nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio, 6 Kg Serat Kaca

 

ManiakMotor – Yamaha Scorpio ini butuh 1 kg serat kaca, 5 kg resin, dan 3 kg gelkut. Jadilah bodi berkonsep street figfhter. Serat gelas sebanyak itu menutupi fork, tangki, instrumen, buritan, rangka sampai kenalpot. Desain bodi  mengikuti imajinasi, tanpa pola cetakan yang jadi. Ya, dibagun dari nol dengan ilmu tanpa bayangan.

Sekilas seperti modif 17-san. Tetapi setelah diperhatikan, kaki-kaki dan rangka  ikut direhabilitasi. Sementara, modif 17-an lebih pada pasang ini dan itu, tanpa berpikir estetika yang masuk logika modifikasi. “Basis motornya bukan dari internet, tapi dari kreasi sendiri yang dituangkan pada kertas,” kata HJM alias Harjito pada basis motor Yamaha Kalajengking 2004 dari Banjarnegara, Jawa Tengah itu.

Hu’um… masak dituang ke gelas? Kalau itu sih anggur yang jenggotan, bos. Aliran begini, bukan aliran sesat. Seperti dibilang tadi, streetfighter. Proses otak-atik bodinya  selalu diakhiri meruncing yang tetap terinspirasi dari moge. Tetapi pola rancangan disesuaikan dengan dimensi alias ukuran Scropio. Jika tidak, ya bakal kedodoran dan belepotan ke mana-mana.

Aneh saja motor petarung tapi bodi tidak sixpack. Tau kan sixpack? Itu istilah olahraga yang perutnya berotot dan bertingkat kotak enam. Itu didapat dari mal atau pola kertas karton ukuran 40. Harga kartonnya ini Rp 3 ribu per lembar. Habis 10 lembar.

Harjito adalah pemilik Scorpio 2004  dan sekaligus pemodifikasinya ini, membuat pondasi bodi dari gelkut. Aduh, ini apa lagi? Semacam campuran tepung dan jangan bayangkan seperti terigu pisang goreng. “Campuran ini  dioleskan ke kertas karton tadi dan jadi bentuk dasar bodi. Di sinilah resin akan ditempel,” rinci modifikator jebolan Madrasah Aliyah, tapi berpenampilan metal seperti jurus-jurus modifikasinya. Mantap, bro.

Butuh dua bulan hanya untuk pengerjaan bodi. Itu tidak termasuk pengerjaan kaki-kaki. Lalu, ya finishing seperti corak yang ada di foto ini. Tidak perlu diceritakan. Ardel

MODIFIKASI LAIN:

Modofikasi Kawasaki Ninja 250, Pelek Hayabusa Limited

Modifikasi Honda CBR250, Always Number One

Modifikasi Honda Blade, Disegani Di Indo Prix

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 RR, Kocok Perut From Denny Cagur

Modifikasi Yamaha Vixion, Beda Buntut Dan Muka

Data Modifikasi :

Ban depan                            : Swallow, 160-60-17

Ban belakang                      : Swallow, 90-90-17

Pele depan-belakang        : Power, 4,5 inchi

Knalpot                                 : Handmade

Setang                                  : Handmade

Piringan                                : PSM

Kaliper/Master                    : Brembo

Bengkel                                : Moto Custom

HP                                          : 085291237614 

 

BAGIKAN