nhk

Modifikasi Yamaha Vega dan Honda Vario; Jurusnya Sama Street Racing

 

ManiakMotorDua merek dan tipe yang beda, bisa sama jurus modifikasinya. Alirannya street racing. Kalau diperhatikan adalah racing look yang lebih banyak mengadopsi dari drag bike, road race dan yang liar-liar, hehe. Tampilan pelek jari-jari yang dipelintir juga podo. Lubang-lubang pada bodi yang teratur juga sama. Padahal nggak janjian lho.

Itulah Wawan Setiawan dan Riska Comprenk yang keukeh dengan konsep modif yang sama aliran pada Honda Vario dan Yamaha Vega. Tak tahu balap yang mana, road race bukan, drag nggak apalagi grasstrack. Lah..gemana tuh? Lha kan sudah dijelaskan tadi! Ya, street fashion boleh juga, berdandan (baca : modif) buat bergaya di jalanan kan wajar-wajar sajalah, lha motornya punya mereka kok, tak ada yang larang? 

Yang penting modis, rapi dan kinclong! ”Caranya tampil klimis dengan permainan krom, warna bodi juga mencolok,” kata Wawan yang punya Vario dan Riska pemilik Vega. Keduanya berasal dari Banjarnera, Janteng. Lumayan banyak variasi dengan merek ternama. Di samping itu, ciri kuatnya pada style bolong-bolong bodi macam di Thailand. Trend macam dulu pernah tenar, macam kisah Sundel Bolong yang melegenda. Tapi yang namanya fashion, selalu timbul tenggal dan muncul dengan gaya berbeda, walau sama. Wah… 

Bikin lubang bodi, tak sampai lubangi rangka. Caranya, “Gampang tapi perlu telaten biar rapi hasilnya. Apalagi bila ukuran lubangnya kecil,”urai Riska yang pernah nongol di web ini dengan CB 100 Jerman Abizz itu. Ketagihan rupanya doi! Masih kata Riska lagi, alat yang dipakai bukan gergaji atau  bor besi tapi gerinda potong. Pakai gergaji, dianggap kurang rapi. 

”Bolongin bodi ada maksud dan tujuan, jadi tak asal pilih tempat. Misalnya, pada bodi samping ini biar kelihatan krom tangkinya,”sambung Wawan yang hobi juga bikin ’corak’ di kulitnya itu. He..he..he. Oh ya, langkah bikinnya dimulai membuat mal bagian yang mau dilubangi. Motifnya, ada bulat dengan diameter bervariasi, ada garis-garis tajam juga. 

Tahap mall selesai dilanjut proses penggerindaan.  Tipe gerinda yang digunakan adalah gerinda silindris dalam, biasa diapakai buat bikin diameter dalam bentuk tirus. ”Beda dengan benda kerja besi yang bisa dijepit. Bodi motor dipegan. Nah, tantangannya disitu,”yakin Riska yang gunakan amplas ukuran 80 untuk finishing. 

Hasilnya? Rapi jali..Ardel

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha Crypton Drag Bike; 26,7 Dk Dapat 7,959 Detik Bebek 4-Tak 130 cc Tune-Up!

Modifikasi Kawasaki D-Tracker 2013, Kaki-Kaki Fungsi Dan Tampang

Modifikasi Yamaha R25 Di Mata Builder, Upside Down Dan Lengan Ayun R6

Modifikasi Yamaha Fino 2013; Modifnya Airbrush Saja, Kartun Pinokio

Modifikasi Suzuki Satria FU 150; Pakai Knalpot-Kenalpot WRX Dan CDI Rextor, OMR 7.6 Detik

 

 

Data Modifikasi  Vario:

Sok depan : Combis

Pelek depan/belakang : Comet

Ban depan/belakang  : Swallow 50/80-17

Cakram depan   : Custom

Kaliper   : Nissin

Slang rem : TDR

Tachometer  : TDR 

Data Modifikasi Vega

Ban depan/belakang  : Comet 60/80-17

Cakram depan : Trusty

Sok belakang  : Willwood

Modifikator : Audy Paint

Alamat : Jln. Raya Banjarmangu, Banjarnegara, Jateng

HP : 087715188770        

                 

 

                 

BAGIKAN