nhk

Modifikasi Yamaha V-Ixion 2014; Pindah Gigi Bukan Di Kaki, Tapi Di Tangan Kiri

 

ManiakMotor – Modifikasi Yamaha Vixion ini memang istimewa. Modifikasi tampilan berfairing, bisa melebihi Yamaha R15 yang baby-nya R6, hehe. Lebih mantap lagi konstruksi persnelingnya dari tangan kiri.  Pindah giginya bukan di kaki kiri sperti biasanya.

Ada maksudnya, lantaran Yupi Tri Budianto penggemar motor sport sejati punya kekurangan fisik. Kaki kirinya kena folio sejak lahir. Tapi itu bukan halangan untuk hobi modifikasi. Yupi jauh-jauh dari Boyolali, Jawa Tengah  datang ke Jakarta. Tujuannya menyambangi Tauco Custom, agar motornya dikerjain. Ah maksudnya dimodifikasi sesuai fisik Yupi, tanpa meninggalkan penampilan modifikasi umumnya.

Di rumah modifikasi beralamat di Jl. Kebagusan Raya No 99 Jagakarsa, Jakarta Selatan itu, Yupi ketemu  Topo Goedel Atmodjo. Semua tahulah siapa dia. “Ya kalau cerita modifikasi bodi sudah lumrah dengan sport fairing. Yang tidak biasa, saya bikin konstruksi persnelingnya seperti Vespa. Oper giginya di setang bagian kiri dengan hanya memutar selongsong,” jelas Topo dengan laga ala artis modifikasi.

Mekanisme perangkatnya  sederhana dengan hanya memotong setang setir dan bikin metal duduk yang disambung laher. Tujuannya tuas setang bisa berputar sekaligus menarik kabel yang dihubungkan pada  tuas perseneling.  Terminal kabel penariknya ada di segita atas yang dibantu  tali kopling mobil Suzuki Carry.

Terminal ini titik fokus tuas perseneling bisa ditarik dan diulur kabel untuk menaikan gigi dan menurunkannya. Sengaja menggunakan tali kabel Carry lantaran ada dua selongsongnya. Kabel ditambatkan pada plat strip ukuran 4x 2mm yang dibor dengan lubang 8 mm. Hasilnya tuas perseneling yang tadinya digerakan dengan tekan dan ungkit, sekarang jadi sistem tarik dan putar, tanpa kabelnya kusut.

Kolo mau lengkap soal kontruksinya silakan berhubungan dengan Pak Topo. Jangan khawatir, di bawah ada alamat dan nomor teleponnya. Pokoknya aman dan nyaman sistem persneling ini, lantaran Topo mengerjakannya pakai otak, hehe. “Ini boleh disebut teknologi by Topo,” cerita Topo seperti laga seorang profesor.

Seperti dibilang di atas, modifikasi tampilan Vixion  ini terbilang jamak dilakukan di dunia sulap motor. Konsepnya Yamaha R6. Walau begitu, hendling motor tetap seperti standar, lantaran tak ada rangka yang diubah di sana. Malah lebih enak dengan sokbreker depan up-side down. Selebihnya memainkan ahli sulap dari Pak Topo yang mengaku master modifikasi seperti ini. Kan paling utama modifikasi soal persneling. TGA

BACA JUGA

Modifikasi Honda Sonic Drag Bike (Jakarta): Rival Berat Bebek 200, Siap Sapu Rekor 7,2 Detik!

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 RR Mono: Ikut OMR Ninja Di Sentul, Modal Rp 15 Jeti

Modifikasi Honda CB125 1980 (Bandung): Board Tracker Dari Coretan Tangan

Modifikasi Honda Supra X 125 (Jakarta) Jago IndoPrix, Juara Darag Bike!

DATA MODIFIKASI

Ssokbreker Depan; UP-Side Down Variasi Thailand

Pelek Depan/Belakang: Chemco Variasi

Ban Depan: ZENEOS 110.70.17

Ban Belakang: ZENEOS  150.70. 17

Lampu Depan: Honda Vario

Lampu Belakang: New Vixion Lightning

Knalpot: Ethana Performance

Lengan Ayun: Ethana Performance

Footpag:  NUI VARIASI

Cakram Belakang: Ride IT Variasi  

Bodi Full Set: Pelat Galvanis 0,8 MM

MODIFIKATOR: Topo (Tauco Custom), Jl. Kebugusan Raya, Jaksel No.99, hp  0812  8853  4865

 

 

 

BAGIKAN