nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio (Deus), Termahal Di Dunia, Rp 120 Jeti

ManiakMotor – Tampilan motor ini café racer (CR), nggak dibilang juga sudah klihatan difoto. Modifikasi umumnya retro. Las-lasan pada sasis yang dipermak model segitiga di bawah jok  agar jadi CF, juga tidak ada istimewanya, itu tampak kasat mata, lho. Penggabungan antara kaki-kaki dan tampilan keseluruhan juga datar. Tetapi, harga motor Yamaha Scorpion yang telah modifikasi ini Rp 120 jeti.

Waaaaaaw… bukan wow, coba saja sendiri dengan mulut mengucap waw dan wow, beda kan? Sampai jari mengetik modifikasi Yamaha Scorpio ini mau berhenti. Kaget sama harganya brosist… Bisa jadi karena tingkatan dewa modifikasi yang merekonstruksinya. Namanya Deus Ex Machina (DEM). DEM rumah modifikasi ngetop  di Amrik dan Oztrali, lalu merambah Indonesia lewat Bali dan sekarang di Kemang, Jakarta Selatan.

Namanya juga Zeus. Itu kan dewa langit dan petir. Yang ini Deus, hampir sama bunyi. Tetapi kalau para pemodifikator Indonesia melihatnya, mungkin hanya tertawa dalam hati. Bahwa mereka juga bisa bikin lebih waw dari itu. Memag ada beberapa detil, sudah merupakan tingkat dewa. Misalnya tangki bahan bakar dan klem-klem bikinan yang lebih rapi.   

Buildernya jelas bule. Mereka sebut Scorpio ini SSX. Yang ini dipajang  di toko DEM. Maniakmotor.com tidak bertemu dengan bule itu, hanya pegawai toko yang tugasnya mejaga. “Gak tau ya bro, keluaran tahun berapa Scorpio ini. Bos lagi di Bali,” kata pegawai itu. Ya yaa, sip bro. Bersua dengan dewa memang butuh telepati, rada susah.

Scorpio ini diperintahkan menjadi CR. Maksudnya perintah Deus pada tukangnya yang digaji, ya, orang kita juga, untuk menggerinda sasis dan bodi. Bukan Deus memerintah gerinda langsung bekerja sendiri, kalau begitu sih dewa benaran. Sasis tengah Scorpio dibentuk V ala CF. Sasis itu dipotong, sebelum dicustom jadi  baru. Sebelumnya sasis belakang V, sejajar batang V depan. Tujuannya, sasis tengah dudukan jok, sejajar sampai drop seat. Hasilnya bentuk gagang telepon zaman dulu. Ya, perhatikan model CF, itu telepon rumah.

Nah ini juga rapi yang jadi ciri CR, sasis bagian atas yang lurus, sejajar rapinya tangki. Selanjutnya, sasis front end membulat, tapi dengan sudut yang dikit naik. Itu semata akal-akalan menghindari akan beradu  dengan ban yang tinggi dan gambot.

Rancangan Deus, tetap mengaplikasi dual sokbreker belakang, pegangan sok atas yang sama konstruksinya. Di situ ditambah daging besi, kurang lebih tebalnya  4 cm. Kekuatan sasis custom jadi pertimbangan modifikasi. Dan ada hubungannya dengan pemakaian roda 4.50-18.

Ban ukuran besar ini,  café racer gas terus rock n roll. Maka dari itu sasis bagian tengah direnggangkan masing-masing 3 cm, kanan dan kiri. Tujuannya,  lengan ayun Suzuki Thunder 125 masuk. Kira-kira begitu, dilihat dari kerja pertukangannya. Ya, sama dengan para builder papan atas Indonesia bikin CF.  Harga Rp 120 Juta, ya itu soal nama Deus saja. Bilang wow, eh, waw….! Adib

MODIFIKASI LAIN:

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jakarta), Street Tracker..!

Modifikasi CB650 Police 1980 (Jogja). Wrenchmonkees Rasa Gudeg

Modifikasi Suzuki Satria FU Drag Bike (Dwi Batank), Volumetrik 200 cc, Time 7.5 Detik

Modifikasi Honda CBR250, Olinya Macan…!

Modifikasi Honda New Megapro Grasstrack, Gradak Superbowl..!


Data Modifikasi  
Ban depan : Firestone Deluxe Champion 3.50-18
Ban belakang : Firestone Deluxe Champion 4.50-18
Filter udara : K&N
Lampu depan : Custom Deus
Lampu belakang : Custom Deus
Sok belakang : Variasi
Arm : Suzuki Thunder 125
Spidometer : Daytona
Knalpot : Custom Deus
Jok : Custom Deus
Deus Ex Machina : Jl. Raya Kemang No. 14, Jakarta Selatan
Telepon : 021-91989156
BAGIKAN