nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jakarta), Harusnya ‘Gene’ Scorpio 2013

 

ManiakMotor – Menyulap Yamaha Scorpio 2009 menjadi street fighter sejati, bukan mengucap sim sala bim, lalu huuuup dan berubalah. Itu mah sulap benaran, bray. Tapi harus lewat proses dari resin, katalis, lem dan roping untuk menciptakan fiberglass sebagai bodinya. Itu saja belum cukup, butuh seorang modifikator sebagai konseptor yang tersohor yang tidak semata honor sebagai ongkos memermak motor.

Apalagi menduplikasi Kawasaki Z1000. Untungnya Scorpio mumpuni dengan penampilannya yang bongsor untuk ukuran motor Indonesia. Mudah dibikin gagah dan besar jadi street fighter tadi brosist. Padahal, itu tanpa men-chop alias main potong sasis.

Hasil akhirnya boleh jadi inspirasi pabrikan mengeluarkan Scorpio 2013 tuh. Rangkanya asli standar. Tapi, tetap ada pengelasan pelat pada sasis. Pelat ini untuk dudukan bodi-bodi fiber. Paham kan?ujar Wardoyo kepada reporter maniakmotor.com. Pahaaaaaaam brrrooooo..!

Maksud Wardoyo dari rumah modifikasi Gandul 2Wheels Custom (G2C) itu adalah pelat  stripes. Ukurannya sih kecil, panjang hanya 4 cm, lebar 2.5 cm dan ketebalan 3 mm. Tetapi sodara-sodara… fungsinya banyak. Pelat itu dirangkai untuk dudukan bodi atas, bawah, tengah, depan dan belakang. Mudah memang bila dibaca di sini, apalagi tulisannya telah diatur agar brosist enak bacanya. Tetapi ritual modifikasinya sama sulitnya merangkai tulisan sesuai isi otak Wardoyo. You coba cek di toko tetangga deh… sama nggak..? Kalau sama nggak usah bayar, cukup bayar pulsa internet.

Wardoyo membuat pelat terlebih dahulu. Tapi entahlah, bila tenyata dia bikin bodi duluan baru pelat, itu urusan dia. Yang jelas tulisannya seperti brosist baca. Dia menggunakan karton, pensil, penghapus, penggaris, gunting dan selotip. Itu untuk pola dasar membuat cetakan bodi atau mal dari bahan serat kaca. Berarti beli dulu kertasnya dan pensil, nah justru itu yang duluan, kaleee.

Jangan tertipu dengan sulap, sebab Wardoyo bukan Deddy Corbuzier yang botak.  Rangka kotak di bawah tangki yang menyerupai deltabox, itu hanya fiberglass. Apalagi kontruksinya seperti rangka bertingkat, padahal hanya lembaran fiber yang  tumpang tindih. Kuncinya rangkaian pelat dudukannya yang kudu jali, termasuk baut-baut pengikatnya yang teratur.

Tajamnya sudut-sudut bodi dengan tegas, dibuat sesuai garis cetakan mal. Makanya, mal atau pola awal ini penentu saksesnya pekerjaan. Kalau belanja di mall, itu beda. Yang itu ‘l’-nya dua. Garis pada mal wajib rata, miring ya harus bikin ulang bodinya. “Proses mal-nya saya yang turun tangan. Termasuk kalau bikin bodi dari pelat juga,” tambah Wardoyo, sembari bilang kalau harga modifikasi fiber lebih murah dua kali lipat dari pelat.

Bahkan sokbreker depan seperti up-side down itu, tetap kamuflase dari fiberglass atau kondom. Tekniknya sama dengan bodi. Kendati diameter sokbrekernya luamayan besar, copotan dari  Yamaha Byson. Dudukan baut nya, masing-masing 4 baut kanan-kiri. Baut ukuran sama, memegang di segitiga dan sepatbor. Hasilnya, lihat saja di foto. Pokonya tinggal klik, klik, klik. Gratis sampai puas.

Sama juga dengan lengan ayun, disulup pakai teknik kondom. Tapi bahannya dari pelat, bukan fiber lagi. Itu sama dengan tangki bahan bakar, murni dari pelat galvanis 0.7 mm yang handmade. Bisa pas, Wardoyo punya ilmu menahan diri. Maksudnya doyan berlama-lama didepan komputer. Berimajinasi soal dimensi bodi, supaya tidak kebesaran.Termasuk dia menikmati mengklik maniakmotor.com, entalah yang lain. Adib

MODIFIKASI LAINNYA:

Modifikasi Yamaha Vixion (Jakarta), Pakai Fairing R15, Teruskan..!

Modifikasi S&S Super Stock 1.600 cc (Jakarta), Cory Ness Style..!

Modifikasi Honda CB125SS (Jakarta), Konstruksinya Detil..!

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R (Jakarta), Lho Jadi Turing..!

Modifikasi Honda Supra X125, Racing Look Rp 25 Juta


 

Data modifikasi    
Ban depan   : Bridgestone 120/60-17
Ban belakang   : Bridgestone 160/60-17
Pelek depan   : 3.5 inchi
Pelek belakang   : 5 inchi
Lampu depan   : Yamaha Xeon
Lampu belakang   : Variasi
Setang   : Fatbar
Knalpot   : Handmade G2C
Spion   : Variasi
Handle   : Variasi
Pemilik   : Marullah
G2C   : Jl. Gandul Krukut Ambara Cinere Depok.
Telp   : 081380571391 / pin bb 304e7545

BAGIKAN