nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio: Motor Lama Asyik Di Jakarta

scorpio modif asyik-1

ManiakMotor – Modif ini inspirasinya dari jalanan Jakarta yang akrab dengan macet. Yamaha Scorpio standar, gak berani jabanin ruwetnya jalanan, lantaran memang ‘ruwet’. Maka dibikinlah konsep modif street tracker. Lebih spesifik lagi, motor untuk dua medan yang mudah meliuk seperti ular. Licin…

Ah, yang benar bro? Kaki-kakinya saja besar-besar, bagaimana bisa lincah di belantara macet dan tanah? “Tetap proporsional, malah lebih stabil karena lengan ayun, sokbreker belakang dan depan standar semua. Belok-belok arahnya tetap lincah,” asumsi Andi Akbar atau Ateng, modifikator dari The Katros di Ciputat, Tangerang, Banten.

Roda hanya taraf mengganti atau seperti bolt-on. Lagian diameter roda hanya berkembangnya 1 inci. Biasanya pakai pelek 17 inci sekarang pakai 18 inci. Ban depan-belakang 120-18. Itu saja yang bikin tampilan seperti motor siluman pencakar aspal dan penggaruk tanah, karena catnya  hitam. Gelap, bro.

Ringkas memang, bodi standar dianggap menganggu, lalu dikupas dan disimpan. Maksudnya diganti. Lantaran, sasis dipotong yang dibikin rata. Aslinya Scorpio dari tengah ke belakang naik karena sasarannya model nungging. Itu berlawanan dengan tematis street tracker klasik.Coba perhatikan foto standar Yamaha Scorpio.

Tepatnya sasis di atas lengan ayun, dipermak ulang pada segitiga pengapit filter udara. Sudut segitiga bagian atas lebih sejajar. Cara ini simpel karena monoshock tetap asli.

Tinggal dipungkas dengan tangki hand made by The Katros. Bentuknya ramping. Malah mirip dengan tangki Honda CB. Begitu juga setang, dipilih punya trail. Nah setang lebar ini yang mempermudah meliuk-liuk. Makanya, sang pemilik bernama Reuben M keluyuran terus di macetnya Jakarta. Di tengah macet, trotoar juga disikat. Nah, itu bohong. MAniakMotor

 

Modifikasi Yamaha Scorpio

Data Modifikasi

Ban depan     : Deli Tire 120/80-18

Ban belakang  : Deli Tire 120/80-18

Lampu depan   : Honda CB

Lampu sein    : Variasi

Knalpot       : Custom

Pelek         : Champ

BAGIKAN