nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio Diusahakan Jadi Scrambler, Ler, Ler….

ManiakMotor – Cerita seputar tekniknya mari kumpul di sini. Sebelum menceritakannya ulang tentang Yamaha Scorpio 2005 edisi scrambler klasik yang dimodifikasi 2013, lantas sampai sekarang masih ada.  Pola produksi pabrikan diurut ulang dengan material baru dan bermutu. Sebut saja tangki dari fiber dan pipa 3/4 inci untuk rangka yang melintang ‘sana-mari’ yang teratur dan dikawinkan suku cadang kaki-kaki moge tua.

Asli cakep, manis, ganteng dan tampan yang kalau disingkat GT. Masuk kalau sengaja dihubung-hubungi dengan rumor motor baru Yamaha Scorpio GT250 2014. Kan sebelumnya ada Mio GT dan Soul GT. Lebih spesial lagi tidak kalah cantik dan kuat seperti karya Deus Machina.  “Wah mantap tuh. Saya baru dengar, maklum saya fokus custom bodi di bengkel,” kata pemodifnya, Ari Supriyanto dari Protechnics, di Kawasan Rempoa, Ciputat.

Konstruksi teknik tangki dan rangka kotak pemegang komstir terjadi harmonisasi. Katanya dengan bahan serat kaca atau fiber tadi, sudah bisa ditebak hasil akhirnya sebelum proses produksi. Ilmu pasti pertukungannya termasuk tinggi. Tidak asal ilmu kira-kira yang main ketok dan memainkan gerinda. Patokannya pada kadar campuran resin dan katalisnya. “Itu harus mencabut rangka asli. Diameternya sama 3/4 ini tap yang asli  banci. Kalau penggantinya lebih gemuk,” tambah Ari, sembari bilang ia pakai las CO merek Weldteer, buatan Jerman. Pantas halus dan rapi.

Mantap gitu loh. Bukan las listrik yang banyak ‘tai las dan gede-gede pula. Isinya semacam gulungan kuningan. Intinya bentuk pengelasan CO lebuh nurut kehendak yang pegang las. Ayo dibikin model lurus atau melingkar seperti pabrikan. Karena rapi dan haslus, jadinya irit dempul. Kan fungsi dempul untuk menghaluskan tampilan supaya rata. Macam bedak… kalau bedaknya tipis kan alami.

Lingkarnya diteruskan menekuk knalpot custom melintasi rumah kopling. Itu yang dipanggil scrambler dengan ground clearance atau jarak mesin dari tanah yang tinggi. Juga pasti menggunakan ban garuk tanah. Tetapi, Scorpio yang satu ini masih ada bau-bau sikit  cafe racer. Ya, maklum, kedua model itu muncul hampir bersamaan di eranya.

Untuk mecapai itu harus menggunakan swing arm CB650. Lengan ayun ini bulat klasik yang kokoh khas garuk tanah. Ini pun kudu ditopang pelek KZ1000 dengan peredam ayunan  sokbreker DT400 belakang dan depan  Impulse 400. Itu onderdil dari motor-motor gede (moge) semua. “Memang oderdil untuk finish agar wujudnya bisa dapat sesuai konsep. Pemiliknya yang yang dokter maunya begitudan naerprofesi. Itu untuk melayani pertukangan tadi.,” tutup Ari. 

Wah, bilang dong dari tadi. Kirain punya kamu sendiri Ri. Ab

BACA JUGA

Modifikasi Kawasaki Z250; Pakai Pro-Arm Ducati 848..!

Modifikasi Honda PCX, Woow Serba Besar Cooy, Geboi..!

Data Modifikasi
Nama pemiliknya : Dr. Ari Wibowo
Ban depan: Dunlop 120/90-18
Ban belakang  : Dunlop 130/80-18
Swing arm: Honda CB650
Sok belakang : Suzuki DT400
Setang    : Protechnics
Knalpot: Protechnics
Head lamp          : Asesoris
Back lamp    : Asesoris
Protechnics    : Jl. Pahlawan No. 80C, Rempoa, Ciputat, Tangerang
                             Selatan.
Telepon       : 021-83836162, 081383027774


Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353