motorcycle

Lampu belakang: Honda CB Series

Spedometer: Variasi

Builder: Tauco Custom Motorcycle

Jl Kebagusan raya no 99 Jagakarsa Jakarta Selatan

Telp  0812 8853 4865

BAGIKAN