nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jakarta), Hell Cat


 

ManiakMotor – Tangki diketok ulang (hand made) dan pipa seamles 2 inci dirol menggantikan rangka backbone dan centrebone atau rangka atas di belakang  komstir aslinya.  Rangka ini dirol bukan dengan tangan kosong dan ilmu debus hingga melengkung mengitari mesin. Lengkungan itu adalah fitur konsisten sampai ke lengan ayun.

Tukang menukang ala modifikasi itu demi Yamaha Scorpio 2005  agar seperti Hell Cat. Modifikasi gaya Amrik yang bermesin Harley Davidson.  Dari istilahnya, berarti Kucing Nereka atau Neraka Kucing yang tidak campur ‘Jarum-Jarum Setan’, apalagi kucing garong. Tangki teardrop (tetesan air mata) dengan kombinasi rangka bulat dan tanpa membuka derajat kemudi  depan,  gabungan cruiser dan sport. Sebab begitu aslinya Hell Cat.

Tampilan akhirnya tetap beda, Harley punya mesin V-Twin sedang  Scorpio mesin ‘I’, tunggal. Tapi untuk mendekati Hell Cat asli dari dimensi motor kecil, silakan jari yang paling besar diacungkan. Terus jarinya mengadap ke atas, jangan ke bawah.  Jempol tentu saja buat pemilik dan pemodifnya yang bisa sejiwa menggiring Scorpio jadi seperti di foto ini.

Ayo diperkenalkan. Pemiliknya Ketut Hadiantoro dari Jakarta dan Topo Goedel Atmodjo dari rumah modifikasi Tauco Custom.   “Pokoknya yang tertinggal di Scorpio ini hanya mesin dan  komstir,” ujar Topo, bapak dua anak dari mantan pacarnya yang sekarang jadi istrinya. Topo punya rumah modifikasinya di Kebagusan, Jakarta Selatan.

Rangka belakang sama sekali dibuang, nggak ada sisanya bro, sisanya tinggal motor, bray, hehehe. Gaya Hell Cat memang tidak dilengkapi rangka di situ. Makanya dua sokbreker belakang jadi tiduran. Kosntruksi dudukan atas yang sekarang jadi dudukan depan nebeng pada rangka utama.  Dudukan bawah sokbreker yang jadi  dudukan belakang, tetap di lengan ayun. Kalau nggak, mana boleh aktif tuh sokbrekernya.

Dijelaskan panjang lebar model lengan ayunnya, susah. Mendingan lihat fotonya, sehingga sokbreker stereo bisa terpasang kokoh.  Swing arm yang melengkung itu satu konsep dengan kontur motor keseluruhan. Arm dari pipa seamless diameter 1.5 inci dengan tebal 2 mm, kuat jadi ayunan roda belakang yang gambot.

Tangkinya yang melengkung juga sejiwa. “Tangki ini bukan copotan dari motor lain, namun diketok sendiri dari pelat eser 1,5 mm. Sambungan-sambungannya menggunakan las esitelin. Maklum, saya kan mantan tukang ketok panci, jadi lebih mudah,” seloroh Topo pada tangki simetris antara kanan dan kiri dan tidak sembari pakai topi panci, hahaha bencanda bro soal panci. Lagian Topo nggak ngomong begicu…

Mesin ditutup  cover pelat 1.5 mm yang dibentuk dengan cara diketok. Seolah-olah cover itu seperti transmisi Harley. Yang ini menutupi bak mesin Scorpio kiri dan kanana. Katanya, pakai trik itu  agar dimensi mesin pura-pura besar. Sedang aura sport ya didapat dari kaki-kaki dan sudut rake yang tegak, membuatnya jadi kuncing garong, eh Hell Cat. Adit

MODIFIKASI YANG LAIN:

Modifikasi Honda CB150R Street Fire (Honda Teralis)

Modifikasi Yamaha New V-Ixion Di JMS

 

Modifikasi Honda CB100, Gabungan CB Dan LS

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 (Jakarta): Grafis Mobil Reli

Modifikasi Honda Tiger (Banjarnegara), Street Fighter Pakai Radiator…!

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 (Jakarta), Modif-nya Sedikit..?

Modifikasi Yamaha Scorpio 2008, Sasis Dan Bodi Aprilia



DATAMODIFIKASI 
  
Motor: Yamaha Scorpio 2005
Sokbreker depan: Suzuki GSX400
Sokbreker belakang: YSS
Pelek depan: 2.50-17 (GSX400)
Pelek belakang: 3.00-17 (GSX400)
Cakram: GSX400
Ban depan: Bridgestone Battlax 110/70-17
Ban belakang: Matzeler 180/60-17
Lampu depan: Yamaha BWS125
Lampu rem : variasi
Setang: AHRS Fat Bar
Knalpot: Kwangen custom Product
Jok: hand made
Rumah modifikasi: Tauco Custom
                                                            Jl. Kebagusan Raya No. 99, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Modifikator: Topo Goedel Atmodjo
                                                            0856 8380 209

 

 

BAGIKAN