nhk

Modifikasi Yamaha Vixion, Bukan YZF R250, Tapi M1 Rossi

Modifikasi Yamaha Vixion jadi M1

ManiakMotor – Asli, bila diakui sebagai Yamaha YZF R250, orang akan percaya. Gagal percaya setelah mengitip susah payah silinder di balik fairing, bahwa ini modifikasi Yamaha Vixion. Tampang seperti ini, tiada ampun buat sasis Vixion. Modif gaya geene, masih untung ada sasis asli yang disisakan. Eit, tunggu dulu bro, hanya rangka asli bagian tengah ke belakang yang disikat. Potong, lalu kasih pada pemulung. Gantiya pakai besi seamless 1 inci.

Cuma itu… pada motor yang sebenarnya sudah diulas portal ini pada 2012, tapi dibangkitkan kembali! Sengaja, karena ada perubahan tampilan pada website ini, modifikasi ini hilang di searching google. Siapa tahu disegarkan kembali tanggalnya akan muncul ulang. Lagian yang namanya modifikasi nggak pernah basi. Nggak seperti baca artikel MotoGP dengan hitungan hari saja sudah dianggap lewat.

Karena rangka Vixion aslinya telah kotak alias deltaox. Pengelasan sambungan seamles lebih mudah dan rangka aslinya sesuai model modifikasi acauan dari M1  Valentino Rossi. Dengan menggunakan las listrik, simsalabim Vixion berubah.  Kental ciri M1 dengan livery-nya khas Yamaha Racing selain biru putih. Yang ini, lihat saja warna dan stripingnya di foto.  Nggak buta warna kan…?

Gak asal tiru, dan memang bukan barang tiruan ini modifikasi.  “Saya sangat ngefans sama Rossi, mas,” kata Wardoyo, pemodifikator pelat besi  dari daerah Gandul, Krukut, Depok. Ya pantaslah, ini modifikasi, asiknya pas, gayanya oke, sekali lirik oke sajalah.

Karena tergila-gila itu, modifikasi terbawa jiwa, memang beda dengan sakit jiwa. Jiwa memuja pembalap legendaris dunia sejak bumi ini ada. Walau hasil akhir modifikasi dimensinya lebih kecil, tetapi jiwa M1-nya muncul. Boleh lah disebut  baby M1, atau M1 kecil. Padahal seperti dibilang, perubahan sasis hanya itu tadi.  Kaki-kaki pun banyak mengandalkan standar seperti sokbreker. Bahkan pelek menjadi simbol modifikasi, lebar tapaknya cuma  2,5 inci depan dan belakang 3 inci.

Kaki-kaki begitu sengaja untuk menyesuaikan dengan M1 kecil, termasuk swing arm standar hanya ‘dibungkus pelat’. Konstruksi bungkusnya itu yang mirip lengan M1. Lengan ayun standar direnggangkan, agar pelek after market dan ban IRC 140/70-17 bisa duduk di situ.

Selebihnya, ini motor banyak bermain bodi fiberglas yang dipegang pelat stripes tebal 3 mm. Silakan bagi yang mau meniru. Asal ada gerinda dan las listrik, pasti bisa. Lebih bisa lagi bila ada kemauan. Semakin bisa, hubungi saja Wardoyo.

Nomornya di bawah. “Pelat stripes pemegang bodi dipasang di mana-mana. Atas, bawah, tengah, depan dan belakang.  Kira-kira ada 10 pelat. Pegangannya fiber ini dari pelat 2 cm, kuat dan rapi,” tambah Wardoyo yang punya rumah modifikasi Gandul 2Wheels Custom (G2C) sembari memuji sendiri karyanya, padahal belum ditanya.

Bodi fiber kelar dulu, baru pelat stripes dilas dan dibaut pada sasis. Ya, iya dong, masak bodi dulu baru pelat. Padahal serat kaca itu, jurus terbaru Wardoyo. Silakan nilai sendiri hasilnya, lalu kasih jempol di facebook maniak motor. “Nanti ada juga Scorpio naked. Modifikasinya dari  fiber semua,” Kata Wardoyo, yang asal Sragen, Jawa Tengah itu. Wah, satu kampung dengan si Topo, dong…

Sedang tangki bahan bakar bukan model karet, maksudnya kondom brosist. Tangki yang mirip M1 itu, adalah custom. Bagian atas tangki dirusak, lalu dibuat ulang dengan hasil yang mirip dengan tangki M1 Rossi. Sama pada lengan ayun asli yang dicustom. Model kondom tapi bukan fiber, tapi pelat 0.6 mm.  ManiakMotor

 

Data Modifikasi

Ban depan                        : Bridgestone 110/70-17

Ban belakang                     : IRC 140/70-17

Cakram depan                   : Nemo

Cakram belakang                : Suzuki Satria FU

Setang jepit                       : Variasi

Footstep                           : Variasi

Lampu depan                    : Proyektor

Tangki                              : Custom

Knalpot                             : G2C

G2C                                 : Jl. Raya Krukut, Gandul, Cinere, Depok.  081380571391 – 021-46427753