nhk

Modifikasi Yamaha YFZ R25: Keren Revisi Kaki-Kaki, Pakai Sokbreker Ohlins

 

ManiakMotor – Dari hal kecil berpengaruh besar. Cuma kaki-kaki Yamaha YFZ R-25 milik Hendry Wijaya asal Jati Asih, Bekasi, Jabar yang direvisi. Hasil…? Wooow…! Rodanya jadi porposional dengan bodi. Ibarat gadis punya betis padi.

Yang punya motor memang Hendy tapi yang mengerjakan Rudy Gunawan dari rumah modifikasi Berkat Motor (BM) di Ciledug, Tanggerang, Banten. BM memang top makotop mengolah kaki-kaki limbah  moge. Ya seperti yang terpasang pada R25 ini.

Lansung saja ah, kaki-kaki depan lebih gagah dengan cakram ganda depan, walau satu cakram sebenarnya sudah cukup seperti aslinya. Kan bukan mesin racing. Eit ini demi penampilan bro.

Kan temanya membesarkan kaki-kaki, cakram stereo dibutuhkan apalagi telah dikawinkan dengan pelek lebar 3,5 inci milik Kawak ZZR600. “Stereo better than mono, lebih baik dua ketimbang satu, udah lebih savety, lebih gaya dan juga lebih hemat jari meremas handel rem,” ujar Rudy dari markasnya di Ciledug.

Rudy berkata mengikat cakram pada pelek dan kaliper pasangannya, tidak boleh sembarangan. Memang kalau sembarangan kalipernya dipasang di jok, itu barabe, hehe. Pokoknya kalau salah berakibat fatal, sebab rem perangkat yang vital. Cilaka bagi penggunanya. “Posisi pemasangan cakram kudu persisi. Bagi BM it’s no problem and very easy, karena BM punya teknik khusus untuk pemasangannya,” tambah Rudy yang sodari tadi bicara bahasa ingris layaknya turis sampai Ciledug.

Kaki-kaki belakang seperti biasa lengan ayun copotan moge Kawasaki GSX600. Karena lengan ini nantinya sepasang dengan pelek yang aduhai besar dan memang dari motor gede. Nggak tanggung-tanggung, peleknya dari turunan Yamaha R-Series tapi yang paling bongsor, yakni milik R1. Lebar peleknya saja 6 inci bro.

Kerja lengan dan pelek ini diredam oleh sokbreken Ohlins. Karena itu, cara kerja suspensi belakang R25 menjadi full floater atau sering disebut dengan istilah unitrax. Konstruksi full floater ini dengan cara membuat dudukan monosok atas dan bawah yang dirangkai dengan pelat 4 mm. Supaya kuat pengelasannya pakai listrik yang kelihatan rapi dan teliti.

Untuk keempukan suspensi disetel lewat rebound dumping pada klik ke-15 dari kanan. Itu udah settingan yang bikin pantat paling nyaman deh. Settingan yang sama juga dilakukan pada compresion dumping yang ada pada tabung nitronya. “Masalah harga sokbreker belakang Ohlins ini sekitar Rp 15 juta, tapi sesuai dengan kualitasnya,” tutup Rudy  mengecat bodi  dengan biru doff yang terlihat adem di pandang mata. Prat

BACA JUGA

Modifikasi Motor-Kawasaki KSR 2015 (Semarang): Pertukangan Street Fighter Yang Rapi Jali

Modifikasi Yamaha RX-King Liaran: Julukannya Blue Dragon Spek Bebas, Knalpot TYB Pemburu Dollar!

Modifikasi Minerva 250 RE 2015: Vintage Semi-Trail, Knalpot Samping Pro Speed

Modifikasi Honda CBR 150R 2015: Versi Mahasiswa. Kayaknya Kemahalan Tuh

Modifikasi Kawasaki Ninja 150R: Komokarap Ngarap Thailook Racing Drag

Data Modifikasi :

Motor: Yamaha YFZ R-25

Pemilik: Hendy Wijaya

Bengkel: Berkat Motor (BM)

Jl. Raya Ciledug, Tanggerang, Jawa Barat Pin : 2966D8B0

Builder: Rudy Gunawan

Rangka: Standar

Body: Standar / Buntut Custom

Knalpot: Custom by BM

Swingarm: Kawasaki GSX-600

Sock Depan: Standar

Sock Belakang                   : OHLINS

Ban Depan                          : Michellin Pilot Radial 120-60

Ban Belakang                     : Michellin Pilot Radial 190-50