nhk

Moto2 2013 Assen (FP1): Punya Espargaro, Duo Indonesia Biasa Punya

ManiakMotor – Pol Espargaro memimpin sesi FP1 Moto2 di Asen, Belanda. Tak mengherankan karena Espargaro memang jagonya Moto2 saat ini.

Rider Spanyol di tim Tuenti HP40 itu hanya dapat perlawanan dari Scott Redding (Inggris/Marc VDS Racing). Keduanya hanya dipisahkan jarak 0,114 detik. Ini memang baru latihan, namun sejak awal pun Epargaro dan Redding diprediksi akan bertarung alot untuk merebut gelar juara. Terlebih Espargaro yang masih defisit 35 poin dari Redding di papan klasemen sementara.

Sengitnya Espargaro-Redding di barisan depan, tak terjadi di barisan paling belakang alias urutan 32 dan 33 yang ditempati pembalap Indonesia Doni Tata Pradita dan Rafid Topan Sucipto. Keduanya tak perlu bersaing keras karena memang beda kelas. Doni lebih berkelas karena sebelumnya punya pengalaman di kelas 250 cc. So, wajar kalau ia tertinggal ‘hanya’ 3,7 detik dari Espargaro sedangkan Topan ketinggalan 7 detik.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Sebelum ke Assen, Doni bertemu pembalap besar Spanyol Sete Gibernau di Catalunya. Katanya, Gibernau yang musuh bebuyutan Valentino Rossi itu pun memberikan banyak tips dan arahan buat Doni agar lebih gape di lintasan MotoGP.

Entah arahan Gibernau yang ngaco atau ketinggian atau memang Doni yang gak paham, faktanya itu sama sekali tak berpengaruh. Doni masih saja tertinggal jauh dari rekan satu timnya di Gresini Honda Ratthapark Wilairot (Thailand). Mudah-mudahan, Doni masih mengingat-ingat arahan Gibernau untuk sesi selanjutnya.

Kapan ya kedua anak bangsa ini bisa mereduksi ketertinggalannya? Yah, namanya juga belajar. Topan tahun ini memang hanya disuruh jalan-jalan di 18 sirkuit disinggahi Moto2 untuk dihapalnya. Seiring waktu dan jam terbang tahun depan targetnya  25 besar. Ya, semoga seperti itu perjalanannya. Musim pertama tak ada tuntutan poin apalagi 5 Besar, hehe. Tapi cukuplah kalau kelihatan ada progress dari satu sesi ke sesi berikutnya, dari satu race ke race berikutnya.

Bukan begitu boss yang di seputar mereka!? Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Assen Belanda Semua Sesi dan Kelas 27 – 29 Juni 2013

Moto2 2013 Catalunya (Race): Espargaro Dominan, Replay Aksi Topan di TV

Moto2 2013 Catalunya (QTT): Espargaro Pole Sitter, Redding Dijepit Spanyol

Moto2 Catalunya Spanyol (FP3): Luthi Membaik, Yang Lain Saatnya Hati-Hati

 

BAGIKAN