nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jakarta), Street Tracker..!

Modifikasi Yamaha Scorpio Tracker

ManiakMotor – Modif ini gayanya street tracker (ST), ya motor klasik juga. Lahir dari konsep flat tracker yang beken di Amerika Serikat untuk balap era dulu. Jelas beda dangan konsep café racer (CR).

Tapi kayaknya sama dengan dirt track deh, sejenis balapan tanah yang sempat ngetop di Amrik. Sampai kapan pun modif seperti ini nggak akan basi. Seperti tulisan ini yang sebenarnya pernah dimuat di portal ini sejak 2012, sayang hilang di search engine goole, karena mesin website maniakmotor.com diganti dengan tampilan sekarang. Coba diperbarui siapa tahu terbaca oleh google lagi, karena berguna.

ST lebih simpel pada bagian buritan. Umumnya bisa dipakai untuk harian. Ente bisa ajak si eneng geulis boncengan pada joknya yang empuk.

Tapi yang jelas pahami dulu konsep modif, karena  terdapat perbedaan antara ST dan CR. Fokusnya ada di sasis dan kaki-kaki, bukan pada si neng-nya. Karena selesai dulu modifikasinya, baru bisa ajak si neng, coy…

Sasis untuk ST tidak tertutup buntut tawon layaknya CR. Proses edit sasis dimulai dari bagian tengah. Ah, meng-edit sepertinya mudah sekali, seperti mengedit tulisan. Itu bahasa redaksi pak. “Sasis harus dipotong dan dibentuk ulang dengan cara diroll,” kata buildernya Yusuf Abdul Jamil dari Lawless Jakarta.

Merol sasis berbeda dengan merol rambut si neng. Tujuannya sih sama untuk mengarahkan bentuk rambut dan sasis yang dimau. Tapi ini bukan cerita rambut, pipa sasis tengah tetap datar. Di bagian belakang dibikin naik yang harus dirol tepat pada bagian sasis drop seat. Sementara front end dibuat bulat, dengan tujuan tampang  klasik.

Lanjut pada lengan ayun dari Suzuki Thunder 125. Dipilih karena modelnya bulat sama dengan pipa sasis.Otomatis, aplikasi sok belakang tunggal ditanggalkan. Kan ikut ubahan sasis dan lengan ayun yang kembali ke model dulu. Sokbrekernya yang pas model stereo.

Pakem rangka ini memang pas menggunakan tangki model kuno.  Misalnya punya Harley Davidson tipe Sportster. Tapi, “Tidak sama persis yang ini agak memanjang, langsing dan datar.  Ukurannya proporsional, jadinya seirama rangka yang bulat-bulat itu,” lanjut Ucup yang berkacamata pada modif berwarna  two tone ini. Adib

 

Data Modifikasi

Swing Arm     : Suzuki thunder 125

Sepatbor      : Custom

Sok belakang  : variasi

Kenalpot      : custom

Box aki       : custom

Stang         : variasi

Lampu         : variasi

Karburator    : keihin PE28

Spido dan rpm : variasi

Pelek         : alloy 2.50 – 18

Ban depan     : swallow 3.50

Ban belakang  : swallow 4.00

Lampu sen     : acipi

Rem depan     : brembo

Selang rem    : tdr

Pemilik       : Pim Peerboom

Modifikasi    : Puspa Kediri Custom

Lawless       : Jl.Kemang Selatan 8 no.67K, Jakarta Selatan.

Telepon       : 021-7192871 / 085714540979

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353