nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio Z, Juara Dunia Superbike 2012

 

ManiakMotor – Olah karsa las,pukul dan tekuk pelat galvanis disulap jadi bodi sport moge yang pakai  rangka kotak. Di moge aslinya main frame dan bodi atau fairing memang jadi kesatuan penampilan. Satu jurus dengan lampu depan Honda Blade yang juga pakai cover pelat galvanis 0,8 mm yang nyambung dengan lubang angin atau air scoop.

Kombinasi ini menyulap Yamaha Scorpio Z jadi moge Aprilia RSV4. Itu sama saja meneruskan mimpi Fajar Shubhan mengendarai sport moge. Walau kenyataannya tetap saja mimpi.  Ya iya, to, ini kan masih Scorpio yang pura-pura moge. Beda kalau Subhan naik RSV4 benaran. Itu baru mimpi jadi kenyataan. “Peduli amat, yang peting modelnya mirip RSV4, motor juara dunia WSBK 2012 lewat Max Biaggi,” kata Subhan soal hasil modif Scorpio Z-nya.

Di dunia, RSV4 hadir dalam dua varian. Yang pertama RSV4 R dan RSV4 factory. Namanya factory berarti versi pabrikan. Di dunia balap, label factory teknologinya lebih canggih. Misalnya suspensi Ohlins  dan bodi karbon kevlar. Sementara generasi awal  pakai peredam kejut Showa. Kombinasi kedua tipe ini yang digabung pada Scorpio yang cuma 225 cc.

Juga yang diambil dari merek Aprilia adalah sokbreker depan. Tentu saja dipasang di Scorpio. Tapi maaf bro, sokbrekernya dari Aprilia RS125, bukan dari RSV4. RS125 versi 2-tak yang sempat ngetop di Eropa. Ya, sokbrekernya setimpal dengan Scorpio Z.  

Yang menggabungkan itu harus punya otak, ya, pasti otak manusia. Lebih khusus lagi, otak modifikasi. Lebih utama lagi builder yang berotak. Tahu dong artinya punya otak dan berotak? “Varian RSV4 ini digabungkan dalam satu konsep, ada sebagian bodi yang kurang pantas ditiadakan,” buka builder yang berotak itu. Lha siapa namanya? “Nama saya Topo. Topo Goedel Atmojo dari Tauco Custom,” kata pemodifnya sambil memperkenalkan diri. Oooo, kamu itu yang namanya Topo, to. Pantas…!

Aprilia RSV4 tidak perlu dikhayal, bagi yang senang WSBK pasti sering melihatnya. Tapi yang lebih penting menurut pengakuan pemodif, membangun motor ini gak asal jadi apalagi jadi jadian. Katanya bukan semberang contek dan jiplak. Lha ini mencontek juga, padahal di sekolah dilarang mencontek loh.  

Dimensi  Scorpio Z pada bodi secara keseluruhan  mengacu aslinya RSV4. Itu memaksa subframe dipangkas dan diambung ulang.  Kebetulan sang pemilik berpostur tinggi besar. Sekalian tatakan jok yang double seater itu dibikin lebar, tanpa  merusak tampilan. Lagian si pemilik bukan Biaggi yang barusan mengumumkan pensiun dari balap. Pemilik hanya rela tampilan motornya bergaya balap. Makanya pemiliknya pensiun sebelum jadi pembalap alias tak pernah jadi pembalap.

Aprilia RSV4 ini harga aslinya Rp 400 juta. Tapi di Kebagusan alias di tangan Topo, tak perlu harus keluar kocek sebesar itu. Langsung bisa dinaiki tanpa ke negeri pizza. Memang tak bisa ikutan mendaftar di WSBK, apalagi menjadi juara dunia.  Kalau minat beli saja ini motor, mau dijual buat ongkos kuliah di negeri singa. TGA

BERITA TERKAIT:

Modifikasi Honda CBR600RR 2004 (Jakarta), Ngarang Konsep Brutale

Modifikasi Jupiter Z Rafid Topan, Juara IndoPrix 2012

Modifikasi Yamaha All New Jupiter Z1 (JMS), Tampang Indoprix

Modifikasi Yamaha New Vixion Lightning, Lengan Ayun Moge

Modifikasi Honda CB150R StreetFire, Lebar Peleknya 6 Inci

Data modifikasi :

Sokbreker depan             : Aprilia RS125

Pelek                             : Variasi Chemco 17

Ban depan                      : Battlax BT92, 110/70/17

Ban belakang                   :Battlax 150/70/17

Cakram belakang             : Satria f 150

Spidometer                     : Koso digital RX2

Kenalpot                        : Kwangen Custom Products

Head lamp                      : Honda Blade

Bodi full set                    : Pelat galvanis 0.8 mm

Bengkel modifikasi          : Tauco Custom Jl kebagusan raya no 99. Jagakarsa jakarta selatan  telp ; 0856 8380209

BAGIKAN