nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jambi), Kerangka Supermoto Dan Salah Swing Arm

ManiakMotor – Jok, tangki dan bodi semua-muanya KTM EXC250. Ini ada maksudnya brur. Ya iya, supaya pengendaranya bisa duduk sampai di ujung jok yang pipih di atas tangki bahan bakar, saat belok paha pengendara menempel di bodi airscop.  Saat berdiri ketemu jalanan rusak kedua kaki bagian dalam bisa jepit bodi  motor, walau motor goyang-goyang pengendara tetap seimbang, karena sudah menyatu dengan tunggangan.

Seperti itu mengendarai motor supermoto, mirip-mirip dengan special engine. Itu tujuan Yamaha Scorpio 2008 diberi tampang EXC atau supermoto deh.  “Ini motor pemiliknya di Jambi, namanya Abdi. Kirim ke bengkel saya dan modif seperti seperti supermoto ini. Habis kamu foto ini, ya akan dikirim balik ke sana,” kata Lerry Rachmat Rizky, pemodif dari Caos Custom Bike (CCB), di Kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

Tanpa bermain mal, sebab bodi KTM itu aslinya alias ori yang adi panutan rangka. Sub frame misalnya, konstruksinya menyesuikan dengan jok dan bodi EXC250.  Bedanya bila rangka asli EXC250 knock down, yang ini pakai pipa 1 inci yang telah dilas mati pada rangka utama Scorpio. Sekalian mengoreksi ayunan monosok Kawasaki ZX-14R dan swing arm.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Lerry rada kesulitan karena sokbreker tunggal dan lengan dikirim dari Jambi.  Makanya posisi sokbreker jadinya lebih tegak yang bikin kelewat empuk. “Kontruksi seperti ini paling maksimal dilakukan, walaupun kurang sesuai sebenarnya,” lanjut Lerry yang mengakui suidut monosok uga terpengaruh perubahan rumah as lengan ayun.

Rumah as lengan  ZX itu kebesaran  dan ruang dekat mesin sudah tak mungkin. Juga sudah tak kesempatan memapas rumah as lengan ZX, karena takut bolong.

Namun, bukan pemodifikasi bila tak berhasil  mengakalinya. Caranya ya dipindahkan rumah poros lebih ke belakang. Rangkaian sasis dan rumah as ini ditopang sana-sini oleh besi pelat yang tebalnya 6 mm dan panjang 60 mm.

Walau begitu saat dicoba cari lokasi pemotretan, motor ini tetap enak ala supermoto.  Mirip-miriplah naik KTM asli, walau tarikannya beda-beda. Lacak punya lacak fork depan yang terbalik atau upside down juga dari KTM. Di tempat macet rasa Yamaha Scorpio yang cruiser juga sudah tak terasa, ini lebih cepat belok? Itu karena sudut rake lebih sempit. Sudut kemudinya ditarik ke dalam mendekati mesin. Pertimbangannya memang untuk manuver sekaligus tampilan,” jelas Lerry yang memang spesialis modifikasi supermoto.

Detil hitungan rake, atau sudut kemiringan sokbreker, Lerry hanya pakai elmu kira-kira tetapi dijamin komstirnya kuat. Sebab rangka leher tepat di belakang komstir, digigit tidak sampai putus. Ah ngaco itu, maksudnya digerinda dan digergaji besi. Posisi hampir buntung itu, kemudian komstir ditarik tadi dan dilas ulang, dong. Adib

BACA JUGA

Modifikasi Honda CB150R StreetFire 2013, Pakai Fairing, Hanya Rp 3 Juta..!

Modifikasi Ninja 150RR Drag Bike; Rasio Berat 7,2 Detik, Sport TU 2-Tak 155 CC

Modifikasi Jupiter Z1 Racing IndoPrix 2013; Buka-Bukaan Korekan Mesin, Pakai ECU YZF250

Modifikasi Kawasaki New Ninja 250 2013 (Jakarta), Warna Kontes

Modifikasi Satria FU150 (Malaysia); Pakai Turbo, Bo..!


 

Data Modifikasi 
Ban depan: Continental 120/70-17
Ban belakang: Continental 160/70-17
Pelek: 3.50 – 5.00 inch
Rantai Gir: TK Racing
Lampu depan: Proyektor
Upside down full set: Honda CRF 250
Swing arm full set: Kawasaki ZX-14R
Tutup tangki: Zeta
Grip: Orca
Knalpot: FMF Custom
Kabel rem: TDR
Bodi: KTM EXC 250
CCB: Jl. Pancoran Barat 8, No. 6 C, Jakarta Selatan
   021-70089400, 08170089400, pin bb 28d446bf


BAGIKAN