nhk

Modifikasi Yamaha Scorpio Z: Maunya RC213V Marquez, Hasilnya Malah Ducati

 

ManiakMotor – Konsep sport berfairing tak ada matinya pada pertukangan modifikasi. Tak peduli sport barfairing telah berseliweran dari pabriknya macam Kawasaki Ninja 250, Yamaha R25, Honda CBR250, bahkan 150 cc pun sudah ada R15 dan CBR150. Toh namanya modifikasi hasilnya punya gengsi sendiri buat pemilik dan pemodif. Padahal biayanya  bisa beli motor yang aslinya sudah barfairing itu.

Begitu Yamaha Scorpio Z ini dibentuk konsep sport yang membuang bentuk aslinya. Apalagi tantangannya pada bahan fairing pelat galvanis 0,8mm. Meracik galvanis dan fiberglass kan berbeda. Kalau galvanis lewat cara potong, ketok, las, dempul, sampai cat untuk membuatnya jadi. Lebih jelimet dan butuh skill.

Dari bahannya sudah bisa ditebak  tukangnya. Jarang di zaman kuda sudah gigit fiberglass, masih ada kuda gigit besi, hehe.  Meracik fairing dari pelat punya keahlian kuda, eh khusus. Siapa lagi kalau bukan si tukang gigit pelat galvanis. “Begitulah modifikasi harus punya jurus sendiri. Tauco Custom Motorcycle (TCM) terkenal lewat jalur pela sudah puluhan tahun,” kata Topo Gadhoel Atmojo yang punya TCM.

Ala bisa karena biasa. Biasa saban hari pegang pelat sudah macam debus melipat-lipatnya. Sehingga muncul fairing Scorpio yang tak kalah dengan fairing umumnya. Penataan airscoop  atau saluran-saluran udaranya termasuk detil. Itu kelebihannya. Punya seni karena bahannya dari pelat. Bahan yang dibuat per bagian, bukan dicetak seperti plastic yang ada master contohnya.

Pada Scorpio ini TCM bisa memadukannya dengan sasis deltabox. Memang itu sasis tipuan. Zaman dulu disebut sasis kondom. “Rangka ini pakai pipa seamless ¼ inci yang dilas pada dudukan tangki.  Panjangnya 70 cm agar mengikuti bentuk fairing,timpal  Mas Teguh mekanik pendamping si Topo yang ingin dibilang ganteng, katanya. Lho?

Cerita pelat masih to be continue dengan cover samping. Itu pelat dikontruksi dari bawah tangki sampai buntut. Pokoknya yang namanya bodi nggak ada istilah fiberglass. Pada bagian buntut juga tak lepas dari potong rangka. Ya kemudian diganti pelat-pelat yang mengerucut agar pas pada lekuk bodi. Klop deh…

Agar dimensinya ikut membesar pada bagian bawah, maka lengan ayun standar itu dibentuk ulang dengan pelat pula. Pokoknya lengan ayun yang besar itu, gabungan dari asli dan ‘pembungkus’ pelat. Ini lengan mantap dengan monosock New Megapro. Suspensi kekar depan juga dengan up-side down yang katanya tidak mengubah komstir. Namun segitiga atas atas bawahnya diganti sesuai bawaan suspensi.

Scorpio Z katanya disulap menjadi model RCV213Vnya Marquez. “Saya paling senang lihat motornya Marquez, makanya saya bawa ke TCM,” ujar Agus selaku pemilik. Ooo pnatas tampang depan meniru CBR lokal, terutama headlamp yang copotan dari Vario CBS. Tapi kok malah jadi Ducati dengan cat merah yang silau man! Amam

BACA JUGA

Modifikasi Satria FU Dragbike: Klep 27 mm, Knalpot Megaphone, 7,3 Detik Bebek TU 200cc!

Modifikasi Yamaha Mio Drag Bike 300 cc Yong: Best Time 6,9 Detik FFA, Mau Dijual..!

Modifikasi Honda Beat 130 cc Matik/Matic Race: Mirip Korek Harian, Murah..!

Modifikasi Yamaha Touch Drag Bike: Silinder 125Z Di Sport TU 2T 140 cc, Chodox Butuh Power

Modifikasi Yamaha R15: Langganan Juara FUN Race Sentul 150 cc

 

Data Modif
Motor : Yamaha Scorpio Z Tahun 2007
Sistem Pendingin : Oil Cooler Suzuki Satria FU
Konsep : Sport
Suspensi Depan : Up-Side Down
Suspensi Belakang : Honda New Megapro
Swing Arm : TCM
Stang : Zox Racing
Pelek Depan Belakang: RG-V
Ban depan : Michelin Pilot Street 110/70-17
Ban Belakang: Michelin Pilot Street 160/60-17
Footstep Depan: NUI Racing
Footstep Belakang: Jupiter Z 
Cakram Depan : Variasi
Speedometer : Yamaha X-Ride
Headlamp : Honda Vario CBS
Stoplamp : Variasi
Filter Udara : Variasi
Rangka: Tauco Custom Motorcycle ( TCM )
Karburator : Keihin PE 28mm
Knalpot: Custom
Spion: Variasi
Handle : NUI Racing
Kaliper : Nissin


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353